Buah Mahkota obat herbal

Buah Mahkota Dewa Bisa Obati Asam Urat dan Diabetes, Ini Resepnya

Buah mahkota dewa sering disebut juga dengan buah simalakama. Namun, manfaat buah satu ini tentu tidak simalakama. Diketahui, buah mahkota dewa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu mengatasi penyakit asam urat. 

Ahli herbal, dr. Inggrid Tania, M.Si, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, buah mahkota dewa mengandung senyawa aktif, terutama flavonoid, yang dapat memengaruhi metabolisme purin

Flavonoid itu bersifat anti inflamasi, anti peradangan, juga menurunkan enzim xanthin oksidase, yaitu enzim yang memengaruhi metabolisme purin,” ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Senin 14 September 2020.

Lebih lanjut, dokter Inggrid mengungkap manfaat lain dari buah simalakama ini. Ternyata, buah mahkota juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes. 

“Mahkota dewa itu pertama bersifat antioksidan. Terus ada kandungan flavonoid. Nah, itu memang bersifat hipoglikemik, artinya menurunkan gula darah. Jadi, dengan menghambat enzim alfa-glukosidase,” lanjut dia. 

Terutama, menurut Inggrid, buah mahkota dewa bisa menurunkan gula darah setelah makan, dengan cara menghambat penyerapan glukosa dari usus ke dalam darah. Berikut ramuan berbahan dasar buah mahkota dewa untuk mengobati penyakit asam urat. 

Bahan: 

5 gram buah mahkota dewa yang sudah dikeringkan.

6 gelas air

Cara membuat

Rebus buah mahkota dewa dalam 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas. 

Inggrid menjelaskan, buah mahkota dewa harus dikonsumsi dalam keadaan sudah dikeringkan. Karena kalau dalam keadaan segar atau dikonsumsi langsung, bukannya bermanfaat buah ini malah beracun. 

Ramuan untuk diabetes

Bahan:

5 gram buah mahkota dewa kering

2 gram adas

3 gram daun salam kering

5 gram kulit kayu manis 

Cara membuat:

Rebus dalam 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas dan diminum tiga kali sehari. 

Inggrid turut memperingatkan, orang-orang yang memiliki gangguan fungsi liver, harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi ramuan buah mahkota dewa ini. 

“Karena walaupun mahkota dewa bersifat hepatoprotektif atau melindungi liver, tapi kadang ada kejadian ketika dia ada gangguan fungsi liver ketika minum mahkota dewa, semakin terganggu fungsi livernya,” kata dia. 

Sedangkan untuk penderita penyakit kanker, meski ramuan ini bisa membantu pengobatan penyakit tersebut, jika ingin mengonsumsi ramuan ini harus dikonsultasikan dulu ke dokter, karena biasanya dikombinasikan dengan obat standar.

sumber: viva.co.id

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply

mengobati asam urat dan diabetes