10 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicicipi saat Liburan

 Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan dalam negeri dan internasional. Nama salah satu pulau di kawasan Nusa Tenggara Barat ini semakin populer usai perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Selain menawarkan keindahan alam, Lombok juga mempunyai beberapa makanan khas yang tidak dapat dijumpai di daerah lain. Makanan-makanan ini dalam bentuk makanan ringan, makanan pelengkap, hingga makanan utama.

Daftar Makanan Khas Lombok

Dilansir dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat serta Wonderful Indonesia, berikut 10 makanan khas Lombok yang wajib dicoba:

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan makanan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Akan tetapi, makanan ini juga mudah dijumpai di sekitaran Kota Mataram, Lombok. Ayam Taliwang mempunyai cita rasa kuat yang berasal dari perpaduan banyak rempah dan umumnya disajikan dengan plecing kangkung.

2. Gecak Sape

Gecak Sape adalah makanan tradisional Nusa Tenggara Barat yang sering disajikan di acara-acara selamatan. Masakan ini memiliki rasa gurih karena menggunakan santan dan kelapa sangrai. Bahan baku utamanya adalah jeroan sapi yang direbus dan menggunakan banyak rempah, seperti kemiri dan cengkih.

3. Manuk Dang

Berbahan dasar ayam yang perutnya diisi dengan bumbu-bumbu, membuat Manuk Dang menjadi makanan yang kaya rasa.

Masakan yang biasanya muncul saat acara khusus atau acara keagamaan ini dimasak dengan cara dikukus. Selain memiliki rasa gurih, Manuk Dang juga akan disukai penyuka makanan pedas karena menggunakan cabai rawit sebagai salah satu bahan wajibnya.

4. Nasi Balap Puyung

Dijuluki sebagai surganya kuliner pedas, Lombok memiliki sajian makanan khas yang siap menggoyang lidah, salah satunya Nasi Balap Puyung. Rumah makan Nasi Balap Puyung yang digadang-gadang pertama kali ada di Lombok, yakni milik Inaq (Ibu) Esun. Makanan ini terdiri dari nasi, suwiran sambal ayam kering, kedelai goreng, dan sambal.

5. Sambal Beberuk Terung

Salah satu makanan khas Lombok yang wajib dicicipi adalah Beberuk Terung. Sambal ini terdiri dari sayur-sayuran segar, seperti potongan terung bulat, kacang panjang, tomat, dan siraman sambal cabai merah yang pedas. Sambal Beberuk Terung sangat pas disantap bersama Ayam Taliwang atau hidangan laut.

6. Sate Bulayak

Sate Bulayak merupakan sate yang terbuat daging sapi yang dilumuri bumbu khas dan disajikan bersama lontong. Bulayak sendiri adalah sebutan untuk lontong yang dibungkus dengan daun aren berbentuk memanjang seperti spiral, sehingga harus diputar untuk membukanya. Dengan kata lain, bulayak adalah nama lain dari lontong bagi masyarakat Lombok.

7. Sate Pusut

Sate Pusut dibuat dengan cara melilitkan daging giling pada tusuk sate yang dibelah dua di bagian ujungnya. Sate Pusut memiliki aroma khas yang gurih perpaduan bawang putih dan parutan kelapa. Sate khas Lombok ini wajib hadir saat hari-hari besar dan pesta rakyat.

8. Sate Rembiga

Salah satu makanan lokal yang kerap diburu wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Lombok adalah Sate Rembiga. Sate dengan bumbu gurih dan kaya rempah ini memiliki rasa yang berbeda dibandingkan Sate Madura atau sate berbumbu kacang lainnya. Sate ini biasanya dinikmati dengan lontong atau nasi.

9. Sayur Ares

Sayur Ares merupakan makanan khas yang berbahan baku utama berupa pelepah atau kedebong pisang muda. Sayur ini dimasak menggunakan santan dan sedikit potongan daging sapi yang dibumbui rempah-rempah. Masakan ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang sering disajikan saat peringatan maulid Nabi Muhammad, acara pernikahan, khitanan, dan acara besar lainnya.

10. Tambecca

Tambecca termasuk makanan khas Lombok yang wajib dicicipi oleh wisatawan yang berkunjung. Tambecca dibuat dari campuran daging sapi bagian sandung lamur dan iga yang dipotong dadu. Daging sapi itu kemudian direbus hingga empuk dan dimasak bersama bumbu. Masakan ini memiliki tampilan seperti gulai.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar