Elok Keindahan Bawah Laut Gili Trawangan, Jangan Lupa Pula Naik Cidomo

 Gili Trawangan yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gili Trawangan letaknya berjejer dengan dua pulau kecil; Gili Meno dan Gili Air.

Gili Trawangan memiliki arti sebuah pulau kecil tempat bertelurnya penyu. Hal ini dikarenakan orang Sasak menyebut pulau kecil dengan kata gili dan tempat bertelurnya penyu adalah terangang. Tidak heran ketika melakukan aktivitas snorkeling turis akan menjumpai penyu-penyu.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan menjumpai banyaknya penangkaran penyu-penyu kecil atau tukik yang nantinya akan dilepas ke habitatnya jika sudah dewasa.

Tidak hanya melihat penangkaran penyu, banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pulau ini, seperti senorkeling. Keindahan bawah laut Gili Trawangan merupakan salah satu keunggulan wisata di pulau ini.

Gili Trawangan memiliki pantai dengan pasir putih yang indah, terumbu karang yang masih alami, serta biota laut yang cantik. Bagi wisatawan yang ingin senorkeling tidak perlu khawatir dengan perlengkapannya, sebab di pulai ini sudah memiliki jasa penyewaan alat-alat snorkeling.

Baca: 

Selain laut dan pantainya, Gili Trawang memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang memukau. Pantai di Gili Trawangan membentang dari timur dan barat, tidak heran pemandangan terbenam dan terbitnya matahari akan muncul disini.

Dengan pemandangan yang memukau tersebut, di pantai-pantai yang ada di Gili Trawangan acap kali menjadi spot foto menarik. Tidak hanya itu tempat ini juga memiliki nuansa romantis dan sering menjadi tempat honeymoon.

Wisata yang ada di sekitaran pantai juga menyediakan jasa water sport. Adapun olahraga yang ditawarkan adalah banana boat, kayak, paddleboard, dan jetski. Untuk mencoba jasa olahraga air ini disepanjang pantai banyak ditemukan penyedia jasa water sport.

Gili Trawangan memiliki udara yang bebas dari asap bermotor dan kendaraan, dikarenakan cirri khas masyarakatnya yang gemar menggunakan sepeda. Hal ini pula yang menjadi destinasi wisata di sana. Wisatawan akan banyak menemukan outlite yang menyewakan sepeda. Berkeliling menggunakan sepeda menjadi kegiatan favorit wisatawan ketika berkunjung kesana.

Selain itu, yang cukup banyak diminati wisatawan adalah naik cidomo. Cidomo merupakan bahasa setempat untuk delman. Cidomo yang memiliki kapasitas enam orang ini juga menjadi kegiatan yang paling banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan.

sumber: tempo.co

Author: Putri Balige

Leave a Reply