Lima Lokasi Wisata yang Layak Dikunjungi Kalau Berlibur ke Simeulue, Aceh

Kabupaten Simeulue, Aceh, sebuah kepulauan berhadapan dengan Samudera Hindia menyimpan ragam pesona wisata dan kearifan lokal warganya. Terletak sekitar 150 kilometer di lepas pantai barat Aceh, wilayah ini dikenal sebagai penghasil lobster terbaik di dunia.

Ombak-ombak Samudera Hindia, salah satunya daya tarik wisatawan yang ingin berselancar. Banyak surfer lokal maupun internasional datang hanya untuk menjajal ombak di Pulau Simeulue. Ada ragam tempat wisata di pulau ini.

Berikut lima lokasi wisata yang layak Anda kunjungi kalau berlibur ke Simeulue:

1. Pantai Matanurung

Pantai Matanurung terletak di Desa Matanurung, Kecamatan Simeulue Timur. Pantai ini dikenal para turis mancanegara sebagai ‘surga’ surfing. Gulungan ombaknya memikat, hingga banyak wisatawan asing berlabuh di sana.

Surfer di Matanurung. Foto: Abdul Hadi/acehkini
Surfer di Matanurung. Foto: Abdul Hadi/acehkini

Menghadap ke Samudra Hindia, ombaknya bisa mencapai ketinggian 5 meter, bergulung atau disebut Long Tube Barrels. Pantai Matanurung, juga menawarkan keindahan lainnya yang memukau, alam asri dengan pohon-pohon kelapa.

2. Pantai Nancala

Pantai Nancala berada di Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat. Garis pantai ini memiliki pasir putih dan banyak pohon kelapa. Lokasi ini sangat cocok sebagai tempat mengabadikan momen para wisatawan. Terlebih ada pesona karang yang tampak indah sebagai latar foto.

Pemandangan indah di Simeulue. Foto: Abdul Hadi/acehkini
Pemandangan indah di Simeulue. Foto: Abdul Hadi/acehkini

Sama dengan Pantai Matanurung, Nancala juga menjadi salah satu objek wisata favorit bagi peselancar karena menghadap Samudra Hindia. Garis Pantai Nancala yang panjang dan ombak tinggi tersebut pernah menjadi lokasi kegiatan Aceh International Surfing Championship pada 2015.

3. Pulau Teupah

Pulau Teupah merupakan salah satu tempat yang sering masuk dalam daftar kunjungan pelancong kalau ke Simeulue. Pulau ini berada di Kecamatan Teupah Barat. Selain memiliki garis pantai yang indah, pulau ini juga menyediakan panorama bawah laut yang memanjakan mata.

Gugusan kepulauan di Simeulue. Foto: acehkini
Gugusan kepulauan di Simeulue. Foto: acehkini

Untuk berkunjung ke Pulau Teupah, pelancong harus menyewa perahu dari daratan Simeulue. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan. Setiba di Pulau Teupah, pengunjung akan disambut pemandangan air laut yang biru dan deretan pohon kelapa di sepanjang garis pantai.

4. Batu Siambong-Ambong

Meski namanya tak diawali dengan kata pantai, tapi objek wisata Batu Siambong-Ambong adalah batu yang menjorok ke laut di tepi pantai. Tempat yang dikenal dengan Batu Alafan ini berada di Desa Lubuk Baik, Kecamatan Alafan. Lokasi ini sangat cocok bagi pengunjung sebagai tempat mengabadikan momen liburan.

Kalau dilihat dari garis pantai, Batu Siambong-Ambong berwarna hitam ini seperti sebuah jembatan yang mengarah ke laut. Namun di bagian tengahnya terputus, sementara beberapa meter berikutnya terdapat lagi batu serupa. Terletak di sebelah barat Simeulue, lokasi ini sangat cocok sebagai tempat menikmati senja.

5. Danau Air Tawar Teluk Dalam

Selain wisata pantai dan pulau, di Simeulue juga terdapat Danau Air Tawar Teluk Dalam. Danau ini terletak di Desa Bulu Hadik, Kecamatan Teluk Dalam. Meski berair tawar, danau ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari laut.

Danau ini dikelilingi perbukitan hijau yang memanjakan mata. Di sini terdapat sejumlah pondok yang bisa digunakan pelancong untuk bersantai sembari menikmati keindahan danau. Tempat ini juga sangat cocok menjadi tempat pengunjung mengabadikan momen liburan.

Putri Balige
Author: Putri Balige

Leave a Reply