Serai Efektif Redakan Batuk, Begini Cara Olahnya

Serai menjadi salah satu bumbu dapur yang wajib ada karena dapat digunakan untuk penyedap masakan. Selain untuk bumbu dapur, serai juga diketahui digunakan sebagai pengobatan selama berabad-abad. 

Ahli Herbal dr. Muthoharrah, M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne menjelaskan bahwa serai memiliki dua jenis yakni serai merah dan serai putih. Serai merah mengandung sitronela yang mengandung aroma yang dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Sedangkan untuk serai putih atau yang dikenal sebagai lemongrass memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah dapat meredakan flu dan batuk. Hal ini lantaran serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu.

Untuk mengatasi flu dan batuk, Muthoharrah membagikan tips bagaimana mengolah serai. Pertama, rebus seluruh bagian serai dalam air 300 ml air. Kemudian rebus selama 15 menit. Setelah 15 menit, saring air kemudian bisa ditambahkan madu lalu diminum.

“Konsumsi cukup 1-2 kali sehari jangan lebih. Karena kalau berlebih, serai kan memiliki efek diuretik,” jelas dia.

Selain itu, serai juga baik untuk kesehatan pencernaan. Sebab, serai mengandung sitral yang membantu mencerna makanan. Tidak hanya itu saja, sereh juga diketahui mengandung anti inflamasi dan anti peradangan.

sumber: viva.co.id

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply