Persiapkan Libur Akhir Tahun, Simak 6 Ide Liburan Keluarga Ini

Liburan keluarga bisa jadi kegiatan yang ditunggu saat libur panjang tiba. Ayah, ibu, anak dan anggota keluarga lain bisa sama-sama melepas penat dari padatnya aktivitas bekerja atau belajar.

Momentum libur akhir tahun yang akan segera tiba bisa menjadi kesempatan Anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, tentu tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan. Berikut sejumlah ide untuk liburan keluarga dari Indonesia Travel:

– Staycation

Liburan dengan staycation sedang menjadi tren sejak pandemi terjadi. Dengan liburan ini, Anda sekeluarga bisa menikmati suasana baru untuk lepas dari kerutinan aktivitas.

Saat ini, sudah banyak hotel atau homestay yang menerapkan protokol kesehatan ketat. Anda bisa tetap menikmati beragam fasilitas hotel dengan nyaman dan aman. Saat staycation ini, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mengakrabkan diri dan quality time dengan keluarga.

– Glamping

Liburan jenis ini juga tengah marak dilakukan oleh masyarakat. Glamorous camping adalah pilihan bagi Anda sekeluarga yang ingin berkemah tapi tetap mendapatkan beragam fasilitas bak di hotel.

© Disediakan oleh Tempo.co Suasana Glamping di Lereng Gunung Merapi di Jalan Kaliurang Kilometer 23, Sleman, Daerah Istimewa. Wisatawan bisa menikmati kemping bersama keluarga suasana musim dingin seperti di negara-negara Eropa. (Foto :TEMPO- M Syaifullah)

Anda bisa dekat dengan alam tapi tidak repot untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Beberapa area glamping seringkali sudah dilengkapi dengan fasilitas outbond yang bisa Anda coba bareng keluarga

Banyak lokasi glamping yang berada di areal pegunungan dengan udara yang sejuk, seperti Bandung dan Puncak, Bogor. Cocok sekali sebagai tempat berlibur.

– Berkunjung ke Museum

Semua anggota keluarga bisa menikmati liburan ini dan hampir di setiap kota besar ada pilihan museum. Dan tentu saja, ini adalah ide liburan yang tak sekadar menghabiskan waktu liburan.

© Disediakan oleh Tempo.co Pengunjung mengamati koleksi benda sejarah di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020.

Anda bisa sekaligus menambah pengetahuan dan wawasan dari benda-benda atau cerita yang disajikan di museum. Baik museum yang menyimpan nilai sejarah hingga museum dengan barang-barang seni kuno maupun kontemporer. Ketika berkunjung ke museum, pastikan untuk tetap mematuhi peraturan khusus yang ada di setiap museum.

– Bermain di Taman Rekreasi

Liburan ke taman rekreasi pasti disukai oleh anak-anak. Tapi orang dewasa juga bisa bersenang-senang karena pasti ada wahana seru yang bisa dinikmati.

Selain beragam wahana seru yang bisa dicoba seluruh anggota keluarga, taman rekreasi biasanya menyediakan ragam restoran atau kedai. Nah, ini bisa memudahkan Anda untuk bersantap saat sudah lelah bermain.

– Mengunjungi Kebun Binatang

Pilihan ini perlu menjadi pertimbangan. Sebab, berlibur ke kebun binatang tidak hanya sekedar menghabiskan waktu liburan tapi bisa sekaligus wisata edukasi untuk belajar tentang satwa.

© Disediakan oleh Tempo.co Pengunjung melihat satwa saat berkunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Ahad, 13 September 2020. Kebun binatang ini akan kembali ditutup sementara mulai Senin, 14 September 2020. TEMPO/M Taufan Rengganis

Anda dan keluarga bisa bersenang-senang dengan menyaksikan tingkah lucu beragam jenis hewan. Bahkan ada juga kebun binatang yang memfasilitas Anda untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan.

– Trekking

Walaupun tak semua anggota keluarga dapat menikmatinya, trekking bisa jadi salah satu alternatif Jika anggota keluarga yang diajak liburan sudah dewasa, Anda bisa pilih jalur-jalur trekking yang menantang adrenalin.

Jika trekking membawa anak-anak, Anda bisa memilih jalur yang lebih ringan, seperti menyusuri jalan setapak dan melewati pematang sawah dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Liburan ini juga menjadi ajang edukasi menyenangkan untuk anak-anak agar dapat lebih mengenal alam secara langsung.

sumber: tempo.co

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply