4 Daerah Wisata yang Cocok Jadi Tempat Liburan Sekaligus Menyepi

Libur Natal dan Tahun Baru 2021 kian dekat. Kira-kira apa rencanamu untuk mengisi liburan itu? Jika kamu ingin mencari tempat yang menarik untuk berlibur sekaligus menyepi, mungkin empat daerah ini cocok untukmu.

Empat daerah berikut punya banyak destinasi wisata yang sudah tersohor di dalam negeri maupun mancanegara. Di masa pandemi Covid-19 ini, jumlah wisatawan yang datang berkurang drastis dibanding sebelum pagebluk. Kamu bisa memanfaatkan situasi yang lebih longgar ini untuk menyepi.

Lantas apa saja daerah tempat destinasi wisata yang asyik buat liburan sekaligus menyepi? Berikut ini ulasannya:

  1. Bali

Berdasarkan pencarian biro perjalanan daring tiket.com, pulau Bali masih menjadi tempat berlibur idaman masyarakat Indonesia. Bali bertengger di posisi pertama pencarian.

© Disediakan oleh Tempo.coWisatawan lokal menikmati pemandangan hutan saat pembukaan perdana objek wisata Monkey Forest di Ubud, Gianyar, Bali, Kamis 5 November 2020. Setelah beberapa bulan tutup karena pandemi COVID-19, pihak pengelola kembali membuka objek wisata ini untuk menggerakan ekonomi pariwisata di kawasan Ubud, Bali. Johannes P. Christo

Pulau Dewata yang biasanya ramai wisatawan lokal maupun mancanegara kini lebih lengang. Arus wisatawan asing betul-betul terhenti sementara ini. Hotel dan restoran harus membatasi jumlah tamu demi menerapkan protokol kesehatan.

Area Manager East Indonesia tiket.com, Rajasa Oktavio Hadisoemarto mengatakan pemesanan akomodasi di Bali tumbuh paling pesat dibandingkan daerah lain di masa pandemi Covid-19. “Kami melihat dari penjualan kamar. Sejak Bali tutup lalu buka untuk wisatawan per 1 Agustus sampai 31 November 2020, jumlah okupansinya meningkat sampai enam kali lipat,” kata Rajasa.

  • Pantai Senggigi, Lombok Barat, NTB

Kendati aktivitas wisata belum pulih benar, masih ada wisatawan yang datang ke kawasan Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat atau NTB. General Manager Holiday Resort Lombok, I Ketut M. Jaya Kusuma mengatakan sebagian besar tamunya adalah penduduk lokal yang ingin staycation. “Jumlah wisatawan domestik dari luar Lombok juga belum terlalu banyak,” ucap dia.

© Disediakan oleh Tempo.coPantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat. TEMPO/Supriyantho Khafid

Wisatawan bisa menyewa penginapan di dekat Pantai Senggigi. Beristirahat di sana sambil menikmati suasana pantai dan debur ombak. Jangan lupa sajian kuliner tradisional berupa ayam Taliwang yang pedas dan plecing kangkung.

  • Gili Trawangan, NTB

Masih di Nusa Tenggara Barat atau NTB, ada Gili Trawangan yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa naik kapal cepat dari Bali selatan untuk sampai di sana. Bisa juga lewat Bandara Internasional Lombok, dan tetap menyeberang untuk sampai ke Gili Trawangan.

© Disediakan oleh Tempo.coSejumlah wisatawan asing duduk di salah satu restoran di Pantai Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin, 26 November 2018. ANTARA/Ahmad Subaidi

Di sana kamu bisa menikmati pantai yang indah, bangunan bersejarah, berkeliling pulau dengan sepeda, hiruplah udara segar karena hanya sedikit kendaraan bermotor di sana dan jauh dari kebisingan. Jangan lupa, snorkeling untuk melihat indahnya terumbu karang dan penyu di sana.

  • Sumba
foto
© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO fotoWisatawan menunggangi kuda di dekat kawanan kuda di kawasan Nihi Sumba Island (Nihiwatu) di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto/Instagram/Nihisumba

Bergeser sedikit ke Nusa Tenggara Timur, ada Sumba. Frekuensi penerbangan ke Sumba terbatas, sehingga jumlah wisatawan yang datang juga tidak sebanyak turis di Bali. Lepas pantai Sumba biasanya menjadi tempat favorit para peselancar dunia. Tapi di masa pandemi Covid-19 ini, tentu kamu bisa menikmati suasana pantai yang lebih tenang lagi dari hari biasa.

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply