20 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Populer

Ada beragam oleh-oleh khas Bogor yang bisa kita beli untuk dibawa sebagai buah tangan, baik jika kita mengunjungi Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor.

Saat akhir pekan, jalanan di pusat Kota Bogor maupun jalur Puncak di Kabupaten Bogor akan dipenuhi dengan kendaraan yang berasal dari Jakarta.

Berlibur terasa kurang bila tidak membawa oleh-oleh. Berikut 20 oleh-oleh khas Bogor populer yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang:

1. Roti Unyil

Sesuai dengan namanya, roti ini berukuran kecil dengan panjang tidak lebih dari 5 cm.

Isi dari roti ini bermacam-macam, mulai dari abon, keju, sosis, bakso, moka, cokelat, susu, jagung, kacang, nanas, pisang, kismis, stroberi, cokelat kacang, dan pisang cokelat.

Ilustrasi roti unyil isi ayam dan sosis.

Ilustrasi roti unyil isi ayam dan sosis.

Roti unyil yang terkenal adalah Roti Unyil Venus. Toko pusatnya berada di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No 1. Buka dari jam 5.30 sampai 21.00 WIB.

Sangat disarankan datang pagi-pagi untuk memilih varian roti yang kamu mau karena toko ini sangat ramai pengunjung.

2. Lapis talas

Kue ini menjadi salah satu cara baru untuk menikmati talas. Bolu berbahan dasar talas dan tepung ini menjadi primadona oleh-oleh khas Bogor.

Bolu ini terkenal dengan warna kuning dan ungu. Ada berbagai macam rasa, seperti keju, talas, cocopandan, hingga kopi susu.

Lapis Talas rasa original keju

Lapis Talas rasa original keju

Salah satu toko yang menjual adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Ada beberapa toko resmi maupun toko mitra dari merek ini. Jadi sangat mudah ditemukan.

Salah satunya di Jalan Padjajaran Nomor 20i Komplek Ruko Perkantoran. Toko lainnya juga terdapat di Stasiun Bogor.

Pergilah ke Jalan Raya Sholeh Iskandar, tepatnya di depan Yogya Department Store dan kamu dapat menemui penjual bolu ini.

Harga sekotak bolu dibanderol mulai dari Rp 34.000, tergantung rasanya. Ukuran mini diberi harga Rp 18.000.

3. Macaroni Panggang 

Bagi penggemar pasta, oleh-oleh khas Bogor yang satu ini bisa menjadi pilihan. Kudapan mirip macaroni schotel ini memiliki tekstur lebih garing dan lembut di dalamnya.

Parutan keju yang terbakar lengkap dengan isian daging dan makaroni di dalamnya, pastinya memanjakan lidahmu.

Untuk membeli oleh-oleh ini, kamu bisa pergi ke toko Macaroni Panggang di Jalan Salak No 24, Babakan, tepatnya di depan Taman Kencana.

Selain macaroni panggang Bogor, kamu juga dapat membeli oleh-oleh makanan lainnya seperti ontbijtkoek (kue kayu manis) dan ketan bambu.

4. Kacang Bogor 

Tidak seperti kacang pada umumnya, kacang bogor memiliki bentuk bulat dengan warna ungu di dalamnya.

Masa panen kacang ini pada bulan Febuari sampai April. Pada saat inilah kamu bisa menemui jajaran pedagang yang menjual kacang Bogor rebus secara berkeliling.

Kacang bogor, oleh-oleh khas Bogor, Jawa Barat.

Kacang bogor, oleh-oleh khas Bogor, Jawa Barat.

Panen yang berkala membuat warga Bogor mengolah kacang ini menjadi kacang goreng agar dapat dinikmati dengan jangka waktu yang panjang.

Salah satu merek terkenal adalah Kacang Bogor Istana yang memilki beragam macam rasa, mulai dari keju, barbeku, hingga balado.

Kamu bisa menemukan outlet resmi Kacang Bogor dan Stik Talas Bogor ‘Istana’ di Jalan Babakan Raya Nomor 37.

5. Ubi Bakar Cilembu

Kawasan Puncak di Bogor terkenal dengan cuacanya yang dingin, karena itu ubi bakar Cilembu menjadi makanan pilihan di kawasan Puncak.

Jika sedang mencari oleh-oleh khas Bogor, makanan ini juga bisa menjadi pilihan.

Ubi Bakar Cilembu, oleh-oleh khas Bogor

Ubi Bakar Cilembu, oleh-oleh khas Bogor

Sensasi memakan ubi hangat nan manis di daerah pegunungan yang dingin menjadi daya tarik untuk beberapa wisatawan Jabodetabek.

Kamu dapat dengan mudah menemui banyak pedagang yang menjual makanan ini di sepanjang jalan menuju Puncak, Kabupaten Bogor.

6. Boneka Potty

Boneka unik ini adalah boneka yang bisa ditanami tanaman hias. Boneka ini hadir dalam berbagai bentuk, seperti gajah, tokoh kartun, hingga ikan.

Boneka sudah termasuk benih dan sekam sehingga tinggal direndam selama sejam dan disiram setiap hari. Rumput hias pun akan tumbuh.

Tokonya berada di Jalan Akasia Blok D4 Nomor 23, Taman Pagelaran, Ciomas.

7. Bika Bogor 

Biasanya, bika atau sering disebut bikang sering diidentikkan dengan Medan. Namun, kamu juga dapat menemukan oleh-oleh serupa di Bogor.

Pembedanya terletak di bahan bakunya, bika Medan berbahan baku tepung terigu sedangkan bika Bogor berbahan baku umbi talas.

Salah satu bika yang terkenal adalah Bika Bogor Talubi. Bika ini memiliki teksur yang lembut dan terbagi menjadi beberapa varian rasa seperti alas, cokelat, coco pandan, nangka, dan green tea.

Kamu bisa membawa pulang satu kotak dengan mengeluarkan uang sebesar Rp46.000. Sementara Bika Bogor mini dibanderol Rp 40.000. Penjual bika ini dapat kamu temui di Jalan Raya Pajajaran No 20m, Baranangsiang.

8. Papapia

Walaupun pia identik dengan oleh-oleh khas Jogja, bukan berarti pia dari Bogor tidak dapat menjadi oleh-oleh pilihan.

Pia satu ini memiliki rasa renyah di luar dengan isian yang lembut di dalamnya. Ada beberapa varian rasa, seperti keju, coklat, hingga kacang hijau.

Toko berada ke Jalan Kolonel Ahmad Syam, RT 03/RW 10, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

9. Asinan Bogor

Untuk asinan legendaris yang bercitarasa nikmat, datanglah ke Asinan Sedap Gedung Dalam. Pasalnya, toko ini sudah buka dari tahun 1978. Asinan buah dan sayur ini dimasak dengan gula asli tanpa bahan pengawet.

 

Penjual asinan bogor, yang ada di kawasan Merdeka, Kota Bogor.

Penjual asinan bogor, yang ada di kawasan Merdeka, Kota Bogor.

Pergilah ke Jalan Siliwangi No 27C atau Ruka V Point, Jalan Pajajaran Nomor 1, untuk menemui toko penjual asinan ini.

10. Bir Kotjok

Walau namanya “bir” tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol. Ini minuman tradisional khas Bogor yang sudah sulit dijumpai.

Salah satu tempat untuk membelinya adalah Es Bir Kotjok Bogor Si Abah yang berlokasi di Gang Aut, Jl. Suryakencana Nomor 291-299, Kota Bogor.

Bir Kotjok terbuat dari jahe, kayu manis, cengkeh, gula pasir dan aren. Bahkan jahe yang digunakannya hanya jahe merah. Harga satu botol bir kotjok adalah sekitar Rp 10.000.

11. Risol Bogor

Risoles merupakan kudapan yang terbuat dari kulit yang diberi isian berupa sayuran kemudian digoreng dengan baluran berupa tepung roti.

Kamu bisa menemukan risol dengan isian yang unik seperti tuna, daging, mayonnaiserhougut, bahkan spageti.

Ada beberapa produsen risol di Bogor, salah satunya Risollaku. Selain memesan lewat telepon, kamu juga bisa datang langsung ke Jalan Ring Road Yasmin untuk membelinya.

12. Kue Cubit

Bagi pencinta kue cubit bisa membawa kue ini sebagai oleh-oleh khas kota Bogor. Uniknya, kue cubit di Bogor memiliki berbagai varian rasa menarik.

ILUSTRASI - Kue cubit

ILUSTRASI – Kue cubit

Rasa yang ditawarkan antara lain bubblegum, red velvetgreen teataro, serta tidak ketinggalan rasa original.

Salah satunya adalah Bitten By You Bogor yang berada di Gang Selot, Kota Bogor. Harga kue dibandrol dengan harga Rp 10.000 per porsi.

13. Talas

Selain kota hujan, Bogor juga terkenal dengan sebutan kota Talas. Pasalnya, sebagian besar oleh-oleh khas Bogor berbahan dasar umbi ungu ini. Tanaman ini bisa kamu temukan dengan mudah di Bogor.

Ilustrasi talas bogor.

Ilustrasi talas bogor.

Cukup dengan melangkahkan kaki ke pasar terdekat, kamu sudah bisa menemukan penjual umbi ini.

14. Bogor Raincake

Merupakan salah satu oleh-oleh kekinian dari Bogor. Toko ini sendiri merupakan salah satu bisnis yang digeluti oleh artis Shireen Sungkar.

Nama dari toko ini, diambil dari nama ‘rain’ yang berarti hujan yang menjadi julukan kota Bogor.

Bogor Raincake

Bogor Raincake

Terdapat empat varian rasa Bogor Raincake yang bisa kamu nikmati, yakni red taro, cheese vanilla, greentea ovomaltine dan crispy peanut.

Kamu bisa menemui toko Bogor Raincake di Jalan Raya Pajajaran Nomor 31, RT.02/RW.01, Babakan. Harganya bervariasi untuk satu kotak kue tergantung dari rasa yang dipilih.

Menu best seller Raintart Caramel, misalnya, dibanderol Rp 80.000 per kotak.

15. Strudel Bogor

Strudel merupakan kue dengan kulit pastry berlapis khas Austria. Strudel khas Bogor dijual di toko Jumbo berlokasi di Jalan Padjajaran Nomor 3F, Baranangsiang.

Ada beberapa varian isian strudel, yaitu asinan, talas nanas, apel, martabak, bakso, dan tape. Bahkan ada strudel isi sei sapi.

Harganya mulai dari Rp 30.000, tergantung rasanya. Selain strudel, toko ini juga menjual spikoe roll dan lapis susu.

Bila kamu ingin berburu strudel Bogor, bisa mengyambangi Toko Jumbo (Jumpa Bogor) yang berada di Jalan Padjajaran Nomor 78K.

16. Batik Bogor

Kota Hujan tak hanya identik dengan makanannya saja. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Bogor berupa batik untuk orang tercinta di rumah. Motif batik bogor sangat beragam, yakni sekitar 90 motif yang bisa kamu buru.

Batik Bogor motif hujan gerimis, karya rumah Batik Bogor Kreasiku.

Batik Bogor motif hujan gerimis, karya rumah Batik Bogor Kreasiku.

Batik dengan motif hujan merupakan motif yang kerap kali diburu oleh wisatawan karena motif ini sangat menggambarkan Bogor.

Untuk berbelanja batik khas Bogor, kamu dapat mengunjungi salah satu toko Batik Bogor Tradisiku di Jalan Jalak Nomor 2, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Selain di toko ini, batik Bogor juga tersebar di beberapa pusat perbelanjaan di Bogor.

17. Kaus Unchal

Unchal yang berarti kijang dalam bahasa Sunda ini menjelma menjadi oleh-oleh unik yang kini sedang tren di kota Bogor.

Pasalnya, kaus ini dibubuhi dengan kata jenaka berbahasa Sunda bercampur Indonesia, seperti ‘Bogor Never Dry’, ‘Sedia Payung Sebelum Bogor’ atau ‘USA Urang Sunda Asli’.

Bebagai desain kaos Unchal Bogor yang menggambarkan cirikhas orang Bogor, seperti celotehan bahasa sunda, panganan dan minuman khas, hingga melukiskan kesan-kesan ketika ada di Bogor.

Bebagai desain kaos Unchal Bogor yang menggambarkan cirikhas orang Bogor, seperti celotehan bahasa sunda, panganan dan minuman khas, hingga melukiskan kesan-kesan ketika ada di Bogor.

Toko ini memiliki beberapa ‘kandang’ di antaranya terdapat di Mall Botani Square, Jogja Bogor Junction, dan Cibining City Mall. Sedangkan pusat kandang Unchal berada di Jalan Ciremai nomor 1 Taman Kencana Kota Bogor.

Untuk mendapatkannya, berbagai kaus di sini dijual mulai harga Rp 70.000 untuk anak, Rp 95.000 dewasa, dan Rp 100.000 untuk model reglan. Selain kaus juga terdapat suvenir lain seperti tote bag, pin, magnet, topi, hingga sendal.

18. Mochibo

Mochibo merupakan singkatan dari moci Bogor. Bulatan tepung beras ketan yang kenyal tersebut membungkus aneka buah lokal yang tumbuh di Bogor.

Berbeda dengan mochi khas Jepang, Mochibo berisikan empat buah lokal Bogor yaitu talas, pala, nanas, dan stroberi, juga rasa lain seperti coklat, kacang, dan keju.

Kamu dapat menemukan penjual camilan ini di Jalan Binamarga nomor 13, Baranangsiang dan di beberapa sentra oleh-oleh di Bogor.

Harga dalam satu kotak Mochi Bogor tersebut adalah Rp 25.000, berisi 10 mochi dengan berat 30 gram.

19. Klappertaart

Masih berada di kawasan yang dekat MP dan Pia Apple Pie, ada Klappertaart Huize & Resto.

Klappertaart sendiri merupakan kue manis khas Manado, dengan campuran susu, mentega, telur, dan kelapa.

Selain original, ada berbagai varian seperti rasa Strawberry, Oreo, Triple Cheese, hingga Durian.

Outlet berada di dalam DenHaaq Garden Resto yang berlokasi di Hotel Salak The Heritage Lantai 1 Jalan Ir. H. Juanda Nomor 8, Pabaton, Kota Bogor.

20. Pie Talas

Apa jadinya talas dibuat untuk isian pie dan juga bolen? Inilah kreasi dari Pie Talas dan Bolen Talas Bogor Rafles Cake and Pastry Ciomas.

Di toko ini juga terdapat berbagai produk makanan dan non makanan seperti kaos khas Bogor yang dapat dibeli.

Ada beberapa toko Pie Talas dan Bolen Talas Bogor Rafles Cake and Pastry. Misalnya di Jalan Dr. Sumeru, Jalan R.E Abdullah, dan Jalan Raya Semplak.

Satu kotak pie talas dibanderol Rp 25.000 dan Rp 26.000, tergantung rasa dan varian. Satu kotak pie berisi enam hingga tujuh buah.

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply