3 Tarian Berunsur Mistis di Indonesia

Indonesia dikenal memiliki kekayaan budaya, hal ini dibuktikan dengan beragan tarian khas Nusantara yang ada sejak zaman dahulu hingga saat ini. Nilai-nilai keluhuran pendahulu kita pun tidak terlepas dari makna setiap gerakan tari tersebut.

Beberapa tarian Indonesia, terdapat unsur mistis di dalamnya. Konon, unsur magis ini dipercaya sebagai tradisi dari para leluhur. Maka jangan heran, bila beberapa gerakan tarian khas Indonesia ada yang membuat bulu kuduk anda merinding. Langsung saja kita bahas beberapa tarian khas Indonesia yang berunsur mistis.

  • Jaran Kepang/Kuda Lumping

Tarian Jaran Kepang. Dok: pixabay© Disediakan oleh Kumparan Tarian Jaran Kepang. Dok: pixabay

Tarian yang berasal dari Jawa Timur ini dilakukan oleh penari yang bergerak dengan cara menunggangi kuda yang terbuat dari papan sesuai dengan irama musik. Biasanya, para penari akan dirasuki oleh roh halus. Kemudian, mereka akan melakukan atraksi seperti memakan pecahan beling tanpa kesakitan.

  • Salai Jin

Tari Salai Jin merupakan tarian yang berasal dari Ternate, Maluku Utara. Dahulu. tarian ini dilakukan oleh leluhur untuk berkomunikasi dengan bangsa jin guna menyelesaikan berbagai persoalan manusia. Uniknya, jumlah penari dalam tarian ini haruslah genap.

  • Tari Calon Arang

Tari Calon Arang. Dok" wikimedia© Disediakan oleh Kumparan Tari Calon Arang. Dok” wikimedia

Selain tari Kecak, rupanya ada juga tarian terkenal yang berasal dari Bali. Ya, tari Calon Arang merupakan tarian yang berasal dari Bali sekaligus berunsur mistis. Pasalnya, para penari akan melakukan gerakan yang mengerikan seperti ditusuk-tusuk dengan golok yang tajam. Sebelumnya, mereka akan dirasuki oleh roh ha lus sebelum melakukan adegan tersebut.

Sekian pembahasan mengenai tarian di Indonesia yang mengandung unsur mistis. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sobat Dukun sekalian.

sumber: kumparan.com

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply