10 Makanan Khas Lebaran, Mulai dari Opor Ayam hingga Sambal Goreng Hati

Perayaan Idul Fitri rasanya kurang lengkap tanpa menyajikan makanan khas lebaran. Selain saling bermaaf-maafan, berkumpul dan makan bersama keluarga sudah menjadi tradisi saat hari lebaran tiba. Biasanya makanan khas lebaran paling sering disajikan dan disantap yaitu ketupat dan opor ayam.

Tapi ternyata masih banyak lagi menu makanan khas lebaran lainnya yang bisa Anda coba untuk disajikan di hari nan fitri tersebut. Ada berbagai hidangan khas lebaran yang bisa Anda masak di rumah, mulai dari rendang, sambal goreng ati dan masih banyak lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak aneka menu makanan lebaran yang tidak boleh alpa disajikan saat hari raya.

1. Ketupat

Ketupat merupakan makanan wajib yang harus ada saat Idul Fitri. Lebaran kurang lengkap rasanya jika tidak menyantap ketupat. Makanan khas lebaran yang satu ini terbuat dari beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda, kemudian direbus sampai tanak. Ketupat biasanya disantap bersama dengan makanan lain seperti opor ayam, gulai, sayur labu siam atau rendang.

2. Rendang

10 Makanan Khas Lebaran, Mulai dari Opor Ayam hingga Sambal Goreng Hati

10 Makanan Khas Lebaran, Mulai dari Opor Ayam hingga Sambal Goreng Hati© Disediakan oleh Tempo.co

Rendang Bukittinggi. TEMPO/Febrianti

Makanan khas Padang ini memang terkenal dengan kelezatan yang tiada duanya. Bahkan rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Rendang sangat cocok disuguhkan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Rendang sendiri biasanya terbuat dari daging sapi, namun ada juga yang terbuat dari daging ayam. Rendang memiliki cita rasa yang kaya akan rempah karena terbuat dari banyak bumbu seperti serai, lengkuas, kunyit, jahe bawang, cabe dan santan.

3. Opor Ayam

Makanan khas lebaran di Indonesia lainnya yang bisa Anda masak untuk disajikan saat Idul Fitri ialah opor ayam. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar ayam yang dimasak bersama dengan santan dan rempah lain seperti kencur dan serai. Rasanya yang gurih dan lezat membuat opor ayam menjadi masakan favorit saat lebaran.

Opor ayam juga bisa divariasikan dengan berbagai macam bahan tambahan lain seperti telur, tahu atau tempe. Kelezatan opor semakin bertambah jika dinikmati dengan ketupat, bawang goreng dan kerupuk.

4. Sambal Goreng Hati

Menu sambal goreng hati sapi. shutterstock.com

Sambal goreng ati merupakan makanan pendamping yang biasa disajikan di hari lebaran. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan dipadukan dengan kentang, sambal dan hati ayam.

Rasanya yang lezat membuat makanan ini cocok sebagai sajian untuk melengkapi makanan utama. Sambal goreng ati akan cocok disantap bersama ketupat, opor dan rendang.

5. Lontong Sayur

Mungkin Anda sering makan lontong sayur di pagi hari saat akhir pekan. Makanan yang satu ini memang mudah ditemui di mana-mana karena banyak yang menjual. Namun tak ada salahnya untuk menyajikan lontong sayur sebagai makanan khas lebaran.

Lontong sayur identik dengan sayur yang berisi labu siam. Tapi ada juga lontong sayur Padang yang memiliki rasa identik khas masakan minang. Seperti namanya, lontong sayur cocok disantap dengan lontong atau ketupat.

6. Sate Ayam

Bagi sejumlah orang sate ayam juga menjadi hidangan yang wajib ada saat lebaran. Rasanya yang enak membuat sate ayam pas disajikan menjadi makanan khas lebaran. Tak hanya itu, cara membuat sate ayam pun sangat sederhana.

Sate ayam biasa disajikan dengan bumbu kacang yang legit dan gurih. Anda juga bisa mengganti daging ayam dengan daging kambing. Makanan yang satu ini pas untuk disantap bersama ketupat maupun nasi putih.

7. Semur

10 Makanan Khas Lebaran, Mulai dari Opor Ayam hingga Sambal Goreng Hati

10 Makanan Khas Lebaran, Mulai dari Opor Ayam hingga Sambal Goreng Hati© Disediakan oleh Tempo.co

Semur Telur Puyuh Tahu. bango.co.id

Untuk Anda pecinta masakan manis, semur wajib masuk dalam daftar menu makanan khas lebaran. Biasanya, semur dibuat dari bahan dasar daging sapi, namun juga bisa menggunakan daging ayam, tahu, telur atau tempe.

Biasanya, semur dimasak sebagai pengganti rendang. Rasanya yang manis gurih dijamin bisa menggugah selera makan. Cita rasanya yang lezat membuat semur dapat dihidangkan bersama dengan nasi uduk, nasi putih atau ketupat.

8. Soto

Soto merupakan masakan berkuah yang umumnya berisi irisan kol, bihun, ayam goreng, kentang goreng, dan tomat. Hidangan ini bisa menjadi alternatif makanan khas lebaran ketika bosan dengan opor atau rendang.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis soto yang cukup populer misalnya seperti soto Betawi, soto Bogor, soto Padang atau soto Lamongan. Agar lebih lezat saat menyantapnya, Anda bisa menambahkan telur, kecap manis, jeruk nipis dan sambal.

9. Gulai Daun Singkong

Jika Anda jenuh dengan masakan berbahan dasar daging, gulai sayur mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Gulai sayur merupakan makanan yang terbuat dari daun singkong yang dimasak bersama dengan bumbu rempah dan santan. Rasanya yang lezat membuat masakan ini cocok disantap di hari lebaran.

Meski begitu, Anda juga bisa membuat gulai dari daging seperti ayam atau sapi. Sensasi kuah santan yang nikmat dan segar berpadu dengan daging menjadikan gulai sangat pas dimakan bersama dengan keluarga. Dijamin momen lebaran menjadi lebih menyenangkan

10. Serundeng Daging

Olahan daging yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan sebagai sajian khas Idul Fitri. Serundeng daging adalah masakan berbahan dasar daging sapi yang dimasak dengan parutan kelapa dengan cita rasa manis yang khas. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi hangat dan kuah soto atau rawon.

RIZKI DEWI AYU

Sumber: tempo.co

Author: Bang Ido

I like travel

Tinggalkan komentar