5 Menu Kuliner Khas Banjarmasin Enak: Wajib Dicoba

Saat berwisata ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, paket wisata wajib mencoba beragam wisata kuliner.

Berbagai macam kuliner khas kota ini enak dan menggugah selera. Meski terkenal dengan soto Banjar yang lezat. Tapi, Banjarmasin nggak cuma menawarkan kuliner nasional satu ini saja. Masih banyak kuliner khas yang wajib dicoba.

Berikut menu kuliner khas Banjarmasin Enak dan menggugah selera.

1. Nasi Kuning

Hidangan nasi kuning pastinya sudah dikenal dengan cita rasa gurih dan proses pembuatannya lebih mudah. Untuk setiap pengolahan makanan nasi kuning menggunakan bahan rempah-rempah terbaik. Lauk pauknya juga beragam berupa haruan, ayam, dendeng, dan telur sanggup memberi cita rasa berbeda dari menu lainnya.

2. Mi Bancir

Nama kuliner satu ini memang kedengarannya lucu, karena bancir berarti bencong dalam bahasa Banjar. Umumnya mi yang digunakan adalah mi kuning yang nggak terlalu tebal atau mi merah dan disajikan dengan topping berupa suwiran ayam kampung dan telur bebek. Mi bancir adalah mi yang dimasak dan dihidangkan dalam keadaan setengah kering, setengah berkuah.

3. Ipau

Kuliner Banjarmasin lainnya yang patut dicicipi adalah ipau. Kuliner satu ini cukup unik karena berbentuk lapisan-lapisan dari adonan tepung dan telur yang diatasnya diberi topping taburan daging, bawang goreng, dan seledri yang kemudian disajikan dengan siraman kuah santan.

Ipau. Wikipedia/Ezagren

4. Soto Banjar

Makanan satu ini tentu sudah tak asing lagi, bisa dibilang merupakan menu wajib yang pastinya harus dicoba. Soto banjar terbuat dari daging ayam yang diberi kuah bening. Kuah sotonya menggunakan kayu manis. Tampilannya sendiri bervariasi, karena ada yang menyajikannya dengan kuah bening dan ada juga yang menyajikan dengan tekstur kuah yang agak keruh.

5. Nasi Itik Gambut

Ini adalah olahan itik khas Banjar. Bumbunya khas dan dibungkus dengan daun pisang. Nasi itik disajikan dengan nasi putih yang ditemani dengan lauk daging itik yang diolah dengan cara dimasak menyerupai rendang dan balado. Nasi dan lauk dibungkus dengan daun pisang.

Sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply