15 Destinasi Wisata Di Sumatra Utara yang Keren dan Indah

 Sumatra Utara dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, yang memiliki keindahan luar biasa dan cocok untuk dikunjungi.

Anda bisa menemukan beragam pesona wisata, mulai dari destinasi wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas. Selain itu, masing-masing tempat wisata berikut juga memiliki kisah serta keunikan yang menarik untuk diketahui.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Sumatera Utara, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di Sumatra Utara.

1. Danau Toba

Danau Toba sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba menjadi salah satu objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Sumatera Utara. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari melihat situs sejarah, mengunjungi rumah adat Batak, hingga mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-adong.

2. Air Terjun Sipiso-piso

Berada di dekat pemukiman warga Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Air Terjun Sipiso-piso menawarkan pesona alam yang akan membuat Anda berdecak kagum. Berada di ketinggian 800 mdpl, Air Terjun Sipiso-piso menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi pancuran 120 meter.

3. Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan salah satu pulau yang paling populer di Sumatera Utara. Lokasinya yang berada tepat di tengah Danau Toba menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di pulau vulkanik ini, mulai dari bertualang di Goa Marlakkop, menyaksikan pertunjukan tari Sigale-gale, berkeliling Museum Huta Bolon Simanindo, hingga menikmati keunikan Batu Parsidangan.

4. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Sejak diresmikan pada 14 Mei 1999, Rahmat International Wildlife Museum and Gallery menjadi tempat wisata edukasi populer di Sumatera Utara. Museum ini menyimpan beragam koleksi binatang liar yang diawetkan dari hasil perburuan seluruh penjuru dunia. Meski begitu, seluruh hasil buruan tersebut sudah standar perburuan satwa liar dunia.

Terdapat lebih dari 2.000 macam satwa yang bisa kamu temukan di tempat ini. Salah satunya kelompok African Big Five, yang terdiri dari lima mamalia terbesar Afrika yaitu gajah, badak putih, banteng, singa dan macan tutul.

5. Green Hill City

Green Hill City merupakan salah satu kawasan perumahan elite di Sibolangit, Deli Serdang. Namun, Anda bisa menemukan berbagai wahana bermain dan hiburan keluarga di kawasan ini. Mulai dariroller coaster, kincir raksasa, hingga bioskop 4D adalah beberapa wahana yang bisa kamu coba.

6. Funland Mikie Holiday Resort & Hotel

Funland Mikie Holiday adalah sebuah taman bermain yang selalu ramai di akhir pekan memiliki berbagai wahana menarik, mulai dari Volcano, Twister, The Scream, Sky Bike, dan masih banyak lagi. Ada pula berbagai fasilitas pendukung yang bisa kamu manfaatkan, seperti gazebo, area parkir, hingga kedai makanan.

7. Cagar Alam Sibolangit

Wisata alam ini masih berada satu kawasan dengan Taman Wisata Sibolangit. Sesuai fungsinya sebagai cagar alam, di sini Anda bisa menemukan beragam flora dan fauna langka. Mulai dari pohon angsana,sonokembang, meranti, durian hutan, hingga hewan langka seperti lutung sebagai habitat yang dilindungi di Cagar Alam Sibolangit.

8. Pantai Pandan

Pantai Pandan adalah salah satu pantai yang paling populer. Pantai ini terkenal dengan pesona pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Di sini, Anda bebas bermain air maupun berenang karena kondisi ombak yang cukup tenang.

9. Salju Panas Tinggi Raja

Sumatera Utara terdapat wisata yang serupa dengan Kawah Putih Ciwidey, bernama Salju Panas Tinggi Raja. Asal-usul penamaan lokasi ini dari Kata “salju” dipilih karena di tempat ini terdapat sebuah kawah yang didominasi warna putih seperti salju. Sedangkan kata “panas”, digunakan karena air berwarna biru kehijauan kawah bersuhu panas.

10. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling menawarkan panorama indah Sinabung dan Kota Berastagi dari atas dataran tinggi. Memiliki ketinggian 1.575 mdpl, membuat Bukit Gundaling cocok sebagai lokasi melihat matahari terbit dan terbenam.

11. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar merupakan salah satu danau di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) yang Anda kunjungi. Berada di ketinggian 2.451 mdpl, membuat udara di kawasan ini cukup sejuk. Selain itu, lokasinya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Sinabung membuat air Danau Lau Kawar amat jernih dan sejuk.

Anda juga bisa mendirikan tenda di area yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Namun, tersedia pula pendopo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat sejenak sembari menikmati kesejukan udara sekitar.

12. Pantai Lagundri

Pantai berpasir putih ini menawarkan ombak tinggi yang cocok bagi peselancar kelas dunia, yang bisa disandingkan dengan Hawai. Bahkan, Pantai Lagundri sempat menjadi tempat lomba surfing internasional.

Selain memiliki ombak yang tinggi, Pantai Lagundri menawarkan pesona pasir putih dan air laut hijau tosca sehingga menambah kesan eksotis pantai ini.

13. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser berada di dua provinsi berbeda, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan yang menyimpan berbagai cagar alam, seperti Suaka Margasatwa Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Kappi, Suaka Margasatwa Kluet, Taman Wisata Gurah, dan masih banyak lagi.

Menariknya, taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia sesuai ketetapan UNESCO. Jika Anda tertarik untuk berkunjung, datanglah pada bulan Juni hingga Oktober. Pada bulan tersebut, curah hujan cukup rendah sehingga dapat memudahkan Anda saat menjelajahi taman nasional.

14. Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie dikenal sebagai seorang dermawan kaya raya pada masa pemerintahan Kesultanan Deli zaman penjajahan Belanda. Kediaman ini memiliki desain arsitektur khas Tiongkok yang kini menjadi salah satu tempat wisata populer di Sumatra Utara.

Di rumah ini, pengunjung bisa mengetahui sejarah kehidupan Tjong A Fie melalui foto-foto yang terpampang di dinding rumah. Ada pula pajangan lukisan dan perabot rumah kuno yang amat menarik perhatian.

15. Kebun Raya Tongkoh

Objek wisata ini menjadi lokasi penangkaran berbagai tanaman hias dan buah. Mulai dari kebun markisa, jeruk khas Berastagi, hingga kebun stroberi bisa kamu temukan di sini. Tak sekadar berkeliling, kamu pun bisa memetik buah dan tanaman untuk dinikmati maupun dijadikan cendera mata. (Lala Wahyuningsih)

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar