Sebab Pariwisata Butuh Agen Perjalanan Online di Masa Pandemi Covid-19

Keberadaan agen perjalanan online kian signifikan di masa pandemi Covid-19. Musababnya, perilaku wisata masyarakat kini berubah dan trennya mulai meninggalkan kebiasaan dadakan atau langsung jalan seketika keinginan berwisata itu datang.

Laporan Pacific Asia Travel Association atau PATA menunjukkan agen perjalanan online menjadi jembatan yang menghubungkan pelaku usaha pariwisata dengan wisatawan. “Agen perjalanan online berperan penting dalam proses pemulihan sektor pariwisata,” kata CEO Pacific Asia Travel Association, Mario Hardy dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo dari Agoda, Senin 16 November 2020.

Laporan PATA bertajuk ‘The Role of Online Travel Agencies (OTAs) in supporting Asia-Pacific SMEs in Recovery’ menyoroti bagaimana platform perjalanan digital dan pemerintah bisa mendukung usaha kecil menengah bidang pariwisata di kawasan Asia Pasifik:

  1. UKM memanfaatkan platform digital agen perjalanan online untuk mempercepat pemulihanAgen perjalanan online kini memiliki nilai lebih. Selain menjadi mitra teknologi, data, dan marketing, agen perjalanan online juga memuat informasi tentang pelayanan yang tersedia, termasuk bagaimana penerapan protokol kesehatan.Hal ini sesuai dengan perilaku masyarakat yang selalu mencari tahu keamanan dan kenyamanan sebelum memilih aktivitas saat berwisata. Agen perjalanan online juga membuat pengusaha kecil menengah tak perlu berinvestasi dalam menerapkan fitur pembayaran yang praktis bagi pelanggan.
  2. Mengetahui pemetaan industri pariwisataAgen perjalanan online membantu pengusaha kecil menengah dalam memahami informasi dan data untuk meningkatkan bisnis mereka. Pengusaha pariwisata dapat mengoptimalkan pendapatan melalui meta-search, machine learning, kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), diversifikasi produk, dan sentralisasi platform.
  3. Kerja sama UKM – agen perjalanan online – pemerintahPemerintah dapat memanfaatkan keahlian komersial sektor swasta dalam menemukan dan menciptakan peluang baru untuk meningkatkan industri, bisnis, dan kehidupan yang terdampak Covid-19.

Managing Director of Global Affairs Agoda, Greg Wong mengatakan pengusaha perhotelan yang sukses di masa pandemi Covid-19 menggunakan data dan teknologi untuk mengoptimalkan harga dan pemasaran mereka melalui agen perjalanaan online. “Agoda membantu hotel milik pengusaha kecil menengah untuk berpartisipasi dalam beberapa program kemitraan pemerintah di Asia,” katanya. Laporan PATA ini disusun oleh Twenty31 Consulting Inc. dan didukung Agoda.

sumber: tempo.co

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Tinggalkan Balasan