10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Ada sejumlah tempat wisata di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kalimantan Timur.

Adapun Balikpapan dikenal sebagai salah satu pusat bisnis dan industri di Pulau Kalimantan.

Dijuluki dengan kota minyak karena banyak perusahaan minyak, wisata di Balikpapan juga menarik wisatawan domestik, bahkan Internasional.

Berikut ini 10 tempat wisata di Balikpapan yang dapag kamu kunjungi:

1. Taman Bekapai

Taman Bekapai terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota.

Tempat yang sering dijadikan tongkrongan anak muda di Balikpapan ini juga kerap dikunjungi keluarga bersama anak kecil atau orang lanjut usia.

Taman Bekapai di Balikpapan, Kalimantan Timur ini adalah salah satu ruang publik yang menarik bagi warga, Kamis (25/10/2012).

Taman Bekapai di Balikpapan, Kalimantan Timur ini adalah salah satu ruang publik yang menarik bagi warga, Kamis (25/10/2012).

Taman Bekapai merupakan ikon kebanggaan Kota Balikpapan yang berada di pusat kota, memiliki monumen perunggu berbentuk abstrak yang mengeluarkan air mancur dari dalam.

Pemandangan air mancur menarik dilihat pada malam hari yang dilengkapi dengan bantuan cahaya.

Taman ini punya banyak pepohonan yang rindang dan bangak bangku untuk bersantai sambil menikmati udara sejuk.

Di sekitarnya, terdapat penjual makanan dan minuman yang bisa kamu nikmati.

Taman Bekapai dekat dengan pusat Kota Balikpapan, haraknya hanya sekitar 6 kilometer (km) dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat lebih kurang 20 menit.

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru terletak di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Kelurahan Lamaru, Balikpapan, merupakan salah satu pantai yang populer di Kota Balikpapan.

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Pantai ini memiliki kondisi ombak yang tidak terlalu besar dan bibir pantai yang landai, sehingga sangat cocok menjadi tujuan saat berwisata keluarga, terutama yang membawa anak-anak.

Jika pantai lain banyak ditumbuhi pohon kelapa, berbeda dengan pantai ini. Jika berkunjung ke salah satu tempat wisata di Balikpapan ini, kamu bakal menemui pohon-pohon cemara yang rimbun dan hijau.

Tersedia berbagai fasilitas seperti warung makan, toko suvenir, dan tempat penyewaan seperti ban, kapal bebek, banana boatgolf car untuk berkeliling pantai.

Jika ingin menambah pengetahuan sejarah, kamu bisa mampir ke makam tentara Jepang yang tewas saat perang dunia ke-II dan dijadikan sebagai Cagar Budaya di sana.

Jarak pantai ini dengan pusat Kota Balikpapan adalah 27 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

3. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru terletak di Jalan Rawamangun, Kelurahan Lamaru, menawarkan air danau jernih yang dengan indah memantulkan pepohonan disekitar.

Destinasi ini dapat dikunjungi setiap hari dan tanpa dipungut biaya.

Danau dengan pemandangan menakjubkan ini ternyata merupakan danau buatan yang secara tidak sengaja terbentuk dari proyek lapangan tembak untuk tempat latihan TNI/Polri dan atlet.

Air Danau Cermin Lamaru yang semula cekungan sedalam 10 meter, terisi air dari bawah tanah.

Meski bersih dan jernih, air danau tidak dapat dikonsumsi karena mengandung kadar asam tinggi dari tanah liat dan batu bara.

Danau Cermin Lamaru wajib dikunjungi jika kamu mencari tempat wisata di Balikpapan. Pengunjung bisa naik perahu kecil untuk berkeliling danau.

Akses menuju Danau Cermin Lamaru masih sulit, tetapi masih dapat dilalui kendaraan pribadi atau umum. Jaraknya sekitar 22 km dari pusat Kota Balikpapan dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit

4. Pantai Melawai

Berlokasi tak jauh dari pusat kota, Pantai Melawai terletak di Jalan Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan.

Pantai yang menjadi tongkrongan anak muda Balikpapan ini dibatasi batu karang dan tembok beton.

Batas ini memisahkan perairan dan kehidupan kota yang dihiasi gedung perkantoran, hotel, kafe, bank, dan arena olahraga.

Pantai Melawai di Balikpapan.

Pantai Melawai di Balikpapan.

Pada sore hari, tampak panorama sunset. Terlihat pula Pulau Tukung yang terdapat banyak bulu babi.

Pengunjung bahkan dapat mencapainya dengan jalan kaki saat air surut.

Pada malam hari, pantai dihiasi lampu-lampu kapal di atas laut yang menjadi daya tarik wisatawan dari pantai ini.

 

Pilihan tempat wisata cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan malam sambil menikmati hidangan di kafe sekitar pantai.

Untuk mencapai Pantai Melawai pengunjung dapat melalui jalur darat. Bila memulai perjalanan dari pusat Kota Balikpapan, jaraknya adalah 8,9 km dengan waktu sekitar 20 menit.

5. Pantai Serumpun

Pantai Serumpun terletak di Jalan Mulawarman, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur.

Pantai ini masih jarang diketahui, sehingga masih asri dan bersih dari sampah.

Pantai Serumpun di Balikpapan.

Pantai Serumpun di Balikpapan.

Karena ditumbuhi pohon di sekitar pantai dan berada di area lepas pantai, tempat ini memiliki kesan menarik lebih saat matahari terbit.

Pantai Serumpun biasa dikunjungi penggiat alam, juga dijadikan tempat berkemah dengan ditemani langit malam bertabur bintang yang berkilau.

Dari pusat Kota Balikpapan, jaraknya adalah sekitar 26 km dengan waktu tempuh lebih kurang satu jam.

Pantai ini dapat dicapai melalui jalur darat dengan motor atau mobil. Namun, akses jalannya sedikit sulit karena berupa tanah dan hanya dapat dilalui satu mobil.

6. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari terletak di Jalan Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur dan sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Pantai dengan pasir berwana kecoklatan ini memiliki ombak yang kecil, sehingga pengunjung bisa berenang atau mencoba jetski dan baba boat.

Pengunjung juga bisa bermain bola atau voli disana.

Pantai Manggar Segarasari berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Balikpapan dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit.

7. Bukit Bangkirai

Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, merupakan tempat konservasi hutan sejak 1998.

Kawasan ini memiliki luas 1.500 hektar, memiliki sekitar 2.800 flora dan fauna, dan didominasi pepohonan.

Salah satunya adalah bangkirai atau meranti merah yang merupakan jenis tanaman besar di Indonesia.

 

Wisatawan melintasi Canopy Bridge, hutan konservasi dan wisata alam Bukit Bangkirai di kawasan ibu kota negara baru, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Wisatawan melintasi Canopy Bridge, hutan konservasi dan wisata alam Bukit Bangkirai di kawasan ibu kota negara baru, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Pengunjung bisa uji nyali di canopy bridge, jembatan yang menghubungkan lima pohon bangkirai dengan ketinggian 30 meter.

Berada cukup jauh dari pusat Kota Balikpapan, Bukit Bangkirai dapat dicapai melalui jalur darat dengan jarak tempuh 40 km dalam waktu sekitar 1 jam 20 menit.

8. Bukit Batu Dinding

Bukit Batu Dinding terletak di Jalan Soekarno-Hatta Kilometer 45, Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, merupakan batuan karst sepanjang 150 meter dengan tinggi 125 meter.

Bukit Batu Dinding menawarkan pemandangan hutan yang asri dan sejuk, juga pengalaman menegangkan diatas bukit yang dikelilingi oleh hutan.

Pengunjung biasanya datang untuk menikmati pesona matahari terbit dan terbenam.

Akses jalan menuju Bukit Batu Dinding tergolong cukup sulit dan agak licin, apalagi harus mendaki, sehingga pengunjung yang ingin datang harus memastikan bahwa kondisi tubuh prima.

Dari pusat Kota Balikpapan, jarak ke Bukit Batu Dinding adalah 47 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit.

 

9. Kampung Atas Air

Kampung Atas Air, seluas 6,7 hektar ini berada di atas permukaan air laut, tepatnya di Jalan Sepaku, Desa Baru Tengah, Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat.

Di kampung ini, pengunjung dapat melihat bakau atau keindahan kampung dari jembatan beton belakang kampung, berenang, atau sekadar berkeliling kampung sambil menyaksikan panorama matahari terbenam yang menakjubkan.

Suasana di Kampung Atas Air, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (10/12/2016). Kampung yang dulu kumuh ini sekarang menjadi kampung yang cukup asri, dan menyabet sejumlah penghargaan nasional.

Suasana di Kampung Atas Air, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (10/12/2016). Kampung yang dulu kumuh ini sekarang menjadi kampung yang cukup asri, dan menyabet sejumlah penghargaan nasional.

Dekat dengan jembatan beton, terdapat gazebo yang digunakan warga kampung untuk berjualan. Pengunjung bisa melakukan wisata kuliner di sini.

Kampung Atas Air berlokasi sangat dekat dari pusat Kota Balikpapan, yaitu berjarak sekitar 5 km dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit.

10. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra berada di pusat kota dekat Gelora Patra tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota.

Pantai ini memiki tumpukan batu alami di sekitar pantai yang berfungsi untuk menahan abrasi.

Salah satu tempat wisata di Balikpapan ini cukup populer dan ramai dikunjungi lantatan mudah dijangkau dan sudah memiliki fasilitas seperti hotel dan rumah makan disekitar pantai.

Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan ombak yang tenang bergandeng dengan pemandangan yang indah. Pesona sunset dapat ditemui di Pantai Banua Patra.

Jarak pantai ini kurang dai 5 km dari pusat Kota Balikpapan dengan waktu kurang lebih 20 menit.

sumber: kompas.com

Author: Bang Ido

I like travel

Leave a Reply