10 Situs Warisan Dunia yang Paling Banyak Dikunjungi

 Situs warisan dunia UNESCO merupakan suatu tempat budaya dan alam, serta benda yang berarti bagi umat manusia. Aset ini akan menjadi warisan untuk generasi berikutnya.

Situs warisan ini tidak hanya menjadi bukti pencapaian manusia, tapi juga menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. Berikut ini beberapa tempat yang menjadi situs warisan UNESCO yang terus dikunjungi wisatawan di seluruh dunia.

1. Acropolis, Yunani

Acropolis adalah simbol arsitektur dan peradaban Yunani klasik. Di dalamnya terdapat bagi bangunan ikonik seperti Parthenon. Biasanya situs ini dikunjungi wistawan yang ingin menyaksikan tempat lahirnya demokrasi dan penggemar sejarah.

2. Tembok Besar Cina

Tembok besar cina panjangnya mencapai 21,196 kilometer. Bangunan ini untuk melindungi dari invasi. Setiap tahunnay menarik jutaan wisatawan yang mengagumi kemegahan kuno dan pemandangan panoramanya.

3. Coloseum, Italia

Coloseum menjadi bukti teknik dan hiburan Romawi. Amfiteater ikonik ini menjadi tempat gladiator pernah bertarung. Selain itu sebagai simbol keagungan dan kehebatan artistektu Romawi kuno.

4. Taj Mahal, India

Jutaan wisatawan berduyung-duyun mengunjungi simbol cinta abadi ini. Arsitekturnya memiliki kombinasi ritmis antara benda padat dan rongga, cekung dan cembung serta bayangan terang. Lengkungan dan kubah menambah estetika bangunan yang di bangun kaisar Mughal kelima.

5. Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza, termasuk Piramida Besar Khufu, adalah simbol abadi peradaban Mesir kuno. Bangunan kolosal dengan konstruksi misterius dan makna sejarahnya tetap menjadi daya tarik wisatawan di seluruh dunia.

6. Angkor Wat, Kamboja

Simbol Kamboja dan keajabian arsitektur Khmer ini merupakan monumen keagamaan terbesar di dunia. Penggemar sejarah akan tertarik mengunjungi kompleks candi yang dikelilingi oleh tanaman hijau subur, serta menampilkan ukiran yang rumit.

7. Patung Liberty, Amerika Serikat

Patung Liberty menjadi simbol kebebasan dan demokrasi. Bangunan ikonik ini dibuat oleh pematung Prancis, Bartholdi, bekerja sama dengan Gustave Eiffel di Paris. Patung ini diberikan Prancis sebagai hadiah peringatan seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat. Diresmikan pada tahun 1886, patung ini berdiri di pintu masuk Pelabuhan New York dan telah menyambut jutaan imigran ke Amerika Serikat sejak saat itu.

8. Kota Vatikan

Situs warisan dunia ini menyambut jutaan peziarah dan penggemar seni setiap tahunnya. Negara merdeka terkecil di dunia, menjadi rumah karya seni, sejarah, dan spiritualitas. Di dalamnya terdapat St. Basilika Santo Petrus dan Kapel Sistina.

9. Gedung Opera Sydney, Australia

Gedung Opera House Sydney merupakan mahakarya arsitektur yang menghiasi tepi Pelabuhan Sydney dengan anggun. Struktur khasnya yang mirip layar, kerap menjadi tempat pertunjukan kelas dunia. Jutaan pengunjung yang dapat mengagumi desain dan makna budayanya.

10. Stonehenge, Inggris Raya

Stonehenge, sebuah monumen prasejarah di Dataran Salisbury, Inggris diselimuti misteri dan intrik. Wisatawan berbondong-bondong menyaksikan batu berdiri kuno yang sejajar dengan gerakan langit, berspekulasi tentang tujuan dan pentingnya situs UNESCO ini.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar