Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba tercatat sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan terbesar nomor 2 di dunia. Di balik kemegahannya, ternyata ada storynomics tourism menarik yang bisa dikembangkan. Seperti legenda terbentuknya Danau Toba yang jarang diketahui wisatawan.

Menurut legenda, Danau Toba berasal dari kisah pemuda Toba yang memancing di sungai dan mendapatkan ikan mas yang berubah menjadi wanita yang cantik. Akhirnya Toba pun menikah dengan wanita tersebut, namun dengan syarat Toba harus merahasiakan asal usul wanita tersebut.

Seiring berjalannya waktu, mereka punya anak bernama Samosir. Kala itu Samosir ditugaskan mengirim bekal untuk Toba di sawah. Sayangnya, Samosir justru memakan bekalnya dan membuat Toba marah. Alhasil, Toba membentak Samosir sebagai “anak ikan”. Tiba-tiba hujan deras datang membuat perkampungan terendam air, lalu menjadi danau luas yang dikenal dengan Danau Toba.

Sementara itu bagi masyarakat Batak, Danau Toba menjadi tempat bersemayam tujuh dewi suku Batak, atau dikenal dengan Namboru. Sehingga, apabila berencana ingin melakukan kegiatan di sekitar Danau Toba disarankan untuk berdoa sekaligus meminta izin agar acaranya mendapat berkah dan lancar.

 

 

Loading...

Aek Natonang

Batu Cawan Pusuk Buhit

Bukit Siadtaratas, Spot Cantik Untuk Melihat Danau Toba dari Ketinggian

Desa Adat Ragi Hotang Meat

Geosite Bakara – Tipang, Geo-Culture

Geosite Balige – Liang Sipege – Meat

Post Views: 164