13 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung Legendaris

Bandung dikenal sebagai kota yang sejuk dan ramai. Ada beragam objek wisata yang bisa dinikmati ketika musim liburan seperti Lembang, Tangkuban Perahu, Kebun Teh, dan masih banyak lagi.

Kuliner Bandung menjadi salah satu tujuan wisata di kota Jawa Barat. Ada berbagai tempat kuliner legendaris di kota Paris Van Java itu. Anda bisa menikmati kuliner malam ketika wisata di Bandung.

Di beberapa tempat, ada spot kuliner yang menggugah selera. Contohnya bubur Ayam pak Otong yang telah berjualan selama 60 tahun lebih di Jalan Sudirman. Ada juga roti bakar, tahu Bungkeng, dan bakpao Min Yen di sepanjang jalan Sudirman.

 

Tempat Kuliner di Bandung

Bandung dikenal sebagai wisata kuliner, karena menyediakan berbagai makanan dan camilan unik. Berikut tempat kuliner di Bandung, mengutip dari buku Peta 100 Tempat Jajan Dan Makan Legendaris di Bandung:

1. Minuman dari Bahan Susu

Ketika anda berwisata di Bandung, bisa mencoba restoran Bandung Milk Center (BMC) yang berdiri sejak 1928. Restoran ini ada di Jalan Aceh yang menyediakan aneka minuman dari bahan susu. Contoh minuman yang dijual seperti susu murni, yogurt, puff soup cream, kefir, dan milkshake.

2. Biskuit Olympia

Biskuit Olympia berada di kawasan pertokoan Jalan Cibadak. Biskuit ini sudah ada sejak tahun 1912.

3. Warung Rujak

Warung rujak berada di Jalan Ciherang, Banjaran, Kabupaten Bandung. Warung rujak telah berdiri dari tahun 1925 hingga sekarang. Warung ini dikenal memiliki cita rasa khas dari rujak buah yang dijual.

 

Wisata Kuliner Bandung Legendaris

1. Area Gardu Jati

Di kawasan China Town yang berdekatan dengan stasiun kereta api dan Pasar Baru, ada beragam kuliner yang bisa dicoba. Di kawasan ini ada restoran yang menjual makanan khas etnis Tionghoa. Contoh makanan yang dijual seperti lomie, bubur canton, swike, bakpao, nasi Hainam, yamien, bebek panggang, sampai bakut.

2. Jalan Sudirman

Jalan Sudirman terletak dari alun-alun sampai Pasar Andir. Jalan ini berada di kawasan pertokoan dan pemukiman warga tionghoa.

Area Sudirman ini menjual makanan khas Bandung seperti bubur ayam, tahu, roti bakar, lotek, dan soto. Ada juga kuliner di gang-gang seperti Gang Kote, gang Kashmir, dan gang Kelentang yang sudah berjualan sejak 1950-an.

3. Jalan Cibadak

Jalan Cibadak ketika siang hari menjadi pusat grosir, sedangkan sore hari area Cibadak digunakan untuk menjual makanan dan minuman. Area Cibadak ini dikenal sebagai sentra makanan sejak tahun 1990-an. Contoh makanan yang dijual seperti bubur ayam, ayam goreng, soto, jagung bakar, an aneka minuman.

4. Simpang Dago

Area Simpang Dago dikenal sebagai jajanan favorit warga Bandung. Ada tempat kuliner legendaris seperti Tizi Restoran, batagor Pak Darto, dan bubur ayam Pak Zaenal yang sudah ada sejak 30 tahun lalu.

Selain itu ada nasi kuning, sop buah, dan es duren di daerah Simpang Dago. Di area Simpang Dago ada juga nasi Timbel yang dijual di dekat Gedung Sate.

 

Kuliner Malam Bandung

Selama berlibur, anda bisa menikmati wisata kuliner malam di Bandung. Ada berbagai tempat kuliner terkenal di kota Bandung yang bisa dinikmati bersama orang terdekat. Mengutip dari itrip.id, berikut rekomendasi kuliner malam Bandung:

1. Kerang Ajaib

Jika anda menyukai makanan laut, cobalah ke jalan Cibadak Nomor 52-54. Disana ada warung makan yang menyediakan olahan berbagai jenis kerang seperti kerang hijau, kerang dara, kerang bambu, dan jenis kerang lain. Anda bisa memilih menu olahan seperti tumis, goreng, dan rebus untuk digoreng.

2. Sekoteng Singapore

Minuman sekoteng ini cocok diminum untuk menghangatkan tubuh di kota Bandung yang dingin. Sekoteng Singapore cocok untuk kuliner malam di kota Bandung. Sekoteng ini berada di jalan Ahmad Yani nomor 292. Sekoteng Singapore mulai dibuka pukul 16.00 WIB sampai jam 01.00 WIB.

3. Ronde Alkateri

Minuman ronde bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan badan selain sekoteng. Ada dua macam ronde memakai gula putih dan gula merah. Wedang ronde Alkateri termasuk minuman ronde yang terkenal di kota Bandung. Minuman ini berada di jalan Alkateri nomor 8.

4. Nasi Kalong

Nasi Kalong berada di Jl. L. L. R.E. Martadinata No.102, Cihapit, Kec. Bandung Wetan. Warung makan ini menyediakan nasi berwarna hitam keunguan dan lauk pendamping seperti ayam, rolade, tahu, dan tempe. Nasi kalong bisa jadi pilihan tempat kuliner di Bandung.

5. Roti Bakar

Roti Bakar 234 di Gang Kote bisa menjadi destinasi kuliner di malam hari. Roti bakar ini memakai arang untuk membakar roti. Tekstur roti tebal, empuk, dan aromanya harum ketika dibakar. Roti bakar 234 ini buka mulai jam 15.00 sampai 23.00 WIB.

6. Bubur Ayam PR

Bubur Ayam PR berupa warung tenda pinggir jalan. Bubur ayam ini sudah ada sejak 25 tahun yang lalu, sehingga ramai dikunjungi pembeli. Bubur ayam PR (Pikiran Rakyat) berada di Jalan Asia Afrika yang buka mulai pukul 19.00 sampai 04.00 WIB. Bubur ayam ini bisa menjadi pilihan kuliner malam di kota Bandung.

 

sumber: katadata.co.id

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply