Strawberry Rock, Spot Alternatif Memburu Golden Sunset di Labuan Bajo

Pariwisata Labuan Bajo memang selalu menghadirkan keunikan pesona alam yang indah.

Selain satwa komodo yang mendunia, terdapat aneka spot wisata yang eksotis di sana, seperti pantai, perbukitan, dan padang savana. Wisatawan juga dapat menikmati penampakan golden sunset yang memesona.

Selama ini, para pengunjung memang sering memburu sensasi cahaya matahari terbenam di lima tempat favorit yang ada di sana.

Kelima tempat itu adalah Puncak Padar, Pulau Kalong, Bukit Menjaga, Pulau Kelor, dan Bukit Cinta.

Padahal masih ada satu spot yang jarang dikunjungi untuk menikmati panorama sunset. Tempat itu bernama Strawberry Rock yang merupakan gugusan karang raksasa berwarna merah muda di perairan Labuan Bajo.

Tempat itu ada di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam dialek setempat, Strawberry Rock atau Batu Strawberry disebut Nisa Purung. Nisa berarti pulau dan Purung adalah terbakar. Jadi, Nisa Purung memiliki arti pulau terbakar.

Seorang tour guide di Labuan Bajo Arie Putra mengatakan, gugusan karang itu dinamakan strawberry karena didominasi warna merah muda yang lazim pada buah stroberi.Seorang pengunjung sedang swafoto di atas Strawberry Rock. © Disediakan oleh Kompas.com Seorang pengunjung sedang swafoto di atas Strawberry Rock.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Strawberry Rock adalah sore hari. Paduan warna matahari senja yang kekuningan dan warna merah muda pada karang akan menambah efek romantis di tempat ini.

Para pengunjung juga dapat menikmati biasan golden sunset yang memukau di luasnya lautan. Terlihat pula pesona bebukitan dan Kampung Warloka yang elok.

Akses dan harga wisata Strawberry Rock

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini harus melalui jalur laut. Belum ada akses melalui jalur darat.

Dari pelabuhan Labuan Bajo, pengunjung dapat menggunakan kapal kayu dan speed boat menuju Pulau Rinca. Waktu tempuh dengan kapal kayu kurang lebih 1 jam. Wisatawan dapat menempuh waktu sekitar 25 menit jika menggunakan speed boat

Sampai di Pulau Rinca, para pengunjung membayar tiket di loket pembayaran. Harga tiket masuk ke Strawberry Rock adalah Rp 10.000.

Para pengunjung kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal kayu atau speed boat sekitar 10 menit menuju Strawberry Rock.

Setelah kapal atau speed boat disandarkan, para pengunjung berjalan kaki sekitar 5 menit ke puncak Strawberry Rock.

Perjalanan melewati jalur trekking yang masih alami. Belum dibuatkan tangga. Sehingga harus ekstra hati-hati.

sumber: kompas.com

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply