10 Rahasia Penting Hotel yang Jarang Diketahui, Simak agar Tidak Rugi

Menginap di hotel adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi banyak orang lantaran bisa merasakan pengalaman tidur yang berbeda.  Namun bisa jadi sebagian besar tamu tidak mengetahui rahasia-rahasia tersembunyi di hotel yang sebenarnya bisa dikatakan merugikan atau berbahaya.  Kali ini Kompas.com telah merangkum berbagai rahasia hotel yang penting untuk diketahui agar tamu menjadi lebih berhati-hati, dikutip dari Brightside, Minggu (26/12/2021).

 

  1. Kamar sama dengan harga berbeda

Perlu diingat sebelum memesan kamar hotel, perhatikan harganya di setiap aplikasi pemesanan dulu. Bisa jadi di berbagai situs web pemesanan atau aplikasi, harga yang ditawarkan berbeda.  Selain itu, harga kamar kosong terakhir sebenarnya lebih murah. Namun, pihak hotel tidak ingin menunjukkan harga tersebut kepada publik.  Itu karena selalu ada kemungkinan seseorang akan memesan kamar dengan harga maksimal pada saat-saat terakhir. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email  Oleh karena itu, kamar ditampilkan di situs pemesanan biasanya harganya bisa berubah menjadi rendah setelah pembayaran.

 

  1. Pesan kamar di malam hari agar lebih murah

Melakukan pemesanan kamar setelah pukul 18:00 WIB menjadi lebih murah daripada di pagi hari. Ingat supaya memilih waktu yang tepat daripada terburu-buru memesan, demi mendapat harga miring.

 

  1. Tawar harga langsung ke hotel Tamu juga bisa mencoba menawar saat memesan kamar. Hotel membayar sistem reservasi hingga 30 persen dalam biaya komisi.  Jadi jika menelepon langsung ke hotel, tamu bisa mendapatkan diskon yang signifikan, terutama jika itu bukan penginapan jaringan, tetapi hotel kecil.

 

Ilustrasi hotel.

Ilustrasi kamar hotel.(PEXELS/PHOTOMIX COMPANY)

 

  1. Hotel punya layanan gratis

Ketika check-in, tanyakan tentang layanan gratis yang bisa didapatkan selama menginap. Hotel sering menyediakan air minum kemasan, setrika dan penata rambut, pengisi daya telepon, juga permainan papan untuk tamu mereka.

Beberapa hotel mewah bisa memberikan taksi gratis, memesan tiket konser atau meja di restoran, membangunkan pada waktu yang tepat, menelepon dokter, atau bahkan membawakan sarapan panas langsung ke kamar.

 

  1. Pihak hotel bisa pindahkan tamu tanpa persetujuan

Terkadang hotel sering mengizinkan orang memesan lebih banyak kamar daripada yang tersedia.  Hal tersebut dilakukan agar saat ada yang membatalkan sewa mereka tidak akan rugi. Sayangnya jika seluruh kamar penuh, tamu bisa dipindahkan ke hotel lain.  Jika diminta pindah ke hotel lain, tamu berhak meminta kamar dengan kelas yang lebih tinggi atau layanan tambahan, misalnya adalah tur gratis. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

 

  1. Hotel tak selalu bersih

Tentunya kalian bukan tamu pertama yang menginap hotel, jadi alangkah baiknya periksa kebersihan barang-barang yang ada di kamar lebih dulu.   Perhatikan selimut hotel apakah bersih, kemudian lebih baik minum dari air kemasan daripada gelas yang disediakan.  Piring di kamar dan gelas belum tentu bersih karena biasanya hanya dibersihkan dengan cara dibilas di wastafel.

 

  1. Kamar tidak sama

Biasanya resepsionis hotel sering mengatakan bahwa “semua kamar kami sama”. Namun, ingat bahwa perkataan mereka tak 100 persen benar.  Penulis yang sudah bekerja di bisnis hotel selama bertahun-tahun bernama Jacob Tomsky menulis tentang rahasia hotel dan menyebut bahwa beberapa kamar pasti berbeda.
“Kamarnya berbeda, pemandangannya lebih indah, kamar mandinya lebih baik, atau televisinya lebih baik, dan kamar sudutnya lebih bagus, lebih luas,” kata Tomsky.

Ia pun menyarankan untuk tidak ragu memberikan tips kepada resepsionis agar mendapat kamar yang lebih baik, serta banyak bonus, seperti check-out lebih lambat, film gratis, atau minibar gratis.

 

  1. Jangan minta rekomendasi tempat sarapan

Saat ingin mencari tempat sarapan terbaik usahakan jangan bertanya kepada di administrator hotel.  Petugas-petugas itu akan memberitahu tempat makan yang membayar mereka bila merekomendasikannya kepada tamu hotel.  Biasanya makanan di sana belum tentu enak, tetapi yang pasti harganya bisa menjadi lebih mahal daripada seharusnya.   Lebih baik tanya ke orang lain atau mencari tahu lebih dulu dari internet dan perhatikan ulasan dari pengujung. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

 

  1. Mengeluh itu menguntungkan

Jika ada kesempatan, mengeluh soal tetangga yang bising atau kurangnya layanan dapat bermanfaat.  Hotel tidak ingin menurunkan peringkatnya karena ulasan negatif, sehingga mereka dapat menawarkan layanan atau diskon tambahan.

Berbicaralah dengan sopan, tanyakan siapa sebenarnya yang akan bertanggung jawab atas masalah tersebut dan panggil administrator dengan namanya.

 

  1. Brankas mini tidak aman

Brankas mini di kamar tidak diasuransikan terhadap pencurian. Jadi jika memiliki barang yang sangat berharga, mintalah resepsionis untuk menyimpannya.  Di hotel, biasanya ada di brankas khusus yang bisa digunakan dan tamu bisa menyimpan barang berharga di sana.  Brankas ini biasanya diasuransikan, sehingga lebih aman dibanding dengan brankas yang ada di kamar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “10 Rahasia Penting Hotel yang Jarang Diketahui, Simak agar Tidak Rugi”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2021/12/26/112339327/10-rahasia-penting-hotel-yang-jarang-diketahui-simak-agar-tidak-rugi?page=3.
Penulis : Desi Intan Sari
Editor : Anggara Wikan Prasetya

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply