Sejarah

Jika ditelusuri lebih jauh, rekam jejak sejarah Indonesia sangatlah kaya. Mulai dari zaman manusia purba – di mana fosil-fosil manusia purba banyak ditemukan di beberapa situs wilayah di nusantara, kerajaan-kerajaan kuno, masa penjajahan, hingga memperoleh kemerdekaan dan tetap menjadi negara kesatuan seperti saat ini. Meskipun proses yang dilalui sangatlah panjang, namun hal tersebut justru menorehkan sisi unik dan menarik dari negeri ini untuk diselami lebih dalam. Lantas, seperti apa ya sejarah Indonesia dari masa ke masa? Yuk, simak sama-sama!

Manusia Pertama di Indonesia

Penemuan fosil Homo Erectus atau yang lebih dikenal dengan “Manusia Jawa” di situs arkeologi Sangiran di Jawa Tengah, menunjukkan bahwa kepulauan di Indonesia sudah dihuni oleh manusia purba, setidaknya sejak 1,5 juta tahun yang lalu. Selain Homo Erectus, Homo Floresiensis atau yang disebut sebagai nenek moyang manusia modern juga ditemukan di Indonesia, tepatnya di Liang Bua, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Zaman Kerajaan

Selain sejarah purbanya, sejarah Indonesia juga sangat kaya berkat kisah-kisah kerajaan-kerajaan megah di masa lalu. Beberapa kerajaan besar yang pernah berjaya di Indonesia di antaranya adalah Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Mataram, dan Kerajaan Majapahit. Kerajaan maritim Sriwijaya di Sumatera Selatan memiliki pengaruh yang sangat kuat, di mana kerajaan ini berhasil menguasai laut Sumatera dan Selat Malaka dari abad ke-7 hingga ke-13. Selain itu, Kerajaan Sriwijaya juga merupakan ‘kiblat’ agama Buddha di Indonesia lho, Sobat Pesona. Pada masa dinasti Syailendra, tepatnya pada abad ke-8, Kerajaan Mataram yang banyak dipengaruhi Kerajaan Sriwijaya, mendirikan candi Buddha terbesar di Indonesia, yakni Candi Borobudur yang sampai saat ini kokoh berdiri.

Selain Sriwijaya dan Mataram, Kerajaan Majapahit di Jawa Timur juga memegang peran yang sangat penting dalam sejarah Indonesia. Pasalnya, Kerajaan Majapahit merupakan cikal bakal terbentuknya nusantara, di mana sebagian besar wilayah kepulauan nusantara, dulu sudah dikuasai oleh Majapahit. Selain tiga kerajaan besar, kerajaan/kesultanan kecil juga tumbuh subur di berbagai di nusantara, terutama setelah masuknya Islam pada abad ke-13, mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Ternate, hingga Maluku.

Era Kolonial di Indonesia

Menyusul kedatangan Marcopolo di Pulau Sumatera, negara-negara Eropa lainnya, seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris juga ikut mengirimkan pasukannya ke tanah air dengan maksud menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Pada tahun 1596, kapal Belanda pertama berlabuh di pantai Jawa Barat dan menjajah Indonesia selama tiga abad lamanya. 

Kemerdekaan Indonesia

Setelah melalui masa penjajahan dan masa penindasan oleh para penjajah, akhirnya bangsa Indonesia mulai giat melakukan pemberontakan. Pemuda dan pemudi di seluruh penjuru negeri kemudian bersumpah untuk “bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan menjunjung bahasa persatuan” yang termaktub dalam peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda tahun 1928.

Akhirnya, pada tanggal 17 Agustus 1945, setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, rakyat Indonesia kemudian mendeklarasikan kemerdekaannya diwakili oleh Soekarno dan Hatta. Tentu saja kemerdekaannya tak diberikan dengan mudah. Namun, setelah melewati berbagai pertempuran berdarah, pemerintah Belanda akhirnya mengalah dan mengakui secara resmi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1950.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar