5 Hewan yang Bisa Menghasilkan Listrik

 Listrik dianggap sebagai sesuatu yang dibuat oleh manusia. Namun, pada kenyataannya, energi tersebut ada dalam diri kita secara biologis.

Belut listrik (Electrophorus electricus), yang berasal dari Sungai Amazon, adalah salah satu hewan yang bisa menghasilkan listrik.

Hewan air berukuran besar ini dapat mengeluarkan listrik yang cukup besar hingga membuat seekor kuda menggeliat kesakitan.

Hewan penghasil listrik sangat sedikit dan mayoritas adalah ikan. Berikut adalah beberapa hewan yang dapat menghasilkan listrik.

1. Ikan hantu hitam

Ikan hantu hitam (Apteronotus albifrons) mendiami air tawar di perairan tropis di Amerika Selatan, termasuk lembah Amazon.

Ikan ini dinamakan demikian karena warnanya yang serba hitam kecuali warna putih di hidungnya dan dua cincin putih di ekornya.

Ikan ini tidak bersisik dan tumbuh hingga mencapai panjang maksimum sekitar 50 cm. Ikan pisau hantu hitam juga aktif di malam hari dan memiliki listrik yang lemah.

Ia memiliki organ listrik, dan reseptor elektro tersebar di seluruh tubuhnya. Oleh sebab itu, hewan ini termasuk di antara sedikit hewan yang dapat menghasilkan dan merasakan listrik.

Ikan ini menggunakan kemampuan elektrogenik dan penginderaan listriknya untuk menemukan larva serangga, makanan utamanya.

4. Ikan pari listrik

Pari listrik adalah ikan bertulang rawan yang termasuk dalam ordo Torpediniformes. Ada sekitar 69 spesies ikan pari ini.

Ciri yang paling membedakan ikan ini adalah kemampuannya menghasilkan aliran listrik yang digunakan untuk menyetrum mangsanya atau sebagai mekanisme pertahanan. Pari tersebut mampu menghasilkan muatan listrik berkisar antara 8 hingga 220 volt.

3. Northern stargazer

Northern stargazer (Astroscopus guttatus) adalah ikan yang dapat ditemukan di pantai timur Amerika Serikat, antara New York dan North Carolina.

Northern stargazer mampu menghasilkan listrik karena adanya organ listrik di orbita. Sengatan listrik yang dihasilkan ikan digunakan untuk berburu mangsa dan mempertahankan diri.

4. Ikan lele listrik

Ikan lele elektrik merupakan ikan lele dari famili Malapteruridae yang memiliki dua genera dan 19 spesies. Banyak spesies dari keluarga ini yang mampu menghasilkan sengatan listrik hingga 350 volt.

Ikan lele listrik banyak ditemukan di daerah tropis Afrika dan Sungai Nil. Mereka aktif di malam hari dan merupakan hewan karnivora.

Ikan lele listrik menggunakan sengatan listrik sebagai alat untuk menyetrum mangsanya. Ikan lele elektrik merupakan satu-satunya kelompok ikan lele yang mempunyai organ elektrogenik yang berkembang dengan baik.

5. Belut listrik

Belut listrik (Electrophorus electricus) merupakan satu-satunya spesies dalam genus Electrophorus dan dikenal karena kemampuannya menghasilkan listrik.

Ikan ini hidup di lembah sungai air tawar Amazon dan Orinoco di Amerika Selatan. Terlepas dari namanya, belut listrik bukanlah belut sejati melainkan ikan pisau.

Ciri yang paling menarik dari belut listrik adalah adanya tiga pasang organ perut yang menghasilkan listrik. Ini dikenal sebagai organ utama, organ Sachs, dan organ Hunter. Empat perlima tubuh belut listrik ditempati oleh organ-organ tersebut.

Dengan bantuan organ tersebut, ikan dapat menghasilkan listrik bertegangan tinggi dan rendah. Organ listrik terbuat dari elektrolit dan disusun sedemikian rupa sehingga menambah perbedaan potensial dan memungkinkan arus ion mengalir.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar