10 Wisata Dekat Bandara Kertajati Majalengka yang Menarik Dikunjungi

Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) atau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, resmi beroperasi penuh pada Ahad, 29 Oktober 2023. Bandara ini mengambil alih sebagian layanan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Dengan adanya Bandara Kertajati ini diharapkan banyak pengunjung yang akan menjelajahi keindahan Jawa Barat.

Di Majalengka pun terdapat banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Jadi jika mengunjungi Jawa Barat lewat Bandara Kertajati, wisatawan bisa singgah ke tempat-tempat ini. Jarak tempuhnya hanya sekitar 50 menit sampai satu jam.

Berikut 10 wisata Majalengka dekat Bandara Kertajati yang menarik dikunjungi.

1. Cadas Gantung

Cadas Gantung merupakan wisata diatas bukit yang memanjakan mata dengan pemandangan alam. Tempat ini menjadi salah satu spot yang instagramable di Majalengka. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 10.000 per orang, dan buka setiap hari pada pukul 9.00-17.00 WIB. Alamatnya di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Tempat ini bisa ditempuh selama 58 menit berkendara dari Bandara Kertajati.

2. Jembar Water Park

JIka ingin bermain di wahana permainan air, Jembar Water Park bisa jadi pilihan. Tempat ini memiliki kolam renang yang luas serta memiliki seluncur yang berkelok. Wahana kolam renang ini menawarkan konsep seperti zaman purbakala, terdapat patung-patung dinosaurus dan burung-burung zaman purbakala yang mendominasi setiap sudut kolam renang. Kolam yang tersedia cukup lengkap yakni dari anak-anak sampai dewasa.

Harga tiket masuknya mulai dari Rp 25.000 – Rp 30.000, dan buka setiap hari mulai pukul 8.00 – 16.00 WIB. Lokasinya berada di Desa Ranji Wetan, Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, atau 56 menit berkendara dari Bandara Kertajati.

3. Situ Cipanten

Wisata air ini luasnya mencapai kurang lebih 1 hektare yang memfungsikan wilayahnya menjadi suatu perairan dan perikanan, ada air danau yang jernih serta ratusan ikan warna-warni. Pemandangan pohon-pohon yang khas hutan Situ Cipanten dikenal sebagai salah satu hal yang indah dan udaranya segar untuk menenangkan diri. Harga tiketnya mulai dari Rp 10.000 per orang, buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB. Lokasinya berada di Jl. Gn. Kuning – Sindang, Gn. Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

4. Aryakibansland

Aryakibansland sering dikunjungi wisatawan bersama keluarga. Daya tarik wisata ini adalah kolam renang anak dan juga dewasa, kolam terapi ikan, dan River Tubing dengan biaya tambahan sekitar Rp 35.000/orang. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 5.000 – Rp 7.000, dan Rp 3.000 per kendaraan. Tempat ini dibuka setiap hari pukul 8.00 – 16.00 WIB. Lokasinya berada di Desa Rajagaluh Kidul, Majalengka, Jawa Barat, kurang lebih satu jam dari Bandara Kertajati.

5. Telaga Herang

Telaga Herang jadi pilihan untuk mengilangkan penat sambil melihat kolam jernih lainnya yang terdapat banyak ikan-ikan. Pengunjung juga dapat berenang bersama ikan-ikan di telaga ini. Namun sebelum sampai di tempat tujuan, wisatawan harus menyusuri jalan yang tidak terlalu luas. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 5.000 per orang, dan buka setiap hari pukul 6.00-17.00 WIB. Lokasinya berada di Padaherang, Kec. Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, atau kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

6. Ciboer Pass

Ciboer menawarkan pemandangan sawah terasering yang hijau berlatar Gunung Ciremai. Terdapat jalan lurus menuju arah permukiman warga yang biasanya dijadikan tempat bersepeda atau sekadar jalan kaki oleh pengunjung yang ingin merasakan kesejukan angin desa di ketinggian 565 mdpl. Tempat ini semakin populer karena saat ini fasilitasnya semakin lengkap dengan adanya tempat makan dan spot foto yang menarik. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 5.000 per orang, dan buka setiap hari pukul 8.00-21.00 WIB. Lokasinya berada di Desa Bantaragung, Kecamatan. Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, atau setara dengan kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

7. Cikadongdong River Tubing

Wisata Cikadongdong River Tubing menawarkan pengalaman memacu adrenalin dari river tubing di sungai jernih dan berarus deras dari Gunung Ciremai sepanjang 350 meter. Pemandangannya berupa bebatuan yang indah pada sisi kanan dan kiri sungai ini. Harga tiketnya mulai dari Rp 30.000 per orang, dan buka setiap hari pukul 9.00 – 16.30 WIB. Lokasinya berada di Jl. Desa Payung, Teja, Kec. Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472, kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

8. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy merupakan tempat untuk berendam dan berenang di kolam air terjun yang jernih. Untuk tiba ke sana, wisatawan harus trekking sejauh 300 meter karena terdapat di Gunung Ciremai. Lokasinya berada di Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, atau kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

9. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem merupakan sebuah danau yang luas dan airnya yang jernih dan nampak biru kehijauan. Air yang jernih membuat ikan-ikan terlihat jelas. Di sekitar danau juga terdapat pepohonan yang rimbun yang menambah kesejukan danau ini.

Di danau ini, pengunjung dapat berenang bersama ikan, atau sekadar ingin memberi makan ikan dan menaiki perahu mengitari danau ini. Tersedia beberapa spot foto instagrammable seperti ayunan di tepi sungai yang menjadi favorit pengunjung. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 15.000, dan akan ada biaya tambahan untuk biaya parkir. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 7.00 – 17.00 WIB. Lokasinya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

10. Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi berada di dalam gua yang menawarkan pemandangan embun pelangi dari cahaya matahari melalui celah di tebing-tebing batu. Curug ini dijuluki sebagai Exotic Sundaland karena keindahannya. Disarankan datang pada Agustus dan September antara jam 8 hingga jam 10 pagi untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 15.000 per orang, dan buka setiap hari pada pukul 8.00-16.00 WIB. Lokasinya berada di Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar