Resep Teh Talua untuk Menambah Stamina

Teh talua atau teh telur merupakan minuman khas Sumatra Barat yang terdiri dari campuran teh, gula dan telur serta sedikit perasan jeruk nipis. Minuman ini dipercaya sebagai penambah stamina.

Teh talua dapat Anda temui di warung tradisional Sumatra Barat maupun di restoran Padang. Namun, karena cara pembuatannya yang mudah, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan seperti yang dilakukan oleh Nick Molodysky dalam Instagramnya @masak2dengannick.

Bahan:

1 kuning telur

1 sendok makan gula pasir

1 sendok makan madu

teh melati secukupnya

Jeruk nipis

View this post on Instagram

A post shared by Nick Molodysky (@masak2dengannick) on Sep 26, 2020 at 1:59am PDT

(Yuk coba buat Teh Talua khas Sumatra Barat, yang bisa menambah stamina untuk tubuh Anda. Video: Dok. Instagram Nick Molodysky/@masak2dengannick)

Cara membuat:

1. Pertama, seduh teh melati dengan air panas

2. Sambil menunggu air panas mendidih, masukan kuning telur, gula pasir dan madu ke dalam gelas saji. Kemudian kocok menggunakan hand mixer hingga warnanya menjadi putih dan sedikit berbusa

3. Setelah itu, masukkan air seduhan teh ke dalam kocokan telur yang sudah berbuih

4. Sajikan, jangan lupa ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar bau amis dari telur dapat disamarkan

Telur yang digunakan untuk membuat teh talua biasanya adalah telur ayam kampung atau telur bebek. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

Ketika didiamkan sejenak, teh talua akan menampilkan lapisan-lapisan yang unik jika dilihat dari gelas yang bening.

Pada lapisan atas dilapisi busa, bagian tengahnya berwarna putih dan bagian dasarnya berwarna kecoklatan. “Jadi, semoga pada suka yaaa…,” ucap khas Nick dalam berbagai video resep di Instagramnya.

sumber: medcom.id

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply