5 Kandungan Teh dalam Skincare, Bagus untuk Menutrisi Kulit

Seiring dengan semakin diminatinya skincare berbahan alami, banyak brand kecantikan yang mengeluarkan produk dengan mengandalkan kandungan ekstrak tumbuh-tumbuhan sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah ekstrak teh. 

Teh tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahan alami ini juga memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang baik untuk membantu merawat kulit. Tidak heran, 5 jenis teh berikut ini kemudian kerap dimanfaatkan dalam berbagai produk skincare!

1. Green Tea

teh dalam skincare.© Disediakan oleh Beautynesia teh dalam skincare.Foto: instagram.com/innisfreeofficial

Skincare dengan kandungan green tea tentu sudah sering kita jumpai. Teh yang tinggi kandungan antioksidan ini banyak dimanfaatkan dalam produk skincare, seperti cleanser, toner, serum hingga masker.

Khasiat green tea bagi kesehatan kulit antara lain dapat melembapkan kulit, membantu melawan radikal bebas, mengontrol produksi minyak di wajah serta berperan sebagai anti-aging dengan memelihara elastisitas kulit.

2. Black Tea

teh dalam skincare.© Disediakan oleh Beautynesia teh dalam skincare.Foto: instagram.com/heimish_cosmetic

Seperti halnya green tea, black tea juga telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk skincare, terutama skincare Korea. Teh jenis ini memiliki kadar antioksidan dan kafein yang tinggi sehingga sangat baik untuk merawat kulit.

Beberapa manfaat skincare dengan kandungan black tea adalah dapat melembapkan kulit, mengatasi flek hitam serta menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah.

3. Chamomile

teh dalam skincare© Disediakan oleh Beautynesia teh dalam skincareFoto: instagram.com/mamondekorea

Chamomile dikenal akan khasiatnya dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menenangkan pikiran. Sebagai bahan skincare, chamomile juga dapat memberikan efek menenangkan pada kulit, lho. Bahan ini juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik dan kaya kandungan antioksidan. 

4. White Tea

teh dalam skincare.© Disediakan oleh Beautynesia teh dalam skincare.Foto: instagram.com/thesaem.official

Dibandingkan dengan jenis-jenis teh sebelumnya, banyak orang yang belum familiar dengan white tea. Padahal jenis teh ini disebut-sebut memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dari jenis teh yang lain. 

White tea sendiri dibuat dari daun teh termuda yang masih menggulung di pucuk pohon. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menghambat tanda-tanda penuaan kulit, mengatasi masalah jerawat serta iritasi. Sementara kandungan polifenol-nya dapat melindungi kulit dari sinar UV. 

5. Mugwort

teh dalam skincare© Disediakan oleh Beautynesia teh dalam skincareFoto: instagram.com/axisy_official

Mugwort yang memiliki nama latin altemisia vulgaris merupakan salah satu kandungan skincare yang kini tengah naik daun. Tanaman teh herbal yang disebut ssuk dalam bahasa Korea ini memiliki senyawa anti-bakteri, anti-inflamasi dan juga kaya antioksidan yang baik untuk merawat kulit.

Kandungan mugwort banyak dimanfaatkan dalam produk-produk skincare untuk kulit sensitif dan berjerawat karena sifatnya yang dapat menenangkan kulit serta menyembuhkan peradangan.

sumber: beutynesia

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Tinggalkan Balasan