3 Bumbu Dapur yang Bisa Membuat Seluruh Anggota Keluarga Lebih Sehat

Rempah-rempah apa saja yang jadi bumbu dapur favorit Anda? Kita sebagai masyarakat Indonesia memang beruntung bisa dengan mudah memperoleh berbagai rempah-rempah yang dapat membuat masakan jadi ekstra lezat. Tak hanya lezat, rempah-rempah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Ya Moms, hal ini dijelaskan oleh Dr.Andrew Weil M.D, profesor kedokteran klinis sekaligus Direktur Program dalam Pengobatan Integratif di Universitas Arizona, Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dari Prevention.

Dr.Weil menjelaskan, rempah-rempah yang digunakan untuk memasak dapat memberi banyak manfaat kesehatan sekaligus membantu meringankan berbagai gejala penyakit.

Ia juga menyebutkan 3 jenis rempah yang bisa jadi bumbu dapur andalan untuk meningkatkan kesehatan seluruh anggota keluarga. Apa saja?

3 Bumbu Dapur yang Baik untuk Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang baik untuk kesehatan Foto: Shutter Stock

© Disediakan oleh Kumparan Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang baik untuk kesehatan Foto: Shutter Stock

1. Kunyit (Curcuma longa)

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa penduduk usia lansia di pedesaan India memiliki tingkat penyakit Alzheimer (AD) terendah di dunia karena hampir setiap masakan mereka diberi bumbu kunyit.

Dalam sebuah penelitian di UCLA, para ilmuwan juga memberi makan kurkumin pada tikus yang rentan menumpuk plak beta-amiloid di otak mereka — kelainan yang terkait dengan DA pada manusia. Dosis rendah kurkumin memblokir akumulasi plak dan juga mengurangi peradangan (efek Alzheimer pada jaringan neurologis).

© Disediakan oleh Kumparan

Tak hanya itu, tikus yang diberi kurkumin memiliki kinerja yang lebih baik pada tes memori dibandingkan tikus yang tidak makan bumbu berwarna kuning cerah ini.

2. Bawang Putih (Allium sativum)

Bawang putih baik untuk kesehatan Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

© Disediakan oleh Kumparan Bawang putih baik untuk kesehatan Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia, keserbagunaan bawang putih setara dengan khasiat kesehatannya. Dr.Weil menjelaskan, bawang putih mengandung senyawa kuat yang menyerang virus dan bakteri. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Tips dari Dr.Weil, konsumsi lah bawang putih dalam bentuk mentah karena khasiatnya paling ampuh. Hancurkan atau cincang halus (untuk melepaskan komponen aktif, allicin) dan tambahkan ke makanan.

3. Adas (Foeniculum vulgare)

Ilustrasi biji Adas. Foto: PublicDomainPictures

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi biji Adas. Foto: PublicDomainPictures

Adas segar adalah sumber vitamin C yang baik, sehingga bisa berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, perbaikan jaringan, dan sintesis kolagen juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Dr.Weil juga menjelaskan, adas dapat membantu membuang gas di saluran usus.

Tidak mau repot-repot memasaknya? Coba kunyah 2 sendok teh biji adas setelah makan atau kapan pun Anda merasa kembung akibat gas.

Nah Moms, cek dulu, yuk! Masih ada kah persediaan kunyit, bawang putih dan adas di dapur Anda?

sumber: kumparan

Author: Putri Balige

Leave a Reply