4 Wisata Samosir, Sumatera Utara, Puas Nikmati Indahnya Danau Toba

Kabupaten Samosir di Sumatera Utara memiliki beragam pilihan tempat wisata menarik yang patut dikunjungi.

“Ada Bukit Holbung, dataran tinggi tempat berkemah. Dan itu salah satu tempat wisata yang pernah masuk di The Heartbeat of Toba,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan kepada Kompas.com, Jumat (29/1/2021).

Adapun, The Heartbeat of Toba adalah video dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diunggah pada akhir Desember 2020 untuk memperlihatkan keindahan Danau Toba.

Baca juga: 

Selain Bukit Holbung, ada juga tempat wisata lain tidak kalah indahnya dan wajib dijelajahi saat berkunjung ke Samosir.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut telah Kompas.com rangkum rekomendasi empat tempat wisata di Samosir dapat dikunjungi dalam sehari, Senin (1/2/2021).

Perlu dicatat bahwa saat berkunjung, pastikan kamu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, serta menjaga jarak.

1. Bukit Holbung

Danau Toba merupakan panorama alam indah yang mungkin akan sulit untuk dilupakan setelah melihatnya secara langsung.

Tempat wisata bernama Bukit Holbung di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).
Tempat wisata bernama Bukit Holbung di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahannya adalah Bukit Holbung di Dolok Raja, Harian Boho. Tempat wisata tersebut juga tidak kalah menariknya dari Danau Toba.

Sering disebut sebagai Bukit Teletubbies, Bukit Holbung dihiasi rerumputan hijau yang terlihat segar. Siapa pun yang berkunjung pasti akan dibuat terpana.

Kawasan Bukit Holbung yang tenang dapat membuat kunjungan ke sana menyenangkan, terlebih sambil duduk santai memandang panorama di sekitarnya.

Jika ingin berlama-lama di sana, terdapat beberapa puncak yang dapat dijadikan sebagai tempat berkemah.

Menjelang malam hari, pemandangan matahari terbenam akan terlihat menakjubkan dari Bukit Holbung. Sementara pada pagi hari, pemandangan gumpalan kabut tebal bak awan akan membuat kedua mata terpukau.

2. Menara Pandang Tele

Dumosch menuturkan, wisatawan yang ingin melihat pemandangan Danau Toba selain dari Bukit Holbung dapat berkunjung ke Menara Pandang Tele.

“Sebelum ke kawasan Patung Yesus Kristus (Bukit Sibea-bea), ada Menara Pandang Tele. Pemandangannya bagus, bisa langsung melihat Danau Toba,” ujar dia.

Tempat wisata bernama Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).
Tempat wisata bernama Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Facebook Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir).

Menara Pandang Tele lokasinya cukup dekat dengan Bukit Holbung. Jaraknya hanya 15 kilometer atau sekitar 44 menit dari sana naik mobil.

Tempat wisata tersebut terdiri dari tiga lantai. Masing-masing lantai menawarkan pemandangan Danau Toba dan jarak pandang yang beragam.

Baca juga: 

Meski dua lantai bawah merupakan ruangan terbuka, lantai ketiga ditutupi kaca. Walau begitu, panorama yang ditawarkan tetap indah.

Dari lantai paling atas, pemandangan yang terlihat adalah perbukitan berbaris, permukiman warga, persawahan, dam air terjun dari balik perbukitan yang terlihat kecil lantaran jaraknya cukup jauh.

“Pemandangan yang terlihat dari Menara Pandang Tele juga ada kawasan Pulau Samosir,” kata Dumosch.

3. Air Terjun Efrata

Usai berkunjung ke Menara Pandang Tele, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Efrata. Jarak tempuhnya hanya 4,6 kilometer atau sekitar 12 menit naik mobil.

Memiliki ketinggian sekitar 20 meter, Air Terjun Efrata atau yang dikenal dengan Sampuran Efrata dengan arti “taman terindah dan suci” ini menawarkan keindahan bentangan air jatuh nan begitu deras dan melebar.

Tempat wisata bernama Air Terjun Efrata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir | https://visitsamosir.com/).
Tempat wisata bernama Air Terjun Efrata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir | https://visitsamosir.com/).

Tempat wisata ini terbilang cukup unik. Sebab, Air Terjun Efrata diapit perbukitan yang mampu membuat wisatawan terpesona.

Setibanya di area parkir, pengunjung harus berjalan kaki dulu sekitar 100 meter. Meski begitu, pemandangan hamparan sawah yang luas dan hijau dapat menghilangkan rasa lelah yang dirasa.

Baca juga: 

Tepat di bawah derasnya air terjun, wisatawan akan disuguhi pemandangan bebatuan besar dan kecil yang kerap dimanfaatkan sebagai spot foto. Namun, pengunjung tetap harus hati-hati karena kondisi batu licin dan berlumut.

4. Bukit Sibea-bea

Bukit Sibea-bea merupakan kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus. Jarak dari Air Terjun Efrata adalah 4,2 kilometer atau sekitar 14 menit menggunakan mobil.

Pemandangan jalur berliku dk Bukit Sibea-bea yang merupakan kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
Pemandangan jalur berliku dk Bukit Sibea-bea yang merupakan kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Saat ini, masyarakat masih belum boleh berkunjung karena kawasan sedang ditata. Pembangunan kawasan pun masih berlanjut. Untuk patungnya sendiri, proses pembangunan baru sekitar 40-50 persen.

Sementara itu, jalur berliku sepanjang 2,8 kilometer sudah jadi. Bahkan, beberapa orang sempat berkunjung dan berfoto di sana sambil menikmati pemandangan Danau Toba.

Baca juga: 

Alhasil, Bukit Sibea-bea pun sempat viral pada pertengahan Januari 2021 karena sejumlah foto dan video tersebar di internet.

Rencananya, Bukit Sibea-bea baru akan dibuka untuk umum pada pertengahan 2022. Walaupun belum bisa dikunjungi, kamu bisa catat dulu tempat wisata ini agar tidak lupa dan bisa langsung ke sana pada waktu yang tepat.

Sumber: kompas.com

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Tinggalkan Balasan