5 Daya Tarik Pulau Merak Kecil yang Bisa Jadi Tujuan Wisata Laut

 Pulau Merak Kecil merupakan salah satu objek wisata bahari yang berada di perairan Selat Sunda, di Kota Cilegon, Provinsi Banten. Pulau ini berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Pelabuhan Merak, dan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu motor selama sekitar 15 menit.

Pulau tak berpenghuni ini membentang seluas 4.6 hektare. Anda dapat berkunjung mulai dari pukul 06.00-17.00 WIB, sementara jasa perahu nelayan masih tersedia hingga pukul 18.00 WIB. Ada lebih banyak waktu untuk menjelajahi keindahan pulau ini.

Selain untuk beristirahat dan melepas stress.,Anda dapat melakukan banyak aktivitas, seperti snorkeling, bermain banana boat, dan masih banyak lagi. Berikut ini 5 daya tarik wisata Pulau Merak Kecil:

1. Keindahan Pantai yang Menakjubkan

Dikenal karena pantainya yang indah dan bersih. Pasir putih halus dan air laut yang jernih membuatnya menjadi tempat sempurna untuk berjemur, berenang, atau hanya bersantai sambil menikmati pemandangan laut. Pantai ini sangat ramah bagi pengunjung yang ingin berenang atau melakukan aktivitas air seperti snorkeling dan diving.

2. Keberagaman Ekosistem Laut

Keberagaman ekosistem laut di sekitar pulau ini mencakup terumbu karang yang memukau, beragam ikan tropis, serta makhluk laut langka seperti penyu. Ini adalah tempat terbaik untuk menyelam bukan? Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving, dan mungkin beruntung melihat beragam makhluk laut lainnya.

3. Menjelajahi Pulau Sembari Memotret

Meskipun pulau ini kecil, pulau ini memiliki objek-objek indah, seperti pinggiran pulau, pepohonan rindang, dan berbagai ekosistem laut. Objek-objek ini dapat menjadi objek fotografi yang menakjubkan. Anda dapat memotret sembari menjelajah bersama dengan teman-teman ataupun keluarga!

4. Aktivitas Wisata Laut

Selain snorkeling dan diving, terdapat berbagai aktivitas wisata laut lainnya. Anda dapat menyewa perahu nelayan tradisional untuk berkeliling pulau atau menikmati perjalanan menarik dengan perahu kaca. Selain itu, aktivitas memancing, berlayar, banana boat, dan bersepeda air juga tersedia. Semua aktivitas ini memungkinkan Anda menikmati keindahan laut dan alam sekitar pulau ini dengan cara yang unik.

5. Menikmati Pesona Matahari Terbenam

Salah satu momen paling memukau adalah saat matahari terbenam. Pantai di pulau ini menjadi tempat populer untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Saat matahari perlahan tenggelam di balik cakrawala, langit berubah warna-warni, menciptakan pemandangan tak terlupakan. Ini adalah momen sempurna untuk mengambil foto atau hanya menikmati ketenangan dan keindahan alam.

Fasilitas yang Tersedia

Tempat wisata ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang, seperti toilet, tempat ganti pakaian, dan mushola. Meskipun pulau ini memiliki ukuran yang kecil, Anda akan menemukan beberapa pilihan akomodasi untuk bermalam, termasuk homestay dan kemah. Selain itu, warung-warung kuliner di sekitar pulau menawarkan hidangan makanan laut segar nan lezat.

Jika Anda memutuskan untuk berkemah, Anda tidak perlu khawatir tentang batas waktu kunjungan, karena terdapat perahu yang siap menjemput Anda keesokan harinya. Selain itu, perjalanan ke pulau ini tidak akan memberatkan kantong Anda.

Bahkan dengan budget terbatas, Anda bisa menikmati pesona pulau ini. Tarif masuk ke tempat wisata untuk biaya awal sebesar Rp17.000 dan sudah termasuk layanan antar-jemput.

Cara ke Pulau Merak Kecil

Anda terlebih dahulu harus mencapai Pelabuhan Merak, yang merupakan titik awal perjalanan Anda. Setelah itu Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Saat tiba di Pelabuhan Merak, langkah selanjutnya adalah mencapai Pulau Merak Kecil. Terdapat berbagai penyedia perahu dan nelayan yang dapat anda sewa. Jangan lupa untuk memeriksa jadwal, harga, dan ketersediaan perahu.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar