Industri AMDK

Industri Pengolahan Air Minum Kemasan (AMDK): Menjaga Kualitas dan Keberlanjutan Sumber Air

Industri pengolahan air minum kemasan (AMDK) memainkan peran penting dalam memastikan pasokan air minum berkualitas bagi masyarakat. Salah satu merek air minum dalam kemasan yang terkenal adalah AQUA. Kualitas AQUA dimulai dari pemilihan sumber air terbaik yang terletak di pegunungan Indonesia.

Pemilihan sumber air terbaik dilakukan melalui penelitian yang terintegrasi oleh tim ahli selama minimal satu tahun. Tim ahli mempelajari karakteristik sumber air, termasuk geologi, hidrologi, hidrogeologi, hidrogeokimia, dan mikrobiologi. Analisis keseimbangan neraca air juga dilakukan untuk menjamin produksi dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Air yang dimanfaatkan oleh AQUA berasal dari lapisan tanah dalam yang terlindungi oleh lapisan kedap (confined aquifer). Hal ini memastikan bahwa air tidak berhubungan dengan air permukaan yang biasanya digunakan untuk irigasi atau kebutuhan sehari-hari. Selama perjalanan dari tanah dalam, air melewati berbagai batuan yang memperkayanya dengan mineral-mineral alami. Inilah mengapa AQUA selalu mengandung mineral seimbang yang dibutuhkan tubuh manusia.

Untuk menjaga kualitas air, AQUA selalu melakukan uji dan pemantauan baik dari segi kualitas maupun volumenya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kualitas air dan keseimbangan alam tetap terjaga. Industri AMDK juga berperan dalam menjaga keseimbangan siklus air antara proses pengambilan dan pengisian kembali air.

Kolaborasi dengan berbagai pihak dan pendekatan berbasis masyarakat juga diperlukan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya air. Danone-AQUA dan industri AMDK lainnya bertujuan untuk menjamin ketersediaan air, kemurnian, dan kualitas sumber air. Program pelestarian lingkungan dilaksanakan untuk menjaga kualitas dan keseimbangan kuantitas air. Ini melibatkan kerjasama dengan berbagai pihak dan pendekatan berbasis masyarakat.

Industri pengolahan air minum kemasan (AMDK) memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga kualitas dan keberlanjutan sumber air. Melalui pemilihan sumber air terbaik, perlindungan sumber daya air, uji dan pemantauan kualitas air, serta kolaborasi dengan berbagai pihak, AMDK berkontribusi dalam memastikan pasokan air minum yang aman dan berkualitas bagi masyarakat.

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *