4 Manfaat Mengkonsumsi Minyak Zaitun Secara Langsung

Minyak zaitun adalah salah satu sumber lemak paling sehat yang tersedia bagi kita. Faktanya, manfaat kesehatan dari sifat anti-inflamasi dan antioksidan, telah membuat banyak orang mengkonsumsinya dalam berbagai bentuk.

Sebagian besar digunakan saat memasak, ada juga yang percaya bahwa minyak zaitun harus dikonsumsi langsung untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Ada banyak alasan kuat yang menjadikan minyak zaitun salah satu minyak yang paling sehat dan kaya nutrisi. Unsur utama dari diet Mediterania (secara konsisten digolongkan sebagai salah satu diet terbaik untuk diikuti), minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs), yang merupakan sumber lemak yang sehat.

Minyak zaitun extra virgin, yang terbaik dari jenisnya tanpa pemrosesan, memiliki antioksidan yang kaya (lebih dari minyak lainnya) yang mengumpulkan banyak manfaat kesehatan potensial.

Menurut pedoman diet, 1 sendok makan atau 13,5 gram minyak zaitun mengandung:

– 119 kalori

– 13,5 g lemak, 1,86 g di antaranya sudah jenuh

– 1,9 miligram (mg) vitamin E.

– 8,13 mikrogram (mcg) vitamin K.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan, sifat anti-inflamasi, kalsium, mineral seperti kalium, polifenol, squalene, dan asam terpenik, yang semuanya baik untuk kesehatan kita. Ini juga salah satu alasan mengapa minyak zaitun semakin banyak digunakan dalam memasak, kosmetik, dan media terapi tradisional lainnya.

Cara mengonsumsi minyak zaitun secara langsung muncul dari kebiasaan beberapa daerah Mediterania, di mana orang sering minum hingga 1/4 cangkir, atau 60 ml minyak zaitun secara langsung, di pagi hari. Praktiknya mirip dengan cara banyak orang mengonsumsi minyak kelapa atau ghee secara langsung.

Menurut berbagai anekdot, mengonsumsi minyak zaitun sedemikian rupa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan – termasuk detoksifikasi, membantu menurunkan berat badan, dan menyembuhkan sakit perut. Namun, tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mendukung hal yang sama. Begitu pula rasanya, yang bisa sangat pahit bagi seseorang yang tidak terbiasa dengan hal yang sama. Meski begitu, menurut banyak ahli, meminum minyak zaitun secara langsung menjamin manfaat kesehatan yang lebih baik daripada jika digunakan selama memasak.

Melansir laman Times of India, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun secara langsung dapat memberikan manfaat berikut:

1. Membantu Anda mendapatkan asupan lemak yang dibutuhkan

Sangat penting untuk memasukkan sejumlah lemak ke dalam makanan harian Anda dan yang terpenting, menilai lemak berkualitas baik. Di sinilah kebanyakan orang kekurangan. Menurut pedoman diet, penting untuk mendapatkan 20-35% kalori melalui lemak, melalui asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Minyak zaitun kaya akan kedua sumber ini. Faktanya, konsumsi langsung minyak zaitun sebenarnya bisa membantu Anda mendapatkan takaran lemak sehat yang dianjurkan.

2. Baik untuk meredakan sembelit

Manfaat lain dari mengonsumsi minyak zaitun secara langsung adalah untuk sistem pencernaan Anda. Dipercaya bahwa minyak zaitun adalah salah satu pereda alami terbaik untuk sembelit. Ini juga dapat bekerja sebagai pelunak tinja dan bekerja untuk mengatur pergerakan usus juga. Makanya, konsumsi harian dianjurkan.

3. Dapat mendukung kesehatan jantung yang baik

Selama ini, minyak zaitun telah dipuji sebagai minyak yang menyehatkan jantung dan meminumnya secara langsung terbukti lebih bermanfaat. Ada banyak faktor di baliknya. Tidak hanya mengandung jenis lemak baik (PUFA dan MUFA), tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan komplikasi jantung, dengan persentase yang besar bila dikonsumsi secara teratur. Ini juga terbukti bermanfaat jika Anda menyeimbangkan penggunaan sumber lemak lain dalam makanan harian Anda.

4. Dapat menurunkan berat badan

Mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung juga dapat menjadi kebiasaan yang baik untuk dicoba oleh pengamat berat badan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mereka yang memiliki misi untuk menurunkan berat badan dapat memperoleh manfaat dengan meminimalkan asupan lemak secara keseluruhan, merasa lebih kenyang dengan meminum minyak zaitun secara langsung daripada menambahkannya ke dalam makanan.

Selain itu, sumber lemak juga menjanjikan manfaat sebagai berikut:

– Menstabilkan kadar gula darah

– Membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang

– Menutrisi rambut dan kulit

– Membantu mengurangi peradangan

– Dapat bekerja sebagai pereda nyeri

– Baik untuk kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan

– Lebih sehat dari sumber lemak lainnya

Saat minum minyak zaitun yang memiliki beragam manfaat yang mungkin membuat Anda ingin mencobanya, ada beberapa kemungkinan kerugian yang perlu dipertimbangkan. Beberapa risikonya antara lain:

-Minyak zaitun tinggi kalori: Meskipun meminum minyak zaitun secara langsung dapat membantu Anda mendapatkan lemak yang direkomendasikan yang dibutuhkan untuk hari itu, namun tetap tinggi kalori. Konsumsi kalori berlebih dapat menimbulkan masalah potensial, termasuk penambahan berat badan, jika tidak dikendalikan.

-Ini tidak bisa menggantikan makanan utuh: Sekali lagi, meskipun minyak zaitun kaya nutrisi, itu bukan makanan utuh dan sendirian juga tidak bisa menggantikannya. Anda membutuhkan beragam makanan dari kelompok nutrisi yang berbeda untuk hidup sehat.

-Dapat bertindak sebagai alergen: Bagi mereka yang memiliki selera makan sensitif, minyak zaitun bisa menjadi pemicunya. Meski jarang, minyak zaitun dapat bertindak sebagai alergen potensial dan bahkan dapat menyebabkan infeksi kulit yang parah, termasuk dermatitis.

-Tidak ada cukup bukti ilmiah: Seperti yang kami sebutkan di atas, manfaat meminum minyak zaitun secara langsung muncul dari praktik tradisional dan catatan anekdot. Penelitian masih berlangsung dan tidak secara eksklusif didukung oleh penelitian. Oleh karena itu, banyak dari klaim tersebut mungkin bukan yang paling menguntungkan. Yang terbaik adalah mencoba terapi hanya setelah berkonsultasi dengan ahli gizi terdaftar atau praktisi medis.

Meskipun minyak zaitun harus ditambahkan ke dalam rencana diet Anda, meminumnya secara langsung mungkin baik, hanya jika dikonsumsi dalam jumlah kecil. Kebijaksanaan harus diikuti. Cobalah dengan meminum satu atau dua sendok minyak zaitun untuk mendetoksifikasi dan menyehatkan tubuh.

sumber: tempo.co

Author: Putri Balige

Leave a Reply