5 Wisata Kawah Terindah di Pulau Jawa, Wajib Masuk Bucket-List

Pulau Jawa sejak dulu memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Di antara sekian destinasi yang ada, kawah menjadi salah satu spot yang menawarkan keindahan. Seketika bikin mata terpukau.

Berikut lima daftar wisata kawah terindah di Pulau Jawa yang wajib masuk bucket-list wisatamu. Simak, ya!

1. Kawah Putih

5 Wisata Kawah Terindah di Pulau Jawa, Wajib Masuk Bucket-List

Di balik keindahannya yang terlihat menawan, Kawah Putih terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang memiliki kandungan air asam yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan permukaan air di sekitar sini berwarna putih kehijauan atau terkadang biru kecoklatan.

Namun, berkat keunikan inilah menjadikan Kawah Putih jadi salah satu daya tarik untuk ditelusuri karena menyimpan background yang paling cocok untuk ide spot foto instagrammable.

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey Patengan KM 11, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973. Bandung

Jam operasional: Setiap Hari, 07:00-17:00 WIB

Harga tiket: Rp45 ribu

2. Kawah Ijen

5 Wisata Kawah Terindah di Pulau Jawa, Wajib Masuk Bucket-List

Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kawah Ijen menjadi salah satu tempat wisata terpopuler yang selalu ramai dikunjungi turis lokal maupun internasional.

Menawarkan panorama indah berupa kawah hijau, Kawah Ijen juga terkenal memiliki fenomena unik blue fire yang hanya bisa dinikmati saat malam hari.

Lokasi: Curah Macan, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68454

Jam operasional: Setiap Hari, 01:00–12:00 WIB

Harga tiket: Rp5-7 ribu

3. Kawah Ratu

5 Wisata Kawah Terindah di Pulau Jawa, Wajib Masuk Bucket-List

Tempat wisata alam berupa bekas letusan Gunung Salak ini dinamakan Kawah Ratu yang memiliki sederet keunikan yang tidak dapat ditemui kawah-kawah pada umumnya. Di antaranya, seperti dapat menikmati indahnya air terjun hingga area berkemah yang cukup luas.

Nah, karena kandungan belerang di sini sangat tinggi, para pengunjung dilarang untuk turun ke kawah. Jangan lupa selalu memakai masker demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Lokasi: Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap Hari, 08:00-17:00 WIB

Harga tiket: gratis

4. Kawah Sikidang

5 Wisata Kawah Terindah di Pulau Jawa, Wajib Masuk Bucket-List

Wisata ini jadi salah satu spot yang wajib dikunjungi ketika berada di Dieng nih, apa lagi kalau bukan Kawah Sikidang. Berada di dataran tinggi Dieng, Kawah Sikidang menjadi salah satu obyek wisata alam dengan menawarkan suasana segar terasa menyejukkan.

Mengingat kawah aktif, di sini pengunjung dapat melihat aktivitas vulkanik. Jadi, kalau ke sini pastikan selalu pakai masker agar terhindar dari bau asap belerang yang cukup menyengat.

Lokasi: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Central Java 53456

Jam operasional: Setiap Hari, 07:00-17:00 WIB

Harga tiket: Rp15 ribu

5. Kawah Papandayan

5 Wisata Kawah Terindah di Pulau Jawa, Wajib Masuk Bucket-List

Daerah Jawa Barat, tepatnya di Garut juga menyimpan wisata alam yang tak kalah luar biasa takjubnya. Ia adalah Kawah Papandayan. Selain karena keindahannya, wisata alam ini pun menawarkan sederet fasilitas seperti padang edelweis, milky way, hingga kolam air panas.

Nah, terlepas dari segudang fasilitas yang ada, tetap berhati-hati dan jaga alam sekitar saat berkunjung ke Kawah Papandayan ya!

Lokasi: Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap Hari, 24 jam

Harga tiket: Rp20 ribu

Nah, itulah tadi lima daftar kawah paling indah di Pulau Jawa yang bisa kamu jadikan referensi buat dikunjungi. Kira-kira, tertarik untuk mendatanginya yang mana nih? Tetap hati-hati, keep stay healthy!

 

 

sumber: IDN Times

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply