4 Minyak Esensial Ini Katanya Bisa Digunakan untuk Meredakan Kram Menstruasi, Beneran?

Kram menstruasi sendiri mengacu pada rasa nyeri kram di perut bagian bawah atau punggung dan mereka terjadi tepat sebelum dan selama periode menstruasi karena kontraksi di rahim. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya, mulai dari mengompres dengan air hangat atau meminum obat.

Tetapi saat ini ada minyak esensial yang bisa kamu gunakan untuk mengobati nyeri. Seperti yang kalian tahu, minyak esensial sangat efektif untuk segala hal mulai dari mendapatkan tidur yang nyenyak hingga mengatasi rasa cemas.

Karena itu tidak mengherankan jika minyak esensial juga dapat bekerja untuk meredakan kram saat menstruasi datang. Berikut ini ada empat minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan kram menstruasi.

Cinnamon

Cinnamon oil sendiri sengaja dibuat sebagai pengobatan untuk kram saat menstruasi dan terbukti sangat efektif untuk mengurangi kontraksi rahim.
© Disediakan oleh Beautynesia Cinnamon oil sendiri sengaja dibuat sebagai pengobatan untuk kram saat menstruasi dan terbukti sangat efektif untuk mengurangi kontraksi rahim.Cinnamon/freepik.com

Selain digunakan untuk masak, bumbu manis ini juga tersedia dalam bentuk minyak untuk membantu mengatasi masalah kesehatan kamu. Cinnamon oil sendiri sengaja dibuat sebagai pengobatan untuk kram saat menstruasi dan terbukti sangat efektif untuk mengurangi kontraksi rahim.

Kamu bisa menggunakan cinnamon oil ini untuk memijat perut bagian bawah, maka minyak ini akan membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Sehingga ketika waktu menstruasi datang kamu tidak begitu merasakan kram perut dengan penggunaan minyak ini.

Lavender

Saat menstruasi, memijat area perut dengan minyak lavender sudah terbukti bisa meredakan gejala kram.
© Disediakan oleh Beautynesia Saat menstruasi, memijat area perut dengan minyak lavender sudah terbukti bisa meredakan gejala kram.Lavender/freepik.com

Minyak esensial lavender sepertinya menjadi salah satu minyak yang paling serbaguna untuk kesehatan. Salah satunya saat menstruasi, memijat area perut dengan minyak lavender sudah terbukti bisa meredakan gejala kram.

Tetapi kalau kamu ingin berkreasi dengan minyak ini, kamu bahkan bisa mencampurkan beberapa minyak esensial untuk meredakannya. Sebuah studi tahun 2021, wanita yang menggunakan kombinasi lavender, sage dan marjoram yang dicampur dengan krim di perut. Mereka pun melaporkan lebih sedikit merasakan sakit selama kram menstruasi.

Clary Sage

Clary sage juga salah satu minyak esensial yang bisa kamu gunakan ketika merasakan kram saat menstruasi, dengan mengoleskan ke perut kamu itu dapat meredakannya.
© Disediakan oleh Beautynesia Clary sage juga salah satu minyak esensial yang bisa kamu gunakan ketika merasakan kram saat menstruasi, dengan mengoleskan ke perut kamu itu dapat meredakannya.Clary sage/freepik.com

Clary sage juga salah satu minyak esensial yang bisa kamu gunakan ketika merasakan kram saat menstruasi, dengan mengoleskan ke perut kamu itu dapat meredakannya. Clary sage bekerja untuk mengatur siklus menstruasi dengan menyeimbangkan kadar hormon secara alami.

Selain itu, minyak ini juga bekerja merangsang pembukaan sistem yang terhambat. Clary Sage memiliki kekuatan untuk menyembuhkan gejala PMS juga, termasuk kembung, kram, perubahan suasana hati dan mengidam makanan.

Roman Chamomile

Cinnamon oil sendiri sengaja dibuat sebagai pengobatan untuk kram saat menstruasi dan terbukti sangat efektif untuk mengurangi kontraksi rahim.
© Disediakan oleh Beautynesia Cinnamon oil sendiri sengaja dibuat sebagai pengobatan untuk kram saat menstruasi dan terbukti sangat efektif untuk mengurangi kontraksi rahim.Roman Chamomile/freepik.com

Mungkin masih banyak dari kalian yang tidak menyadari bahwa ada dua jenis chamomile, yaitu chamomile Romawi dan chamomile Jerman. Keduanya berasal dari tumbuhan genus dan spesies yang berbeda, oleh karena itu memiliki susunan kimiawi yang berbeda tetapi keduanya memiliki sifat menenangkan.

Rupanya pada zaman Mesir kuno banyak orang yang mengandalkan minyak chamomile Romawi untuk meredakan nyeri. Karena itu kamu bisa menggunakan ini saat kram menstruasi, dengan berikan beberapa tetes chamomile Romawi ke dalam bak mandi lalu berendam, ini merupakan metode kuno untuk menenangkan kram.

sumber: beautynesia

Author: Putri Balige

Leave a Reply