10 Daftar Kota Terbesar di Indonesia yang Menarik Dikunjungi

Indonesia termasuk salah satu negara terbesar keempat di dunia. Pada tahun 2022, jumlah penduduk Indonesia mencapai 277.749.853 jiwa. Adapun, DKI Jakarta menjadi kota terbesar di Indonesia dan memiliki lebih dari 10 juta penduduk.

Selain Jakarta, masih ada beberapa kota besar di Indonesia lainnya. Sejumlah kota besar memegang peranan sentral dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Tak hanya itu, kota besar juga memberikan kontribusi penting dalam keragaman budaya dan ekonomi di Indonesia.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah daftar kota terbesar di Indonesia. Mari simak penjelasannya di bawah ini.:

10 Kota Terbesar Di Indonesia

1. Jakarta

Jakarta merupakan kota yang menjadi pusat pemerintahan Indonesia dan juga kota terpadat di negara ini.

Dengan lebih dari 10 juta penduduknya, Jakarta berperan sentral dalam bidang bisnis, politik, dan keuangan di Indonesia. Selain itu, kota ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk pusat perbelanjaan, gedung pencakar langit, serta berbagai tempat wisata.

2. Surabaya

Surabaya, yang terletak di Jawa Timur, adalah kota terbesar kedua di Indonesia dengan populasi sekitar 3 juta orang.

Kota ini dikenal karena industri yang canggih dan perannya sebagai pusat perdagangan utama di Indonesia. Selain itu, Surabaya memiliki warisan sejarah yang kaya dan beberapa atraksi wisata menarik, termasuk Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam.

3. Bandung

Bandung terletak di Jawa Barat dan memiliki populasi sekitar 2,5 juta orang. Selain dikenal sebagai “Kota Kembang,” Bandung juga terkenal dengan arsitektur art deco klasiknya, kecantikan alamnya, serta keragaman kuliner.

Bandung juga menjadi pusat pendidikan dengan berbagai perguruan tinggi dan universitas ternama.

4. Bekasi

Bekasi adalah kota satelit yang terletak di Jawa Barat dan memiliki populasi sekitar 2,4 juta orang.

Berkat letaknya yang strategis yang berdekatan dengan Jakarta, Bekasi telah mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi pusat industri serta perkotaan yang signifikan di Indonesia.

5. Medan

Medan merupakan kota terbesar di luar pulau Jawa. Kota yang terletak di Sumatera Utara ini memiliki populasi sekitar 2,2 juta orang.

Kota ini memiliki peran ekonomi penting di Sumatera dan juga memiliki daya tarik wisata yang menarik, termasuk Danau Toba dan Berastagi.

6. Semarang

Kota yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki populasi sekitar 1,7 juta orang. Kota ini memiliki warisan sejarah dan budaya yang berharga, terutama Kota Lama Semarang yang menampilkan bangunan kolonial Belanda yang indah.

7. Palembang

Palembang adalah kota yang terletak di Sumatera Selatan dan memiliki jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa.

Palembang adalah salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki budaya yang kaya, terutama dalam tradisi makanan dan olahraga seperti PON (Pekan Olahraga Nasional) yang terkenal.

8. Tangerang

Tangerang merupakan kota satelit Jakarta lainnya yang terletak di Banten dan berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa. Tangerang adalah pusat pertumbuhan industri dan perumahan yang pesat, serta memiliki akses mudah ke ibu kota Indonesia.

9. Makassar

Makassar adalah kota terbesar di wilayah timur Indonesia, terletak di Sulawesi Selatan, dengan populasi sekitar 1,4 juta orang. Kota ini memiliki pelabuhan penting dan memegang peranan sentral dalam perdagangan dan jasa di wilayah timur Indonesia.

10. Batam

Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa. Kota ini menjadi pusat industri dan perdagangan yang vital, serta menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) yang menarik bagi investasi.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar