Lifestyle

Cara Mobil Melintasi Jalan Aspal Rusak

 Jalan tak semua mulus. Banyak juga yang bergelombang sampai aspal rusak. Itu sebabnya, pengemudi mobil mesti paham bagaimana berkendara melewati jalan aspal rusak.

Seperti diungkapkan Auto2000, pada dasarnya untuk melintasi jalan aspal rusak memerlukan konsentrasi dan kemampuan yang baik. Mengapa? Supaya penumpang, mobil, serta pengguna jalan lainnya aman.

Auto2000 mengungkapkan tips mengendarai mobil melintasi jalan aspal rusak, dikutip hari ini, Senin, 13 Juni 2022.

Berikut tips dari dealer terbesar Toyota tersebut:

1. Konsentrasi
Konsentrasi dibutuhkan untuk mengidentifikasi aspal rusak pada jalan di depan mobil yang sedang dikendarai. Dampaknya terburuk jika pengemudi tidak konsentrasi adalah mobil tergelincir atau hilang kendali.

2. Mengurangi Kecepatan
Jalan aspal rusak tak bisa dilintasi dengan kecepatan tinggi. Turunkan kecepatan perlahan menjelang jalan yang rusak itu. Dengan kecepatan rendah, guncangan mobil dapat diminimalkan.

Untuk mobil sedan dan hatchback, perhatikan jalan aspal rusak dan ketinggian kolong mobil. Jangan sampai mobil tersangkut gundukan aspal rusak.

3. Menurunkan Gigi Transmisi Manual
Khusus untuk mobil Toyota bertransmisi manual, setelah menurunkan kecepatan saat melintasi jalan aspal rusak, turunkan gigi transmisi ke yang lebih rendah.

Dengan gigi rendah maka torsi untuk melahap aspal rusak menjadi lebih optimal. Dengan demikian mobil dapat melaluinya dengan aman.

4. Jangan Mendahului
Saat berada di jalan aspal rusak semua kendaraan cenderung melambat. Sebaiknya jangan mendahului kendaraan lain karena justru akan membuat lalu lintas tidak teratur.

5. Kedua Tangan Jangan Lepas dari Setir
Penting untuk menjaga kendali mobil dengan kedua tangan selalu menggenggam setir mobil, terutama ketika melintasi aspal rusak, kecuali untuk memindahkan tuas transmisi. Tangan kanan di posisi jam 3 dan tangan kiri di posisi jam 9 pada roda kemudi.

sumber: tempo.co

ido
Author: ido

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *