Sering Dijadikan Obat Herbal, Simak 10 Khasiat Bawang Dayak Ini bagi Kesehatan

Mendengar namanya saja Anda pasti bisa menebak jika bawang dayak adalah jenis bawang yang banyak ditemui di Kalimantan. Ya, bawang dayak memang banyak tumbuh dan dibudidayakan petani lokal di pulau terbesar Indonesia tersebut, serta namanya terinspirasi dari suku dayak sebagai suku asli tanah Kalimantan. 

Meski begitu, bawang dayak bukanlah tanaman yang berasal dari Indonesia. Melainkan, berasal dari wilayah Amerika Serikat dan tumbuh di pegunungan atau dataran tinggi yang kawasannya memiliki banyak kandungan humus dan juga lembap. Oleh karena itu, bawang dayak baru bisa dibudidayakan ketika suhu, kelembapan tanah, kondisi udara, dan lingkungannya tepat. 

Namun, bukan tentang bagaimana cara membudidayakannya, pembahasan kali ini lebih mengarah ke manfaat kesehatan yang diberikan oleh tanaman tersebut. Sebagai tumbuhan yang sudah lama menjadi salah satu bahan pembuatan obat herbal, bawang dayak tentu menyimpan segudang khasiat luar biasa yang mampu membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari ancaman penyakit.

Lantas, apa saja sih khasiat bawang dayak ini? Sebegitu hebatkah manfaat bawang dayak untuk kesehatan sehingga sayang untuk dilewatkan? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah penjelasannya. 

Baca Juga: 

10 Khasiat Bawang Dayak

khasiat bawang dayak© Disediakan oleh Cermati khasiat bawang dayak

Khasiat Bawang Dayak

  1. Sebagai Obat InfeksiBawang dayak mengandung berbagai jenis antioksidan yang berperan aktif mengobati infeksi. Beberapa kandungan antioksidan yang terkandung dalam tanaman tersebut meliputi tanin, steroid, dan flavonoid. Ketiga jenis antioksidan ini dikenal ampuh menghambat serta membunuh bakteri, virus, hingga jamur yang mungkin menginfeksi tubuh dan menjadi sumber penyakit.  Tidak hanya itu, saat diolah menjadi ekstrak bawang dayak, sifat antimikroba pada tanaman ini juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan kulit. Sebab, pertumbuhan bakteri, seperti trichophyton dan staph dapat terhambat dan memperkecil risiko munculnya bisul serta pembentukan luka pada kulit.
  2. Menjadikan Tulang Lebih PadatManfaat bawang dayak dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang sangat terasa pada wanita yang sudah memasuki masa menopause. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh FKUI, bawang yang ditemukan di Kalimantan ini memiliki fungsi sebagai obat terapi untuk meningkatkan hormon, terutama hormon estrogen.  Saat memasuki usia menopause, kaum hawa membutuhkan peran hormon estrogen agar kesehatan tulangnya terjamin. Nah, dengan rutin mengonsumsi bawang ini setidaknya 21 hari dan dengan dosis yang cukup tinggi, kadar kalsium pada tulang akan lebih berpotensi untuk meningkat. Sehingga, tulang akan menjadi lebih padat dan terjaga panjang serta beratnya.
  3. Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Nampak CerahSalah satu kandungan utama yang dimiliki oleh bawang dayak adalah antioksidan. Bagi yang belum tahu, antioksidan mampu memberikan berbagai manfaat baik bagi tubuh, seperti mencegah radikal bebas dan membuat kulit tampak lebih sehat dan terawat. Skrining fitokimia menguak manfaatnya sebagai antimelanogenesis yang mampu menangkal munculnya bintik hitam pada wajah. Tidak berhenti sampai di situ, kombinasi dari berbagai senyawa yang terkandung pun diyakini memberi khasiat untuk mencerahkan wajah. Dalam kata lain, mengonsumsi bawang dayak dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang mendambakan kulit sehat dan penampilan awet muda.
  4. Meningkatkan Sistem Imunitas TubuhDi samping kaya akan antioksidan, kandungan yang melimpah pada bawang dayak adalah alkaloid. Alkaloid adalah senyawa organik yang aktif berperan membantu meningkatkan sistem imun atau metabolisme tubuh. Alkaloid juga berguna untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik.  Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan dan sering mengalami sembelit, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi bawang ini agar sistem pencernaan menjadi lebih lancar serta mencegah risiko terjadinya infeksi pada usus. 
  5. Penangkal Radikal BebasKandungan antioksidannya tidak hanya ampuh untuk mewujudkan kondisi kulit yang sehat. Namun, kandungan tersebut juga dikenal sebagai penangkal radikal bebas yang berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius. Seperti memicu munculnya sel kanker dalam tubuh. Bukan hanya antioksidan, senyawa antosianin yang terkandung juga sangat berguna dalam menangkal reaksi radikal bebas. 
  6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung KoronerTak ada yang bisa membantah jika penyakit jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan perlu dihindari. Bahkan, penyakit ini memiliki julukan silent killer dan ditakuti di dunia karena seringkali gejalanya terlambat untuk diketahui dan sudah berakibat fatal bagi penderitanya. Untuk mencegah penyakit jantung koroner, Anda dapat menjadikan bawang dayak sebagai konsumsi rutin.  Alasannya karena bawang dayak kering atau segar mengandung senyawa felonik yang diyakini bermanfaat dalam menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit jantung koroner. 
  7. Ampuh Mengontrol Kadar Gula dalam DarahKadar gula yang tinggi dalam darah akan menyebabkan diabetes, penyakit yang menjadi salah satu momok paling menakutkan di dunia karena menelan banyak korban jiwa. Ditambah dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, risiko masyarakat terserang diabetes sangatlah tinggi dewasa ini. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit diabetes, Anda harus terlebih dahulu menjaga asupan tubuh yang bisa dilakukan dengan cara rutin mengonsumsi bawang dayak kering atau segar. Dalam bawang ini terkandung banyak flavonoid, alkaloid, saponin, dan juga glikosida yang ampuh bertindak sebagai pengontrol kadar gula dalam darah dan menekan risiko terserang diabetes. Dengan risiko kematian yang cukup tinggi, penyakit diabetes tidak seharusnya disepelekan dan perlu dicarikan cara pencegahannya, salah satunya dengan memanfaatkan bawang yang ditemukan di Kalimantan ini. 
  8. Menjadi Obat Alami Batu GinjalSelain beragam khasiat kesehatan di atas, jenis umbi yang berasal dari Amerika Selatan ini juga dianggap menyehatkan organ ginjal. Bahkan, jika seorang pengidap batu ginjal mengonsumsi bawang dayak secara teratur, mereka tidak lagi diharuskan untuk menjalani operasi agar bisa sembuh.  Khasiat bawang dayak ini berasal dari sifat diuretiknya sehingga dapat menekan kadar pH dan kalsium dalam urine, serta menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal.
  9. Menurunkan Tekanan DarahBagi Anda penderita tekanan darah tinggi, mengonsumsi bawang dayak barangkali bisa menjadi salah satu alternatif alami untuk menyembuhkannya. Hal ini disebabkan bawang dayak bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit hipertensi. 
  10. Bersifat Anti BakteriManfaat bawang dayak yang terakhir adalah mencegah bakteri menyerang dan menginfeksi tubuh. Saat terpapar bakteri jahat dan tak kasat mata, tubuh akan rentan terserang penyakit berbahaya, terutama jika kondisi sistem imun sedang tidak maksimal. Dengan teratur mengonsumsi bawang ini, Anda tidak hanya akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga mendapatkan asupan alami dengan sifat anti bakteri.

Jangan Sampai Ketinggalan Merasakan Manfaat Menyehatkan dari Bawang Dayak

Bawang dayak pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk ditemukan di Indonesia. Selain itu, jenis umbi-umbian ini juga dapat dikelola dengan berbagai cara agar lebih mudah dikonsumsi, seperti menjadikannya obat herbal, sebagai manisan atau acar, bumbu masakan, hingga dimakan secara langsung. 

Dengan begitu, manfaat bawang dayak bisa dengan mudah Anda dapatkan dan menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit serta masalah kesehatan.

sumber: cermati.com

Putri Balige
Author: Putri Balige

Tinggalkan Balasan