5 Daerah dengan Harga Tiket Penerbangan Domestik Termahal saat Mudik Lebaran

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub memprediksi puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 8 April 2024. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi 14 April 2024. “Secara nasional, orang paling banyak mudik pada H-2 Lebaran,” kata Kepala Badan Kebijakan Transportasi, Kemenhub, Robby Kurniawan dalam konferensi pers virtual pada Minggu, 17 Maret 2024.

Ia memperkirakan pada 8 April 2024 akan ada 26,67 juta orang yang melakukan perjalanan mudik atau 13,7 persen dari total penduduk Indonesia. Sedangkan arus balik diprediksi terjadi pada H+3 Lebaran, dengan perkiraan pergerakan sebanyak 40,99 juta orang.

Perhitungan ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi terhadap 48.107 responden di 38 provinsi dengan margin of error 0,46 persen.

Arus mudik yang semakin dekat membuat kebanyakn orang telah memesan tiket transportasi untuk perjalanan mudik jauh-jauh hari. Salah satu transportasi yang paling cepat adalah pesawat, namun pesawat memiliki harga tiket yang mahal dibanding transportasi lainnya. Berikut 5 daerah yang dengan harga tiket yang mahal.

Perkiraan harga tiket berikut berdasarkan aplikasi Traveloka yang diakses pada 22 Maret 2024. Perkiraan tanggal keberangkatan pada 8 April 2024, hari puncak mudik sesuai dengan perkiraan pemerintah.

1. Jakarta – Aceh

Harga tiket penerbangan Jakarta – Aceh paling murah dari maskapai Lion Air dengan Rp 2,43 juta dan paling mahal dari Garuda Indonesia Rp 2,89 juta.

2. Jakarta – Manado

Harga tiket penerbangan Jakarta – Manado paling murah dari maskapai Lion Air dengan Rp 2,7 juta dan paling mahal dari Garuda Indonesia Rp 3, 3juta.

3. Jakarta – Ambon

Harga tiket penerbangan Jakarta – Ambon paling murah dari maskapai Lion Air dengan Rp 2,5 juta dan paling mahal dari Batik Air Rp 3,2 juta.

4. Jakarta – Sorong

Harga tiket penerbangan Jakarta – Sorong paling murah dari maskapai Lion Air dengan Rp 2,7 juta dan paling mahal dari Batik Air Rp 4 juta.

5. Jakarta – Ternate

Harga tiket penerbangan Jakarta – Ternate paling murah dari maskapai Lion Air dengan Rp 2,5 juta dan paling mahal dari Garuda Indonesia Rp 3,6 juta.

Sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar