10 Oleh-Oleh Khas Danau Toba yang Wajib Dibawa Pulang

Berkunjung ke Danau Toba tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas untuk keluarga dan teman. Berikut 10 rekomendasi oleh-oleh terbaik dari Danau Toba:

1. Andaliman: Bumbu khas Batak ini wajib dicoba! Rasanya yang pedas, asam, dan sedikit getir cocok untuk berbagai masakan, seperti sambal, sup, dan nasi goreng. Andaliman mudah ditemukan di pasar tradisional dengan harga terjangkau.

2. Minuman Beralkohol: Danau Toba terkenal dengan berbagai minuman beralkohol khas, seperti wine mangga, arak beras, dan tuak. Wine mangga dari Ratna Samosir patut dicoba karena memiliki rasa yang unik dan khas.

3. Kopi: Kopi dari daerah sekitar Danau Toba, seperti Sidikalang, Lintong, Karo, dan Samosir, terkenal dengan aroma dan rasanya yang istimewa. Anda bisa membeli kopi bubuk kiloan di pasar tradisional atau biji kopi yang sudah disangrai di toko-toko kopi lokal.

4. Kaos dan Kerajinan Tangan: Batikta di Balige adalah tempat yang tepat untuk membeli kaos unik dengan desain khas Batak. Anda juga bisa menemukan berbagai kerajinan tangan seperti ulos, patung kayu, dan tas anyaman di berbagai toko souvenir.

5. Ulos: Ulos adalah kain tradisional Batak yang memiliki nilai budaya tinggi. Ulos tersedia dalam berbagai ukuran dan motif, dan bisa dijadikan sebagai syal, hiasan dinding, atau bahkan bahan pakaian.

6. Durian: Durian asal Toba terkenal dengan rasanya yang lezat dan aromanya yang kuat. Pilihlah durian yang matang sempurna dan kemas dalam wadah kedap udara untuk dibawa pulang.

7. Ikan Asin: Ikan asin merupakan salah satu makanan khas Sumatera Utara yang banyak digemari. Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan asin di pasar tradisional, seperti teri nasi, pare, dan kepala batu.

8. Sasagun dan Tipa-Tipa: Sasagun adalah camilan tradisional Batak yang terbuat dari tepung beras dan gula, sedangkan tipa-tipa terbuat dari beras muda yang ditumbuk dan dipanggang. Kedua makanan ini kini dikemas dengan praktis dan modern, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

9. Bolu Gulung: Bolu gulung HOGA dari Parapat dan BOAN dari Balige adalah dua toko bolu gulung terkenal di Danau Toba. Bolu gulung ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

10. Mangga Toba: Mangga Toba memiliki rasa yang manis dan aromanya yang khas. Mangga ini sebaiknya dibeli saat masih belum matang agar tahan lama selama perjalanan pulang.

Tips:

  • Saat membeli oleh-oleh, jangan lupa untuk menawar harga.
  • Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup, karena tidak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu.
  • Kemaslah oleh-oleh dengan baik agar tidak rusak selama perjalanan.

Semoga informasi ini membantu Anda memilih oleh-oleh terbaik dari Danau Toba!

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar