Menu Close

5 Pilihan Makanan Terbaik untuk Meredakan Rasa Cemas Menurut Ahli Nutrisi

5 Pilihan Makanan Terbaik untuk Meredakan Rasa Cemas Menurut Ahli Nutrisi

Tahukah kamu bahwa makanan bisa berdampak pada kesejahteraan emosional kita? Makanan tertentu ternyata bisa, lho membantu mendukung dan menenangkan perasaan cemas —sementara yang lain dapat menjadi sumber penyebabnya.

Mengutip Eat This, secara ilmiah, hal ini sebabkan oleh mikrobioma dalam usus. Hubungan usus dan otak ini memainkan peran penting dalam kondisi emosional kita, karena sebagian besar (sekitar 95 persen) reseptor serotonin atau perasaan bahagia ditemukan dalam lapisan usus.

Maka dari itu, kecemasan dan gangguan terkait hal tersebut bisa diselesaikan dengan memberi asupan sehat untuk usus. Dr. Uma Naidoo, seorang psikiater nutrisi, menulis tentang strategi memilih makanan yang dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi. Dia mengatakan bahwa “hubungan antara makanan, suasana hati, dan kecemasan (juga) semakin diperhatikan.”

Menggunakan makanan sebagai ‘obat’ atau pertahanan pertama adalah pilihan alternatif untuk masalah gangguan kecemasan ringan —tentunya perlu konsultasi terlebih dahulu dengan praktisi kesehatan. Meski begitu, inilah 5 makanan yang dikenal dapat membantu menghilangkan rasa cemasmu!

1. Alpukat

alpukat Foto: Shutterstock
alpukat Foto: Shutterstock

Tidak hanya nikmat dan sehat, buah satu ini ternyata punya manfaat baik untuk melawan kecemasan. Mengutip situs kesehatan mental Psycom, makanan kaya vitamin B, seperti alpukat dan almond, dapat membantu tubuh membuat serotonin yang memengaruhi suasana hati. Pasalnya, kekurangan vitamin B termasuk tiamin, riboflavin, dan niasin, erat kaitannya dengan peningkatan kecemasan pada beberapa orang.

2. Cokelat hitam

Ilustrasi makan cokelat Foto: Shutter Stock
Ilustrasi makan cokelat Foto: Shutter Stock

Cokelat hitam telah dikenal sebagai makanan yang bisa menenangkan banyak orang. Kandungan antioksidan flavonoid dalam cokelat hitam dapat bermanfaat bagi fungsi otak —dan membantu otak merespons perasaan stres.

Dalam penelitian terhadap individu dengan kondisi stres sedang, para peserta melaporkan penurunan yang jauh lebih rendah setelah mengonsumsi 40 gram cokelat hitam setiap hari selama periode dua minggu. Kamu bisa menggabungkan cokelat hitam dengan alpukat untuk camilan manis penghilang kecemasan.

3. Salmon liar

Ikan Salmon Foto: Shutterstock
Ikan Salmon Foto: Shutterstock

Asam lemak omega-3 dalam salmon liar memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega-3 dapat membantu mengurangi kecemasan. Tidak suka salmon? Kamu bisa memilih jenis ikan lain, seperti makarel, herring, dan sarden. Tidak hanya itu, biji chia juga kaya omega-3, lho!

4. Acar

com-Kimchi Korea Selatan yang Menyehatkan. Foto: Shutterstock
Kimchi Korea Selatan yang Menyehatkan. Foto: Shutterstock

Bagi kamu yang menyukai makanan fermentasi, kemungkinan besar akan meraih banyak sekali manfaat kesehatan. Sebuah studi di jurnal Psychiatry Research menunjukkan adanya hubungan antara makanan probiotik dan kecemasan sosial yang lebih rendah. Jadi, makan makanan kaya probiotik seperti acar, sauerkraut, kimchi, dan kefir dapat menurunkan gejala kecemasan.

5. Buah beri

Ilustrasi Buah Beri Foto: Shutterstock/LanaSweet
 Ilustrasi Buah Beri Foto: Shutterstock/LanaSweet

Buah beri —blackberry, stroberi, cranberry, raspberry, dan blueberry— semuanya dikemas dengan antioksidan. Dan, menurut Dr. Naidoo, “karena kecemasan berkorelasi dengan keadaan antioksidan yang menurun, masuk akal jika kamu meningkatkan pola makan dengan makanan yang kaya antioksidan sehingga dapat membantu meringankan gejala.”

sumber: kumparan

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply