Panduan Transportasi Umum Menuju Nepal van Java dari Jakarta

Jawa Tengah memiliki satu daerah yang belakangan ramai dijuluki sebagai Nepal van Java.

Daerah tersebut adalah Dusun Butuh yang berlokasi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dusun satu ini tengah naik daun lantaran kondisi alam geografis lereng gunung berpadu dengan rumah penduduk yang seolah bertumpuk. Pemandangan seperti ini lantas dikenal masyarakat luas di media sosial.

Banyak orang yang mengungkapkan kekaguman panorama Dusun Butuh yang seperti di Nepal. Kekaguman tersebut lantas diunggah ke media sosial Instagram.

Jika kamu membuka Instagram dan menuliskan tagar Nepalvanjava, maka akan muncul kumpulan foto-foto pengunjung yang telah datang ke sana.

Ada dua cara yang dapat dilakukan wisatawan untuk sampai ke Dusun Butuh. Jika kamu dari Jakarta, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi atau tak ingin lelah mengemudi, kamu bisa menggunakan transportasi umum.

Berikut Kompas.com rangkum panduan transportasi umum menuju Nepal van Java

Naik kereta dari Jakarta ke Yogyakarta

Pertama, kamu bisa menggunakan moda transportasi Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Pantauan Kompas.com melalui aplikasi KAI Access, kamu bisa memesan tiket KA Bengawan jurusan Stasiun Pasar Senen-Stasiun Lempuyangan seharga Rp 74.000.

Harga tersebut merupakan harga termurah tiket KA dari Jakata ke Yogyakarta, karena menggunakan KAJJ kelas Ekonomi.

Semua penumpang KAJJ wajib melakukan rapid test. Jika ingin berbiaya terjangkau, kamu bisa menggunakan jasa layanan rapid test di stasiun seharga Rp 85.000.Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari.© Disediakan oleh Kompas.com Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari.

Untuk KAJJ kelas eksekutif, kamu bisa memesan tiket paling murahnya yaitu KA Argo Dwipangga jurusan Stasiun Gambir-Stasiun Yogyakarta dengan harga Rp 270.000.

Maka total estimasi biaya pergi ke Yogyakarta menggunakan KA kelas ekonomi yakni Rp 159.000. Harga tersebut berasal dari tiket KA Bengawan Rp 74.000 dan biaya rapid test Rp 85.000.

Sementara jika memilih memesan tiket KA eksekutif totalnya Rp 355.000. Harga itu didapat dari tiket KA Argo Dwipangga Rp 270.000 dan rapid test Rp 85.000.

Naik bus atau shuttle bus dari Yogyakarta ke Magelang

Selanjutnya, kamu bisa berpindah moda transportasi yaitu bus ke arah Terminal Magelang. Dari Yogyakarta, kamu bisa ke Terminal Jombor untuk melanjutkan perjalanan ke Magelang.

Ada banyak pilihan bus dan beragam harga tiketnya. Mulai dari bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) berkisar Rp 35.000 hingga 85.000.

Jika menginginkan suasana dan tempat duduk yang lebih nyaman, kamu bisa memilih shuttle bus. Moda transportasi ini juga terbilang lebih cepat untuk sampai ke tujuan.

Adapun shuttle bus yang bisa jadi pilihan salah satunya Joglosemar dengan harga tiket Rp 85.000.

Naik bus ke Pasar Kaliangkrik

Sampai di Terminal Magelang, perjalananmu belum usai. Kamu masih harus melanjutkan perjalanan ke arah Pasar Kaliangkrik.Pasar Kaliangkrik, Magelang.© Disediakan oleh Kompas.com Pasar Kaliangkrik, Magelang.

Dari Terminal Magelang, kamu bisa memilih bus tujuan Pasar Kaliangkrik dengan harga tiket sekitar Rp 10.000.

Naik ojek dari Pasar Kaliangkrik tujuan basecamp Butuh

Terakhir, kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk sampai ke Nepal van Java dengan menggunakan jasa ojek motor.Perjalanan menuju Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang.© Disediakan oleh Kompas.com Perjalanan menuju Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang.

Jasa ojek motor ini dapat kamu temui setelah sampai di Pasar Kaliangkrik. Ada banyak warga lokal yang menyediakan jasa ojek hingga menuju Dusun Butuh atau Nepal van Java.

Harga jasa sewa ojek motor ini kisarannya Rp 35.000.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply