10 Rekomendasi Minuman Khas Aceh yang Segar dan Menyehatkan

Aceh merupakan wilayah yang menarik untuk dikunjungi. Selain karena warisan budaya pakaian adat, tarian adat dan lain sebagainya yang sangat menarik, Aceh juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang kulinernya.

Ilustrasi, Kopi Sanger.

Ilustrasi, Kopi Sanger.© Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh

Jika Anda mendengar kuliner asal Aceh, pasti yang terlintas di pikiran adalah hidangan Mie Aceh yang sudah melegenda, dan tersebar pula di berbagai tempat di Indonesia. Sie Reuboh, Keumamah, Ie Bu Peudah, dan masih banyak lagi kuliner makanan khas Aceh yang terkenal. Namun, suguhan dari “Tanah Rencong” ini tak melulu soal makanan, melainkan juga minumannya.

Bicara soal minuman khas Aceh, tentu tidak lepas dari pembicaraan terkait kopi. Ini tidak mengherankan, sebab Aceh merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik Indonesia.

Meski demikian, ragam minuman yang berasal dari Aceh tidak hanya didominasi oleh minuman berbasis kopi saja. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini penjelasan mengenai minuman khas Aceh selengkapnya.

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan minuman khas Aceh yang sangat terkenal di Indonesia. Minuman khas Aceh ini terbuat dari biji kopi yang berasal dari dataran tinggi Gayo. Biji kopi ini telah ada sejak jaman pendudukan Belanda. Banyak kedai yang menjual Kopi Gayo sehingga jika ingin mencicipi pun mudah.

2. Kopi Sanger

Kopi Sanger adalah salah satu minuman khas Aceh yang unik. Minuman ini merupakan campuran dari kopi hitam, gula yang diseduh air panas serta susu kental manis. Rasa kopi yang nikmat dipadu dengan gula dan susu kental manis membuat rasa kopi tidak terlalu pahit.

Paduan tersebut kemudian disaring dengan saringan yang berbentuk kerucut. Pengolahan yang masih menggunakan cara tradisional itu menjadi cita rasa khas Kopi Sanger.

3. Kopi Kurma

Minuman khas Aceh selanjutnya, adalah Kopi Kurma. Minuman ini terbuat dari kopi Arabika yang dihaluskan, yang dicampur susu, kurma, dan madu segar kemudian diseduh dengan air panas.

Kopi Kurma menyajikan rasa unik, karena kopi bisa berpadu dengan manisnya susu, kurma, dan madu segar. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh, maka wajib mencicipi Kopi Kurma ini.

4. Teh Tarik

Teh tarik ini terbuat dari susu kental manis, teh, dan gula. Minuman khas Aceh ini telah dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Cara pembuatannya sangat khas yakni dengan menuangkan campuran tersebut secara bolak balik.

Cara pembuatan minuman ini membuat adanya busa yang memberikan sensasi lembut saat diminum. Teh Tarik tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nikmatnya teh hangat yang dicampur gurihnya susu membuatnya semakin menarik dicoba.

5. Ie Seureubet

Ie Seureubet merupakan salah satu minuman khas Aceh yang unik. Minuman ini dibuat dari aneka rempah-rempah yang khas seperti lada, kayu manis, jahe, dan rempah-rempah lainnya.

Campuran rempah-rempah tersebut membuat hidangan ini terasa hangat di tubuh. Rasanya sedikit pedas dan menyegarkan dengan aroma khas rempah-rempah yang menenangkan akan menjadi hidangan sempurna saat berkunjung ke Aceh.

6. Le Boh Timon

Minuman khas Aceh yang menyegarkan salah satunya yakni Le Boh Timon. Minuman ini terbuat dari es timun serut.

Pada umumnya, Le Boh Timon dikonsumsi oleh Warga Aceh saat bulan Ramadhan. Namun tak menutup kemungkinan Le Boh Timon dapat dikonsumsi kapan saja.

Minuman ini terbuat dari serutan timun yang dicampur dengan sirup gula serta es batu. Minuman ini juga terkadang dicampur dengan biji selasih. Kesegaran Le Boh Timon dapat diperoleh saat berkunjung ke Aceh dengan mudah. Berbagai sudut wilayah Aceh pun menyajikan hidangan ini dengan harga terjangkau.

7. Susu Jahe

Minuman khas Aceh yang populer di Indonesia ini mampu menyehatkan tubuh. Susu Jahe terkenal di Tanah Rencong hingga sepanjang Pulau Jawa.

Minuman khas Aceh ini dulunya hadir dengan geoukan jahe segar yang menyehatkan dan dicampur dengan susu. Seiring dengan berkembangnya jaman, kini hadir Susu Jahe dalam bentuk bubuk.

Cara membuatnya mirip seperti Bandrek. Namun, bahan utamanya adalah susu dan Jahe saja. Minuman ini kerap hadir hangat daripada es. Nikmatnya susu berpadu dengan jahe membuat badan hangat dan segar.

8. Kupi Khop

Minuman khas Aceh yang berkaitan dengan kopi adalah Kupi Khop. Cara penyajiannya yang unik pun menjadi ciri khas hidangan ini. Minuman ini terbuat dari campuran kopi rabusta dan gula. Terkadang untuk menambah cita rasanya, minuman ini ditambahkan susu.

Kopi Khop disajikan dengan gelas terbalik yang diletakkan di atas pirong. Sajian ini berbeda dengan kopi pada umumnya. Inilah yang menjadi ciri khas Kopi Khop. Tak hanya cara penyajiannya saja yang unik, cara meminumnya juga menarik. Minumlah Kupi Khop ini dengan sedotan agar semakin terasa nuansa khasnya.

9. U Muda Teu Teot

U Muda Teu Teot merupakan nama lain dari Kelapa Bakar. Minuman khas Aceh yang memiliki nama menarik ini termasuk minuman yang menyehatkan. Tak hanya menghadirkan kesegaran kelapa saja. Minuman ini juga dipadukan dengan rempah-rempah lainnya. Rempah-rempah tersebut dapat menghangatkan tubuh.

10. Es Tebu

Siapa yang menyangka bahwa Es Tebu berasal dari Aceh. Nama lain minuman khas Aceh ini adalah le Tubr. Es Tebu sangat mudah ditemukan di Aceh. Banyak pedagang yang menjualnya di tempat makan maupun para pedagang kaki lima.

Minuman sehat dan menyegarkan tak lagi harus diperoleh dengan harga tinggi. Rasanya segar dan menyehatkan dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau.

Demikian penjelasan terkait dengan minuman khas Aceh yang nikmat dan menyegarkan. Jika berwisata ke Aceh, tentu wajib mencicipi minuman khas Aceh agar perjalanan semakin sempurna.

sumber: katadata.co.id

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply