14 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Cocok untuk Menikmati Suasana Alam

Selain Gunung Bromo, Jawa Timur juga memiliki berbagai destinasi wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari air terjun, perbukitan, perkampungan, hingga taman dan pantai.

Di samping memiliki pemandangan yang indah, tempat wisata ini juga ramah untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang terkasih. Lantas, dimana saja destinasi wisata yang dapat dikunjungi saat berlibur? Berikut rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur.

1. Air Terjun Madakaripura

Tempat wisata di Jawa Timur yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Madakaripura. Dengan ketinggian 200 meter, air terjun ini berhasil dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Konon, air terjun ini adalah pertapaan terakhir Mahapatih Gajah Mada sebelum meninggal. Air terjun ini berada di Sapih, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur.

2. Bukit Gandrung Tanggulasi

Bukit Gandrung Tanggulasi, Foto berita.kedirikab..go.id

Di tempat ini wisatawan dapat melihat keindahan kota Kediri dan sekitarnya dari ketinggian. Tak hanya itu, ada juga pohon buatan yang dapat dinaiki untuk menjadi gardu pandang dengan pemandangan yang indah. Bukit ini berlokasi di Desa Medowo, Kandangan, Kediri.

3. Bukit Ongakan

Bukit Ongakan dapat menjadi alternatif wisata untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini menyajikan pemandangan khas dataran tinggi dengan hamparan pemandangan hijau yang indah. Bukit Ongakan berada di Besowo, Kepung, Kediri.

4. Camp Ground Gazebo Wilis

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di lereng Gunung Wilis dan menyajikan pemandangan alam yang indah. Terdapat empat area camping yang dapat digunakan pengunjung, yakni area parkir, samping cafe, dan dua lokasi di puncak bukit. Bumi perkemahan ini berlokasi di Jugo, Mojo, Kediri.

5. Gronjong Wariti

Berada tak jauh dari pusat kota, tempat wisata yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Dengan suasana sejuk dan barisan pohon yang rindang, Gronjong Wariti menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini terletak di Desa Mejono, Plemahan, Kediri.

6. Hutan Joyoboyo

Hutan Joyoboyo, Kediri. . Foto: ANTARA.

Hutan Joyoboyo adalah salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Kediri. Selain playground, tempat ini juga memiliki amphitheater, sky bridge, teras pohon, kubah ornamen elektrik dan lain sebagainya. Hutan ini berada di Kecamatan Banjaran, Kediri.

7. Wisata Korea Fantasy

Kampung yang satu ini menyajikan suasana khas Negeri Ginseng, Korea Selatan. Mulai dari bangunan, taman bunga hingga pakaian adatnya. Kampung Fantasy Korea berlokasi di Desa Manggis, Ngancar, Kediri.

8. Kampung Indian

Tempat wisata yang satu ini menawarkan gaya hidup khas masyarakat Indian, mulai dari rumah tradisional hingga kostum khas yang disewakan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas lain, seperti memanah, berkuda, dan melihat tarian. Kampung Indian berada di Desa Sempu, Ngancar, Kediri.

9. Kediri Flora Island

Kediri Flora Island menyuguhkan hamparan taman bunga yang luas dan memanjakan mata. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas lain, seperti playground, taman kelinci, hingga gembok cinta. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Ngancar, Kediri.

10. Wisata Kota Mungil

Wisata Kota Mungil. Foto: Instagram.

Kota Mungil menyajikan berbagai spot foto kekinian dengan replika bangunan dari luar negeri. Mulai dari Belanda hingga Korea dalam bentuk miniatur yang lebih kecil. Destinasi ini berlokasi di Rejomulyo, Sugihwaras, Ngancar, Kediri.

11. Monumen Simpang Lima Gumul

Tempat ini menjadi pusat dari pertemuan lima jalan menuju kota Kediri, Pare, Pagu, Plosoklaten, dan Pesantren. Bangunan ini memiliki kemiripan dengan bangunan terkenal dari Prancis, Arc de Triomphe. Monumen ini berada di Tugurejo, Ngasem, Kediri.

12. Pantai Teluk Hijau

Tempat wisata yang satu ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Teluk Hijau disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Jawa Timur karena aksesnya yang masih sulit dan lokasinya yang masih asri. Pantai ini berlokasi di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi.

13. Pantai Tiga Warna

Pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki tiga warna gradasi, yaitu hijau, biru, dan cokelat kemerahan. Perbedaan warna ini disebabkan karena pembiasan sinar matahari dan zooplankton dalam tiga warna. Pantai ini berada di Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang.

14. Taman Wisata Tirtoyoso Park

Tempat wisata di Jawa Timur terbaru yang selanjutnya adalah Taman Wisata Tirtoyoso Park. Taman air yang satu ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti sepeda air, ember tumpah, hingga live music. Destinasi wisata ini berlokasi di Banjaran, Kota, Kediri.

RADEN PUTRI

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar