3 Bulan Lagi, Nikmati Taman Warna-warni di Pantai Kuta Mandalika NTB

Jika berencana datang ke pantai Kuta Mandalika tiga bulan lagi, Anda akan menikmati pemandangan taman warna-warni di sana. Aneka warna pada taman itu berasal dari tanaman bougenville, pohon anggur laut, dan pohon kamboja putih.

PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) menanam tiga jenis pohon itu di beberapa area dalam KEK Mandalika yang total luasnya 1.175 hektare. Selain di pantai Kuta Mandalika, pohon bougenville, anggur laut, dan kamboja putih ditanam di sepanjang jalur akses masuk West Gate KEK Mandalika.

“Kami menerapkan program Bina Lingkungan di KEK Mandalika karena kawasan ini merupakan salah satu proyek strategis pemerintahan saat ini,” kata Senior Manager SDM dan Umum PLN Unit Induk Wilayah NTB, Handi Biantoro pada Jumat, 6 November 2020. Pada kesempatan itu, Handi menyerahkan bantuan berupa bibit tiga pohon tadi kepada Operations Head The Mandalika, I Made Pari.

© Disediakan oleh Tempo.coWest Gate KEK Mandalika. Foto: ITDC

I Made Pari mengatakan bantuan pohon dari PLN akan mempercantik kawasan Kuta Beach Park di KEK Mandalika. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengelola The Mandalika di Lombok Tengah.

Kawasan The Mandalika mencakup pantai Kuta Mandalika, pantai Seger, pantai Tanjung Aan, hingga pantai Gerupuk yang paling timur di Desa Mertak. Panjang garis pantainya 16 kilometer dikelilingi perbukitan nan hijau. Pemerintah menetapkan Mandalika sebagai satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’.

© Disediakan oleh Tempo.coWest Gate KEK Mandalika. Foto: ITDC

Di Mandalika pula ajang balap sepeda motor internasional MotoGP akan berlangsung pada Oktober 2021. ITDC tengah membangun sirkuit MotoGP seluas 130 hektare yang terdiri 18 tikungan pada lintasan sepanjang 4,32 kilometer. Di sana juga dibangun tempat menonton dari atas bukit Pink. Dengan begitu, penonton dapat menyaksikan balapan dengan sudut pandang 360 derajat.

Untuk perhelatan MotoGP dan geliat aktivitas di kawasan The Mandalika, PT PLN mengoperasikan Gardu Induk Kuta di Lombok Tengah dengan kapasitas 30 Megavolt Ampere atau MVA. PLN juga akan menambah kapasitas Gardu Induk Kuta hingga 180 MVA secara bertahap sebagai cadangan.

sumber: tempo.co

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Tinggalkan Balasan