Jurus Hotel Menggaet Pelanggan Saat Pemerintah Larang Pesta Perayaan Tahun Baru

Manajemen hotel berbintang di Jakarta menerapkan jurus khusus untuk menggaet pelanggan di masa libur tahun baru. Kendati pemerintah melarang pesta perayaan Tahun Baru 2021 demi mencegah penyebaran Covid-19, masih ada cara untuk tetap menggeliatkan sektor jasa ini.

Acting General Manager Sari Pacific Jakarta, Abhi Gurung mengatakan, tingkat hunian di hotel yang terletak di Jakarta Pusat itu cukup baik pada Desember 2020. Masyarakat tertarik dengan berbagai program yang dikemas oleh pengelola hotel, misalkan pemesanan makanan di restoran dan hampers atau bingkisan hantaran.

“Program penawaran kamar dengan paket tertentu juga disambut antusias oleh masyarakat,” kata Abhi. Yang terasa berbeda dari suasana libur tahun baru ini adalah sebagian besar tamu adalah orang lokal, bukan wisatawan mancanegara.

Director of Communications Shangri-La Hotel Jakarta, Debby Setiawaty mengatakan, tingkat okupansi hotel tempatnya bekerja meningkat signifikan dibandingkan awal 2020, ketika pandemi Covid-19 merebak dan mengakibatkan sektor pariwisata lesu. “Kami mengembangkan penawaran demi memenuhi kebutuhan para tamu,” kata Debby.

Jika sebelumnya perayaan tahun baru di Shangri-La Hotel Jakarta selalu ramai dengan pertunjukan musik dan hitung mundur bersama, untuk tahun ini, menurut Debby tidak ada acara semacam itu. “Demi keamanan bersama, tahun ini acara-acara yang mengundang keramaian tidak dilaksanakan,” kata dia. “Sebagai gantinya, tamu bisa menikmati perayaan tahun baru yang lebih intim.”

foto© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO fotoIlustrasi pesta kembang api Tahun Baru. TEMPO/Prima Mulia

Manajemen Shangri-La Hotel Jakarta juga menyediakan layanan pesan antar makanan bagi pelanggan yang ingin menikmati hidangan hotel di rumah. Meski begitu, menurut Debby, pelanggan juga masih bisa bersantap langsung di restoran hotel dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data pemesanan platform perjalanan digital Agoda, konsumen di berbagai negara -termasuk Indonesia, memilih hotel bintang empat dan hotel bintang lima sebagai akomodasi teratas untuk menyambut Tahun Baru 2021. Protokol kesehatan yang lebih ketat, keamanan, kenyamanan, dan promosi harga menarik membuat pelanggan tertarik untuk memilih kelas hotel yang tinggi.

Beberapa layanan yang membuat pelanggan tertarik menginap di hotel selama libur tahun baru, antara lain penyajian makanan gaya Rijsttafel di dalam kamar, brunch tahun baru, hingga penawaran gratis menginap satu malam jika tamu menginap selama empat malam berturut-turut. Tentu dekorasi hotel yang menarik akan membuat wisatawan tergoda untuk menginap di sana.

sumber: tempo.co

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply