11 Rekomendasi Wisata di Magelang, dari yang Populer dan Terbaru

 Magelang menjadi tujuan wisata yang memikat hati. Kota ini terkenal karena keindahan alamnya, berbagai tempat bersejarah, dan kebudayaan yang kaya.

Sayangnya, karena terletak di tengah pulau Jawa, tidak ada wisata pantai yang dapat kunjungi. Namun jangan bersedih, Magelang menawarkan pengalaman wisata, mulai dari situs bersejarah hingga destinasi alam yang menakjubkan.

Berikut 11 rekomendasi wisata yang dirangkum Tempo.

1. Candi Borobudur

Tidak ada yang bisa mengalahkan ketenaran Candi Borobudur sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya. Candi Buddha ini adalah situs warisan dunia UNESCO dan salah satu ikon terbesar di Indonesia. Borobudur dibangun pada abad ke-9 oleh wangsa Sailendra dan merupakan salah satu keajaiban dunia modern. Wisatawan dapat menjelajahi kompleks candi ini dan menikmati pemandangan matahari terbit yang spektakuler dari atas.

2. Candi Mendut

Ini adalah situs bersejarah yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Jalan Mayor Kusen, Desa Mendut, Mungkid, Magelang. Candi Mendut memiliki arsitektur indah dan menampung tiga patung Buddha yang mengesankan. Candi Mendut jadi pilihan yang bagus untuk mendalami sejarah dan kebudayaan Buddha.

3. Candi Pawon

Candi Pawon adalah candi kecil dan berada di dekat Candi Borobudur. Meskipun lebih kecil daripada Candi Borobudur, candi ini memiliki pesona sendiri. Wisatawan dapat menikmati arsitektur yang indah di sekitar candi ini. Selain itu, terdapat banyak relief yang menarik, seperti di dinding utara dan selatan terdapat relief Kinara dan Kinari (burung berkepala manusia), Kuwera (Dewa Kekayaan), dan sebagainya.

4. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah wisata alam berupa bukit yang menawarkan pemandangan spektakuler Candi Borobudur dan Gunung Merapi. Pemandangan matahari terbit dari bukit ini sangat terkenal, sehingga banyak pengunjung datang untuk menyaksikannya. Apabila ingin menikmati sunrise, wisatawan harus datang sebelum pukul 5 pagi. Terdapat gazebo, rumah panggung, dan kursi-kursi kayu untuk beristirahat.

5. Taman Rekreasi Kyai Langgeng

Taman Rekreasi Kyai Langgeng adalah destinasi sempurna untuk keluarga. Tempat ini memiliki taman bermain, taman bunga, dan berbagai wahana seru. Ini adalah tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak-anak. Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas wisata, seperti wahana gratis, parkiran luas, toilet, gazebo, food court dengan berbagai pilihan makanan, tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

6. Gereja Ayam – Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema terkenal dengan arsitektur menyerupai kepala burung merpati yang memakai mahkota. Tempat ini menawarkan pengalaman unik kepada para pengunjung. Wisatawan akan disambut oleh burung hantu, yang tentunya bisa diajak berfoto. Bangunan ini memiliki 7 tingkat dengan ruang berdoa dan dapat digunakan oleh berbagai agama, termasuk Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan Konghucu.

Spot favorit adalah arsitektur burung merpati dengan mahkota yang memungkinkan pengunjung untuk berfoto, meskipun harus antre karena ruangannya sempit. Selain itu, pemandangan alam juga bisa dinikmati, termasuk pepohonan, lembah-lembah, dan gunung-gunung di sekitar Gereja Ayam Bukit Rhema.

7. Awang-awang Sky View

Awang-awang Sky View menawarkan pemandangan empat gunung (Merbabu, Sumbing, Sindoro, Andong) dan hutan pinus. Wisatawan dapat melihat itu semua lewat skydeck view yang berada di ketinggian 1.518 mdpl. Terdapat berbagai fasilitas lainnya, seperti coffee corner, gazebo, toilet, dan bahkan ada paket wisata Jeep.

8. Ketep Pass

Ketep Pass berada di ketinggian 1.200 mdpl sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan pegunungang di sekitar Magelang. Selain itu, terdapat pula Museum Vulkanologi yang memberikan informasi terkini mengenai Gunung Merapi dan kegiatan pendakian.

Tempat ini menawarkan berbagai pemandangan alam, termasuk pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Ketep Pass juga memiliki beberapa fasilitas wisata, seperti observatorium, museum, dan tempat ibadah.

9. Gua Maria Sendangsono

Berasal dari kata “Sendang” yang artinya sumber air, dan “Sono” berarti pohon Sono/Angsana. Gua Maria Sendangsono adalah tempat ziarah terkenal di Magelang. Terletak di dalam gua, tempat ini sangat tenang dan penuh spiritualitas. Banyak peziarah datang ke sini untuk berdoa dan mencari ketenangan.

10. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah tempat wisata air yang menawarkan berbagai kegiatan seperti berenang, bermain air, dan bersantai. Ikon wisata terkenal disini adalah kolam renang dari mata air asli. Terdapat berbagai fasilitas lain, seperti area outbound, camping ground, pondok kopi. Tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan teman dan keluarga.

11. Nakula Sadewa Education Park (NSEP)

Nakula Sadewa Education Park, terletak di Batikan, Desa Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. NSEP menawarkan taman dengan seni pahat batu, kolam renang, bangunan miniatur, dan air mancur. Selain itu, taman ini juga memiliki banyak spot menarik untuk fotografi dan selfie yang akan memukau para pengunjung.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar