Culture & Art

Ratusan Warisan Budaya Tak Benda Disertifikasi, Termasuk Seni Antup dan Tradisi Pager Bumi Sleman

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menetapkan sejumlah Warisan Budaya Takbenda (WBTb) terbaru asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Sertifikat penetapan ini tak hanya menjadi pengakuan formal atas pentingnya WBTb, tetapi menjadi komitmen melestarikan dan mewariskannya kepada generasi,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menyerahkan sertifikat WBTb itu, Selasa, 23 Mei 2023.

Penetapan WBTb ini terbagi atas Keraton Yogyakarta sebanyak 27 karya budaya, Kadipaten Pakualaman 8 karya budaya, Warisan Budaya bersama milik DIY 31 karya budaya, Kabupaten Kulon Progo 15 karya budaya, Kabupaten Sleman 21 karya budaya, Kabupaten Bantul 20 karya budaya dan Kota Yogyakarta 16 karya budaya.

Diantara karya budaya yang disertifikasi Kemendikbudristek itu, yakni Kesenian Antup dan Upacara Adat Pager Bumi Rebo Wekasan asal Kabupaten Sleman.

Drama tari Antup merupakan kesenian tradisional yang muncul dan berkembang pada 1935 dan hanya dimiliki masyarakat Dusun Janturan, Tirtoadi, Mlati Sleman. Sedangkan Upacara Adat Pager Bumi Rebo Wekasan merupakan tradisi yang biasa digelar masyarakat lereng Gunung Merapi, khususnya dari Pulesari Wonokerto Turi Sleman berupa kirab budaya yang melibatkan kirab bregada prajurit Pager Bumi, kirab pusaka, kirab gunungan salak, gunungan wuluwetu, gunungan kupat dan gunungan ambengan.

Selain itu, karya budaya milik Keraton Yogyakarta yang disertifikasi keseluruhannya domain seni pertunjukan, yakni Bedhaya Sapta, Beksan Sekar Madura, Srimpi Muncar dan Beksan Panji Sekar.

Adapun milik Puro Pakualaman, yaitu Babad Pakualaman domain tradisi dan ekspresi lisan. Dari DIY berupa Sayur Lodeh, Jamu Yogyakarta dan Bir Jawa dengan domain kemahiran dan kerajinan tradisional ditambah Aksara Jawa Yogyakarta dengan domain tradisi dan ekspresi lisan.

Sedangkan karya budaya dari Bantul berupa Karangan yang masuk domain pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam semesta serta Pisungsung Jaladri domain upacara adat, ritus, upacara tradisional. Karya budaya dari Kabupaten Kulon Progo berupa domain tradisi dan ekspresi Gobak Sodor Yogyakarta.

Kota Yogyakarta dengan seluruh karya WBTb domain kemahiran dan kerajinan tradisional, yaitu Jadah Manten, Legomoro, Sangga Buwana, Kembang Waru dan Yangko Yogyakarta. Tari Wayang Topeng Duwet domain seni pertunjukan dan Gerit-Gerit Lancung domain tradisi dan ekspresi lisan dari Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Dinas Kabupaten Sleman Edy Winarya usai menerima sertifikat itu mengatakan sertifikasi ini berguna agar masyarakat tak hanya mengetahui apa saja warisan kebudayaan Sleman. “Namun juga memahami serta ikut melestarikan apa saja tradisi Sleman yang masih hidup saat ini,” kata dia.

sumber: tempo.co

Bang Sahat
Author: Bang Sahat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *