9 Pantai Papua Terbaik yang Cocok untuk Diving dan Snorkeling

Papua merupakan wilayah di ujung timur Indonesia yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan alamnya. Sebagai provinsi terluas di Indonesia, Papua memiliki sejumlah pantai yang eksotis bahkan terbilang alami. Jika Anda tertarik berkunjung ke Papua, maka harus tahu pantai apa saja yang wajib didatangi.

Rekomendasi Pantai di Papua

Tak hanya pegunungan Jayawijaya, Papua memiliki deretan pantai terbaik. Pantai-pantai tersebut masih jernih dengan hamparan pasir putih sehingga Anda dapat menikmati keindahan di sekelilingnya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata pantai di Papua yang bisa dijadikan pilihan untuk Anda berlibur.

1. Pantai Amai

Rekomendasi pantai di Papua pertama adalah pantai Amai yang terletak di Jayapura. Untuk Anda yang menyukai tantangan, pantai ini akan sangat cocok karena akses jalannya yang cukup terjal. Namun, pemandangan setelahnya sangat bagus dan tidak akan mengecewakan.

2. Pantai Bosnik

Wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Bosnik di daerah Biak Numfor. Pemandangan di pantai ini sangat indah sehingga cocok untuk Anda yang ingin berlibur untuk menenangkan diri. Pasirnya yang berwarna putih serta air lautnya sangat bersih dan jernih pasti sangat cocok untuk menikmati waktu liburan Anda.

3. Pantai Gedo

Pantai ini terletak di daerah Sanoba, Kabupaten Nabire. Dikarenakan letaknya yang di pinggir jalan memungkinkan Anda untuk mudah menjangkaunya. Anda juga bisa mengajak keluarga untuk berlibur di pantai ini karena akses jalannya sangat mudah.

Untuk bisa mencapainya, Anda bisa menggunakan roda empat atau roda dua dengan jarak 20 kilometer dari pusat Kota Nabire. Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 10 ribu saja per orang dan Anda sudah bisa menikmati keindahan pantainya.

4. Pantai Base-G

Selanjutnya ada pantai Base-G yang lokasinya berada di Jayapura. Pantai ini sangat mudah dijangkau wisatawan karena sangat dekat dengan kota Jayapura. Anda bisa mengunjunginya hanya dalam waktu 10 menit menggunakan kendaraan motor. Di pantai ini Anda dapat menikmati sunset di yang indah hingga menyewa saung atau pondok seharga Rp 200-300 ribu yang disewakan.

5. Pantai Tablanusu

Rekomendasi pantai selanjutnya, yakni pantai Tablanusu. Ciri khas dari pantai ini sendiri yaitu kerikil yang berada di pinggir pantainya. Selain itu, desa di pantai tersebut juga menjadi destinasi wisata bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap adat dan budaya yang ada.

6. Pantai Harlem

9 Pantai Papua Terbaik yang Cocok untuk Diving dan Snorkeling© Disediakan oleh Tempo.coIfar Gunung hingga Pantai Harlem menyuguhkan pesona keindahan dan kedamaian di ujung timur Indonesia.

Selanjutnya, pantai di Papua yang bisa Anda kunjungi yakni pantai Harlem. Pantai ini terletak di daerah Tablanusu, Jayapura. Pantai Harlem terkenal dengan kecantikannya. Selain itu, hamparan pasir putih, air yang berwarna biru jernih dan perbukitan hijau yang ada di sekitar pantai tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda juga bisa berenang di pantai ini karena ombaknya tidak begitu besar.

7. Pantai Batu Pica

Pantai ini terletak di Biak Numfor. Keistimewaan dari pantai ini adalah tepian pantainya yang terdiri dari batu karang dengan warna-warna yang unik. Itulah yang paling membedakan pantai Batu Pica dengan pantai lain yang biasanya terdapat pasir di tepian pantainya.

8. Pantai Yen Beba

Berikutnya, Anda bisa mengunjungi pantai Yen Beba di daerah Kabupaten Manokwari. Pantai ini letaknya dekat dengan pusat kota, sehingga selalu ramai. Pasir pantainya berwarna putih serta air lautnya biru. Anda juga bisa berenang di kawasan pantai ini sekaligus mencoba macam-macam seafood yang ada.

9. Pantai Pasir Timbul

Pantai Pasir Timbul memiliki pemandangan yang sangat bagus. Pantai ini berada di daerah Sorong. Di pantai ini terdapat pasir yang timbul di tengah laut, sesuai dengan namanya. Air lautnya sangat bening sehingga pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkeling.

10. Pantai Arborek,

Siapa yang tak kenal Raja Ampat? Di tempat ini terdapat pantai sangat indah, yakni Pantai Arborek. Pantai ini cukup populer di kalangan wisatawan.

Jika berbicara soal pantai di Papua, rasanya belum lengkap jika tidak membahas tentang pantai yang berada di Kabupaten Raja Ampat. Salah satu pantai yang ada di kabupaten Raja Ampat ini adalah Pantai Arborek dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer.

Pantai Arborek terletak di Pulau Arborek yang jarak tempuhnya bisa dicapai dalam waktu kurang dari 2 jam dari Kabupaten Raja Empat. Pengunjung bisa bersantai dengan melakukan berbagai aktivitas, seperti diving maupun snorkeling.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar