5 Trik Mengurangi Bau Amis Ikan Pakai Air Lemon hingga Rempah

Suka makan ikan tapi tak suka bau amisnya? Sebelum berhenti mengonsumsi makanan kaya nutrisi ini, ketahuilah beberapa metode untuk mengurangi amis ikan agar bisa dinikmati sambil menuai manfaatnya.

Ahli diet kardiologi preventif dan penulis The Truly Easy Heart-Healthy Cookbook, Michelle Routhenstein, mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan adalah cara yang bagus untuk menambahkan protein, vitamin, dan mineral tanpa lemak seperti yodium, selenium dan vitamin D.

“Memilih ikan berlemak seperti salmon liar, sarden, arctic char dan rainbow trout juga menambah asam lemak omega-3 anti-inflamasi dan menyehatkan jantung,” kata Routhenstein seperti dikutip Livestrong.com.

Jenis asam lemak omega-3 dari ikan, yaitu EPA dan DHA, tidak tersedia di sumber protein lain seperti ayam, daging sapi, atau protein nabati, menurut National Institutes of Health. Faktanya, American Heart Association merekomendasikan makan dua porsi ikan berlemak 3,5 ons setiap minggu karena alasan ini.

Ikan memiliki bau yang khas karena memiliki senyawa yang disebut trimethylamine oxide (TMAO) untuk melawan rasa asin air laut dan menjaga keseimbangan cairan. Namun, ketika ikan mati, TMAO-nya diubah menjadi trimethylamine (TMA), yang menghasilkan bau amis, menurut American Society for Nutrition.

Jadi, agar bisa menikmati manfaatnya, ini yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau amis ikan.

1. Rendam dengan air lemon

Jus lemon, atau asam apa pun, bereaksi dengan TMA dalam ikan untuk menghilangkan baunya. Ini termasuk jeruk nipis, jeruk, cuka dan saus tomat.

“Saya suka menambahkan lemon atau bumbu berbahan dasar cuka dan membiarkannya meresap ke dalam rasa tersebut untuk membantu menghilangkan rasa amis,” kata Routhenstein.

2. Tambahkan remah roti

Tambahkan kulit atau remah roti pada ikan, tak hanya menghilangkan bau amis tetapi juga mengubah teksturnya.

“Salah satu cara favorit saya untuk meningkatkan rasa ikan, sambil meminimalkan rasa amisnya, adalah mengolesinya dengan lapisan remah roti dan keju Parmesan yang beraroma atau kacang panggang dan bumbu,” kata Beth Stark, pakar nutrisi dan pengembang resep berbasis di Pennsylvania.

“Ini berfungsi dengan baik pada semua jenis ikan dari ikan putih dengan rasa ringan hingga tuna dan salmon dengan rasa yang lebih kuat,” kata Stark.

Remahan roti ini juga bisa membuat ikan lebih menarik bagi orang yang tidak menyukainya.

3. Rendam dalam susu

Meskipun menambahkan susu ke ikan tidak selalu terdengar menggugah selera, cara ini efektif menghilangkan bau amis.

“Saat ikan direndam dalam susu, kasein, protein yang ditemukan dalam susu, mengikat TMA dan menariknya keluar dari ikan. Oleh karena itu, saat menuangkan susu, Anda membuang TMA yang terikat kasein,” ahli diet Anna Ipsen.

Ipsen merekomendasikan merendam ikan dalam susu selama 20 menit, kemudian menepuknya hingga kering dan memasaknya.

Baca juga: 

4. Dijadikan salmon asap

“Saya suka membuat salmon asap menjadi ‘bacon’ di dalam oven. Ini benar-benar mengubah rasa ikan dan membuatnya lebih terasa seperti makanan yang menenangkan daripada makanan kesehatan,” kata Amy Gorin, pakar nutrisi.

5. Tambahkan bumbu rempah

Ikan cenderung menyerap rempah-rempah dengan baik sehingga bisa menyamarkan baunya. Orang Amerika suka menambahkan cajun gosok sebelum memanggangnya, kemudian menambahkan salsa nanas di atasnya sebelum disajikan.

Cajun bisa dibuat dari garam, lada hitam, bawang putih dan bubuk bawang merah, oregano dan paprika.

Jadi, jangan jadikan bau amis sebagai alasan untuk tidak makan ikan.

sumber: tempo.co

Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply