15 Tempat Wisata di Papua yang Populer, Seperti Surga Tersembunyi

 Papua merupakan salah satu pulau yang terletak dibagian timur Indonesia. Selain terkenal dengan budayanya yang menarik, Papua juga menyimpan berbagai macam tempat wisata alam yang cocok untuk dikunjungi. Kebanyakan wisata yang ditawarkan adalah wisata alam seperti lembah, gunung, keindahan laut hingga pantai. Sehingga akan cocok untuk Anda yang lebih suka berwisata alam.

Rekomendasi tempat wisata di Papua

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Papua yang dapat Anda kunjungi.

1. Danau Paniai

Jika berkunjung ke Papua, Danau Paniai bisa menjadi destinasi yang dikunjungi untuk berwisata. Pada konferensi danau se-dunia pada 2007 lalu, danau ini disebut sebagai danau terindah. Pemandangannya memang sangat memukau khususnya saat senja. Anda juga bisa memancing karena danau ini termasuk penghasil ikan air tawar terbesar di Papua.

Sungai Yawei mengalirkan air dari danau Paniai ke Timika. Sungai yang jernih ini yang menghubungkan penduduk desa di sekitar danau Paniai di kabupaten Enarotali, Provinsi Papua. Tempo/Rully Kesuma

2. Danau Sentani

Selain danau di atas, Anda juga bisa mengunjungi danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar. Di wilayah Papua, danau ini menjadi danau terbesar. Danau ini juga indah dan banyak pulau yang menghiasi danau tersebut.

3. Raja Ampat

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata yang satu ini? Raja Ampat menjadi tempat wisata populer yang perlu Anda kunjungi. Kawasan ini memiliki pulau besar seperti pulai Waigeo, Salawati, Batanta, serta pulau kecil yang mengelilinginya. Jika berkunjung ke Raja Ampat, Anda bisa melakukan diving dan melihat biota laut yang sangat beragam.

4. Lembah Baliem

Selanjutnya, tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Lembah Baliem yang merupakan tempat tinggal dari suku Dani, Yali dan Lani. Lembah ini terletak di pegunungan Jayawijaya. Selain berwisata, Anda dapat berinteraksi langsung dengan suku di Lembah Baliem yang masih mengenakan pakaian tradisional. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan musik khas Papua.

Anak-anak di depan honai atau rumah tradisional di Kurulu, Wamena, Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua, 11 Agustus 2017. Rumah Honai terbagi dalam tiga tipe, yaitu untuk kaum laki-laki (disebut Honai), wanita (disebut Ebei), dan kandang babi (disebut Wamai). Tempo/Rully Kesuma

5. Pantai Bosnik

Jika ingin menikmati tempat wisata pantai, maka bisa mengunjungi Pantai Bosnik. Pantai Bosnik sendiri terletak di Desa Woniki yang berjarak 15 km dari pusat kota. Selain menikmati suasana pantai yang indah, Anda juga bisa menyewa saung seharga Rp 50 ribu serta menikmati kuliner yang ada.

Untuk bisa mengunjunginya, Anda hanya perlu membayar sepuluh ribu rupiah untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini. Harga yang sangat terjangkau untuk melihat keindahan pantainya.

Para wisatawan bermain air di pinggir Pantai Bosnik, Biak, Papua. flickr.com

6. Pulau Rumberpon

Berikutnya, tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Pulau Rumberpon yang lokasinya di Teluk Wondama. Untuk bisa mencapainya, Anda membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan menggunakan kapal dari Manokwari.

Salah satu pantai yang terkenal di pulau ini yaitu Pantai Pasir Panjang, yang panjang garis pantainya mencapai 6 km. Kegiatan yang seringkali dilakukan oleh pengunjung adalah menyelam, memancing dan berenang.

7. Tugu MacArthur

Selain terkenal dengan tempat wisata alamnya, Papua juga memiliki tempat wisata bersejarah. Tugu MacArthur yang merupakan tugu setinggi 3 meter dengan warna kuning dan hitam bisa menjadi salah satu destinasi wisata Anda. Tugu ini menuliskan sejarah tentang Jenderal Douglas MacArthur. Selain itu juga ada museum yang menyimpan kisah bersejarah.

8. Desa Wisata Swandarek

Papua memiliki tempat wisata bernama Desa Swandarek yang letaknya berada di Kabupaten Raja Ampat. Di desa tersebut, Anda bisa melihat banyak rumah tradisional dan bercengkrama dengan masyarakat suku asli yang tinggal di pesisir. Rumah mereka masih terbuat dari kayu dan atapnya terbuat dari jerami sehingga menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Suasana di Desa Wisata Swandarek, Raja Ampat, Papua Barat. TEMPO | Alfan Noviar

9. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Tempat wisata di Papua selanjutnya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang dijaga oleh pemerintah. Luasnya bahkan terbesar di Indonesia, yaitu mencapai 1.453.500 hektar. Disini Anda dapat menemukan berbagai macam keindahan hewan laut seperti kura-kura, penyu, lumba-lumba hingga hiu ketika menyelam.

10. Bukit Jokowi

Siapa sangka Papua memiliki tempat wisata dengan nama Presiden Indonesia ke-7 yaitu Presiden Joko Widodo. Bukit ini dinamakan dengan bukit Jokowi karena pada tahun 2014 beliau sempat mengunjunginya. Dari atas ketinggian bukit ini, Anda dapat menyaksikan keindahan Papua dikala matahari terbenam.

11. Air terjun Bihewa

Papua tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dalam bentuk laut saja namun juga air terjunnya. Salah satunya tempat wisata air terjun Bihewa yang terletak di Kabupaten Nabire. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 40 meter.

Anda dapat menikmati kesegaran airnya dengan mandi di kolam dan suasananya yang masih sangat asri.

12. Gunung Botak

Tempat wisata selanjutnya cocok untuk Anda yang gemar berpetualang adalah Gunung Botak. Dinamakan demikian karena gunung ini tidak memiliki pohon tinggi satupun disekitarnya. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengambil foto dengan keindahan Papua dari atas gunung.

13. Gunung Carstensz

Jika Anda gemar mendaki, Anda juga bisa mendaki ke gunung ini. Gunung Carstensz sendiri adalah gunung yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia yang ketinggiannya kurang lebih 4.884 mdpl. Karena ketinggiannya itu di bagian puncaknya Anda dapat menikmati salju.

14. Taman Nasional Lorentz

Selain Taman Nasional Teluk Cendrawasih tadi, ada juga Taman Nasional Lorentz yang menjadi taman Nasional terbesar se-Asia Tenggara. Luas taman tersebut mencapai 2,4 juta hektar, dan UNESCO menetapkannya sebagai warisan Dunia.

Keunikan tempat wisata ini adalah adanya gletser di tengah tropis yang bahkan hanya dimiliki 3 wilayah di dunia, salah satunya di Papua ini. Di sini, Anda juga dapat menikmati berbagai macam keindahan flora dan fauna yang masih terjaga.

15. Air Terjun Karmon

Terakhir, Anda juga bisa mengunjungi air terjun Karmon yang berada di hutan Biak. Air terjun ini cukup populer karena airnya mengalir dengan indah seperti bunga yang mekar.Selain itu, tebing-tebing di bawahnya juga menambah keindahan air terjun ini. Untuk bisa mengaksesnya, Anda perlu berjalan kaki hanya sekitar 100 meter saja.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Papua yang bisa menjadi opsi ketika kamu ingin berwisata ke sana. Semoga bermanfaat ya!

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply