Belajar Membatik Langsung dari Pengrajinnya Yuk, di 7 Kampung Batik Berikut Ini!

Liburan #DiIndonesiaAja, tak melulu soal berpetualangan di alam, kok. Ada banyak jenis wisata lainnya yang bisa Sobat Pesona coba. Wisata berbasis budaya, misalnya. Ya, Sobat Pesona yang ingin menyelami lebih dalam budaya Indonesia yang kaya ini, bisa menjajal wisata edukasi ke destinasi-destinasi yang menawarkan keindahan budaya Indonesia sebagai daya tarik utamanya. Salah satunya adalah kampung batik. Selain bisa melihat dari dekat proses pembuatan batik, Sobat Pesona juga berkesempatan untuk belajar membatik, langsung dari pengrajinnya, lho. Menarik, bukan? Yuk, simak ulasan mengenai 7 kampung batik di Indonesia yang bisa Sobat Pesona jadikan sebagai inspirasi liburan pasca pandemi nanti!
   Experience Indonesia in 360

1 | Kampung Batik Palbatu, Jakarta

Warga Jakarta dan sekitarnya, tak perlu jauh-jauh ke Solo atau Yogyakarta untuk belajar membatik, sebab di Jakarta juga ada kampung batik. Namanya adalah Kampung Batik Palbatu, yang berlokasi di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Di kampung ini, terdapat sebuah sanggar, tempat bagi Sobat Pesona yang ingin belajar membatik. Nah, jika Sobat Pesona berniat untuk belanja batik, ada banyak gerai batik yang menjual ragam motif batik di sini, mulai dari motif topeng betawi, motif kembang api, hingga motif burung gelatik buah rambutan.

Uniknya, selama di sini, Sobat Pesona akan merasakan nuansa lain dari ibu kota. Jalan-jalan dan dinding yang ada di tempat ini dilukis dengan motif batik, sehingga suasananya begitu meriah. Nah, berkat kreativitas dari para seniman dan warganya, Kampung Batik Palbatu sudah menerima berbagai penghargaan, lho. Dua di antaranya adalah berasal dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni rekor jalan terpanjang dengan motif batik (133,9 m), serta rekor jumlah rumah warga yang paling banyak dicat dengan motif batik. Nah, kalau PSBB dan pandeminya sudah berakhir, bisa ya Sobat Pesona menghabiskan waktu dengan belajar membatik di  sini!
 

2 | Kampung Batik Trusmi, Cirebon

membatik

Jawa Barat juga memiliki sebuah kampung batik yang menarik untuk dikunjungi, yakni Kampung Batik Trusmi yang berada di Cirebon. Di kampung ini, ada lebih dari 3000 perajin batik yang bersedia untuk mengajari Sobat Pesona yang ingin belajar membatik. Selain menjadi sentra batik di Cirebon, kampung ini juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner, lho. Jadi, setelah lelah belajar membatik maupun berbelanja batik, Sobat pesona bisa langsung melipir untuk memanjakan perut yang keroncongan.
 

3 | Sentra Batik Tulis Giriloyo, Yogyakarta

membatik

Bicara tentang kampung batik yang ada #DiIndonesiaAja, tak lengkap jika belum menyebutkan sentra batik tulis khas keraton terbesar di Yogyakarta, yakni Sentra Batik Tulis Giriloyo. Hampir 90 persen penduduk di sini adalah pengrajin batik. Nah, sama seperti di kampung batik lainnya, Sobat Pesona juga bisa mendapatkan pengalaman membatik melalui paket wisata lokakarya yang disediakan di sini. Menariknya, karena letaknya berada di bawah kaki perbukitan Imogiri, suasana di dusun ini masih sangat asri dan tenang, sehingga belajar membatik di sini akan terasa berbeda dengan kampung-kampung batik lainnya.
 

4 | Kampung Batik Laweyan, Solo

membatik

Destinasi kampung batik selanjutnya yang bisa Sobat Pesona kunjungi adalah kampung batik legendaris di Kota Solo, yakni Kampung Batik Laweyan. Industri batik di kampung yang luasnya 24,83 hektare ini sudah dimulai sejak 500 tahun lalu, lho. Ya, sejak abad ke-19, kampung ini sudah menjadi ikon dari batik Solo yang terkenal. Tak tanggung-tanggung, saat ini, sudah ada sekitar 250 motif batik yang telah dipatenkan sebagai khas dari Kampung Batik Laweyan. 

Nah, selain bisa mengagumi mahakarya batik Solo, Sobat Pesona juga bisa ikut serta dalam paket wisata lokakarya membatik di sini. Aktivitas lain yang bisa Sobat Pesona lakukan selama di Kampung Batik Laweyan adalah berkeliling sambil berfoto di berbagai bangunan bergaya arsitektur Jawa, Eropa, Tionghoa, dan Islam yang ada di kampung batik ini.
 

5 | Kampung Batik Kauman, Pekalongan

membatik

Sentra batik lainnya di Jawa Tengah yang bisa Sobat Pesona kunjungi adalah Kampung Batik Kauman yang terletak di Pekalongan. Di kampung ini, ada berbagai macam motif batik yang dihasilkan dari teknik membatik tulis, cap, maupun kombinasi keduanya. Kampung ini tak hanya menjadi destinasi untuk Sobat Pesona yang ingin berbelanja batik, tetapi juga sebagai pusat budaya. Sebab, di sini, Sobat Pesona bisa belajar tentang sejarah batik, hingga mencoba membuat batik sendiri dengan bimbingan langsung para pengrajinnya.
 

6 | Kampung Batik Semarang

membatik

Kalau Sobat Pesona tengah berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir ke Kampung Batik Semarang, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Lama. Sesampainya di sini, Sobat Pesona akan disambut dengan berbagai grafiti indah berwarna-warni yang menggambarkan batik dan keragaman di Indonesia. Tak hanya untuk berbelanja, Sobat Pesona yang ingin belajar dasar-dasar membatik, bisa belajar di kampung ini, ya. Nah, meskipun namanya Kampung Batik Semarang, ternyata koleksi batik yang terdapat di kampung batik ini bukan hanya khas Semarang, lho. Pasalnya, Sobat Pesona juga bisa menemukan berbagai motif batik dari seluruh Indonesia di sini.
 

7 | Kampung Batik Lasem, Rembang, Jawa Timur

membatik

Batik Lasem adalah salah satu motif batik yang terkenal di Indonesia. Warna merah, biru, dan hijau tuanya yang sangat khas dan berani, serta motifnya yang kompleks, membuat batik produksi Lasem ini berbeda dibandingkan dengan motif batik lainnya. Nah, jika Sobat Pesona ingin menyaksikan secara langsung proses pembuatan batik unik ini, dari awal hingga akhir,  jangan ragu untuk datang ke Rembang, Jawa Timur, ya! Di Kampung Batik Lasem, Sobat Pesona dapat melihat proses pembuatan batik, termasuk proses mewarnai batik. Nah, karena sangat kental dengan perpaduan budaya Jawa dan Tionghoa, di kampung ini kamu juga akan menemukan berbagai bangunan bergaya arsitektur Tiongkok lho, Sobat Pesona!



Itulah beberapa kampung batik #DiIndonesiaAja yang Sobat Pesona kunjungi setelah pandemi ini berakhir. Tentunya, dengan berkunjung ke kampung batik, liburan Sobat Pesona akan lebih berkesan, karena Sobat Pesona belajar hal baru, yakni membatik. Selamat berwisata sambil belajar, Sobat Pesona! Tetap jaga kesehatan, rajin cuci tangan, kenakan masker, dan ikuti protokol kesehatan. Jangan lupa juga untuk belajar menjadi wisatawan yang ramah lingkungan kapan pun dan di mana pun Sobat Pesona berada, ya! 

sumber: indonesia.travel

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply