Tingkatkan Imunitas Hingga Obati Batuk, Resep Ramuan Daun Jeruk Purut

Manfaat jeruk purut dikenal sejak lama sebagai penambah aroma dan rasa masakan. Selain membuat sedap, ternyata jeruk purut menyimpan banyak manfaat lain bagi kesehatan. 

Salah satu manfaat dari jeruk purut adalah dapat meningkatkan sistem imunitas serta mengatasi influenza, batuk dan pilek. Hal tersebut diungkapkan oleh Ahli Herbal, Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, MSi, dalam program Hidup Sehat di tvOne.

“Jeruk purut termasuk daunnya mengandung senyawa antioksidan. Nantinya senyawa itu akan meningkatkan kinerja sistem imunitas. Menstimulasi dan meregulasi respon sel imunitas,” kata Tania, Senin 21 September 2020.

Untuk mengolah daun jeruk purut sebagai penambah imunitas dan mengatasi influenza juga terbilang mudah. Anda hanya perlu menyiapkan empat lembar daun jeruk purut dengan sereh dan jahe.

“Caranya daun jeruk purut empat lembar, lalu sereh dua batang digeprek dengan jahe 30 gram iris tipis. Rebus semua bahan dengan dua gelas air hingga mendidih,” jelas dia. 

Selain itu, Inggrid juga menyebut daun jeruk purut dapat mengatasi masalah peradangan. Sebab, dalam daun jeruk purut terdapat senyawa yang memiliki sifat anti peradangan dan nyeri. Senyawa ini berguna mengatasi peradangan, utamanya peradangan gusi.

“Untuk membuatnya, cukup siapkan 20 lembar daun jeruk purut lalu haluskan dan tambahkan minyak VCO aduk hingga menjadi pasta lalu oleskan di gusi,” kata dia.

sumber: viva.co.id

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply