Pabrik Semen Indarung I Terus Diupayakan Jadi Warisan Dunia
Pertambangan

Pabrik Semen Indarung I Terus Diupayakan Jadi Warisan Dunia

Pabrik Indarung I telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya nasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 54/M/2023 pada 27 Februari 2023. PT Semen Padang terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengusulkan dan mengupayakan pabrik semen Indarung I yang dibangun Belanda pada 18 Maret 1910 menjadi warisan dunia.

“Saat ini Semen Padang bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengusulkan Pabrik Indarung I bisa dijadikan warisan dunia,” kata Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri.

Ia menyampaikan hal itu usai menyambut kunjungan rombongan Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT), 8 Juli 2023, untuk mempelajari program lingkungan dan pemanfaatan alternatif fuel and raw material (AFR) yang diterapkan perusahaan tersebut. Perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut berharap status warisan dunia yang diusulkan bisa segera diwujudkan.

“Alasannya, Pabrik Indarung I ini bernilai sejarah. Bahkan, budaya beton di Indonesia dan Asia Tenggara dimulai dari Pabrik Indarung I ini,” jelasnya.

PT Semen Padang merupakan bagian dari SIG bersama dengan PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, PT Semen Baturaja, Solusi Bangun Indonesia, serta Thang Long Cement Company (TLCC) di Vietnam.

“Sekarang ini SIG telah menjadi industri semen terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Program kelestarian lingkungan

Ia juga menyampaikan upaya PT Semen Padang terkait program kelestarian lingkungan yang mengarah pada sumber energi baru terbarukan dan alternatif AFR. Salah satunya, pemanfaatan Kaliandra Merah yang diimplementasikan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan dengan memberdayakan masyarakat sekitar perhutanan sosial untuk menanam tanaman asal Meksiko tersebut.

“Kaliandra Merah ini bernilai ekonomis. Kayunya bisa dimanfaatkan sebagai substitusi bahan bakar batu bara,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, daun tanaman berkalori tinggi tersebut juga bisa sebagai pakan ternak dan bunganya untuk konsumsi madu. Bahkan, dengan menanam kaliandra juga membuat unsur hara tanah semakin meningkat. Program lingkungan lain yang dilakukan Semen Padang ialah mendukung budi daya kopi kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sikayan Balumuik di Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

“Dukungan tersebut ialah memfasilitasi para kelompok HKm untuk belajar cara pembibitan kopi, penanaman hingga panen,” tandasnya.

Sumber: tempo.co

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *